Beranda Teknologi Jenis BIOS Komputer dan Cara Masuknya

Jenis BIOS Komputer dan Cara Masuknya

412
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
bios komputer

Asdar.id – Komputer atau yang sering kita sebut dengan PC memanglah sudah tidak asing di telinga kita. Hampir semua kalangan dari tua, muda, remaja bahkan anak-anak sudah tau dan bisa mengoperasikan komputer. Taukah mau dengan BIOS komputer? BIOS komputer atau Basic Input Output System dapat diartikan sebagai perangkat komputer berupa software yang berfungsi untuk mengontrol sejumlah hardware pada komputer. Tugas dari bios sendiri adalah sebagai pengecek ketika sejumlah hardware sedang bekerja.

Selain tugas tersebut, BIOS juga memiliki fungsi lain, diantaranya yaitu menunjang proses inisialisasi atau penyalaan komputer, pengatur media penyimpanan, pengatur proses booting, pengecek sejumlah hardware, dan sebagai pengatur hardware pada sistem komputer.

Adapun keunggulan dari BIOS antara lain yaitu masalah komputer yang mati total dapat diperbaiki dengan cara mereset BIOS pada komputer, dapat melihat spesifikasi pada setiap perangkat pada komputer, mengoptimalkan kinerja komputer yang dikenal overclocking, menginstalasi komputer windows dengan melalui dahulu pengaturan first boot.

Jenis BIOS Komputer dan Cara Masuknya

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa BIOS yang paling banyak digunakan, yaitu:

AMI BIOS

BIOS tipe AMI BIOS adalah sebuah software yang terdapat pada komputer yang dikembangkan oleh MegatrendAmerika yang popular pada tahun 2002. Cara untuk masuk pada tipe BIOS ini adalah dengan menekan Del pada keyboard anda.

IBM BIOS

IBM BIOS adalah perusahaan yang memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berdiri sejak 16 juni 1911 dan sudah beroperasi sejak tahun 1888 dam bermarkas di New York, Amerika Serikat. Untuk membuka nya, kita bisa menekan Ctrl+Alt+Del Atau Ctrl+Alt+Ins pada saat booting.

PHOENIX BIOS

PHOENIX BIOS adalah tipe bios yang dapat mengatur dan mendukung perangkat software serta processor. PHOENIX BIOS merupakan BIOS yang paling banyak digunakan pada komputer di Indonesia baik itu komputer pribadi ataupun komputer lainnya. Firmware yang satu ini memiliki banyak keunggulan untuk mendukung dan mengaktifkan konektivitas, kontabilitas, pengelolaan berbagai komponen, keamanan, dan teknologi yang digunakan pada komputer tersebut. Cara masuk pada BIOS jenis ini adalah dengan menekan F2.

AWARD BIOS

AWARD BIOS merupakan BIOS selanjutnya yang banyak digunakan. AWARD BIOS mempunyai built- in program yang mampu untuk memodifikasi dasar sistem konfigurasi oleh pemakainya. CMOS RAM digunakan untuk menyimpan informasi setup bahkan ketika komputer dalam kondisi off atau mati. Untuk membuka AWARD BIOS dapat dilakukan dengan menekan Esc + Alt + Ctrl yang di tekan bersamaan atau dengan menekan Del

Demikian lah 4 BIOS atau firmware yang paling banyak digunakan. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menambah wawasan kita terutama pada bidang teknologi informasi yang makin hari semakin berkembang dengan sangat cepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini