Beranda Arsitek Mengenal Jenis-Jenis Sanitair Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis Sanitair Beserta Fungsinya

358
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
jenis sanitair beserta fungsinya
jenis sanitair beserta fungsinya

Halo rekan-rekan sekalian dimanapun berada, jumpa lagi pada artikel kali ini. Semoga semua dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Seiring berkembangnya pembangunan pada zaman sekarang, kesempatan kali ini saya ingin membagikan artikel mengenai Mengenal Jenis-Jenis Sanitair Beserta Fungsinya. Sebelum itu mari kita simak dulu apa itu Sanitair.

Sanitair merupakan material/barang yang berperan penting dalam kegunaan sanitasi. Sanitasi sendiri mempunyai arti sarana untuk menjaga ke higienisan atau kebersihan dari limbah. Biasanya limbah yang dimaksudkan di pembangunan rumah adalah limbah kotoran manusia. Maka sanitair dapat diartikan dengan barang-barang/ material yang digunakan di dalam kamar mandi.

Jenis-Jenis Sanitair Beserta Fungsinya

Kamar mandi merupakan sebuah ruangan yang membutuhkan berbagai macam jenis sanitair. Peralatan sanitair sendiri merupakan bagian dari pekerjaan instalasi air (plumbing). Dalam sebuah proyek konstruksi, peralatan sanitair ada yang dimasukkan ke dalam paket pekerjaan arsitektur, namun adakalanya di sebuah proyek juga dimasukkan ke dalam paket pekerjaan mekanikal plumbing, sebab terkadang pemilik proyek tidak mau pusing dan dijadikan satu dengan pekerjaan pemipaan.

Pada kesempatan ini, tidak perlu kita mempermasalahkan hal tersebut di atas. Namun, kami akan mengulas tentang jenis-jenis sanitair yang biasa dipakai di sebuah proyek konstruksi. Bagi yang telah lama berkecimpung di proyek mungkin sudah hafal tentang jenis-jenis sanitair, namun yang masih awam akan kami bantu sajikan jenis-jenis sanitar, seperti di bawah ini:

1. Closet

closet duduk dan closet jongkok
closet duduk dan closet jongkok

Closet adalah alat sanitasi untuk menimbun atau membuang air kencing dan tinja manusia. Secara garis besar closet dibedakan menjadi 2, yaitu closet duduk dan closet jongkok. Di negara berkembang ada berbagai bentuk dari closet siram porselen yang umum. Closet duduk biasanya digunakan di negara-negara barat, sementara closet jongkok umumnya digunakan di Asei Timur.

Closet ini terhubung dengan sistem selokan di kebanyakan daerah-daerah perkotaan dan ke septic tank di daerah-daerah yang pembangunannya masih kurang. Di banyak negara-negara berkembang, khususnya di pedesaan, closet kering seperti jamban dan closet kompos masih menjadi hal yang umum. Closet kering biasanya ditempatkan di luar rumah dan biasanya jauh dari sumber air minum dan mandi.

Fungsi utama closet adalah sebagai tempat pembuangan kotoran, yaitu urin dan feses manusia.

2. Urinoir

urinoir
urinoir

Urinoir adalah perangkat sanitasi yang dikhususkan untuk buang air kecil. Urinoir biasanya digunakan dalam posisi berdiri dan lebih khusus digunakan oleh kaum laki-laki. Urinoir banyak dipasang di tempat-tempat umum seperti mall, bioskop, restoran, kafe, atau fasilitas umum lain.

Urinoir memiliki sistem penyiraman (flushing) secara manual ataupun dengan sensor. Urinoir dapat dipasang tunggal atau dalam jumlah banyak (dalam bentuk deretan) tergantung pada kebutuhan dan dapat pula dibuat sekat-sekat pemisah di antara deretan Urinoir tersebut.

Sesuai penjelasan diatas, maka kita bisa simpulkan bahwa Urinoir ini berfungsi sebagai tempat pembuangan urin atau air kecil yang dikhususkan untuk pria.

3. Bidet

bidet
bidet

Bidet adalah sebuah plumbing fixture atau sejenis wastafel yang ditujukan untuk mencuci alat kelamin, perineum, bagian dalam bokong, dan anus tubuh manusia, dan biasanya dipasang di kamar mandi. Add-ons berbiaya rendah yang menggabungkan kloset duduk dan “bidet elektronik” menjadi semakin populer. “Bidet” berasal dari bahasa Prancis.

Fungsi Bidet

Bidet digunakan terutama untuk mencuci dan membersihkan (cebok) alat kelamin, perineum, pantat bagian dalam, dan anus. Rancangan bidet tradisional juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian lain dari tubuh manusia, misalnya kaki. Meski tampil mirip dengan kloset, bidet tradisional mungkin lebih akurat dibandingkan dengan wastafel atau bak mandi. Bidet dapat berfungsi sebagai cara praktis bagi orang untuk membersihkan diri sebelum dan sesudah berhubungan seks.

Beberapa bidet menyerupai wastafel besar, dengan kran dan penghenti sehingga dapat diisi penuh; rancangan lain memiliki nozzle yang menyemprotkan pancaran air untuk membantu dalam pembersihan. Bidet belum tentu dimaksudkan untuk menggantikan penggunaan tisu toilet. Bidet sering digunakan setelah beberapa kertas untuk mencapai kebersihan penuh tanpa harus segera mandi.

4. Bathub

bathub
bathub

Bathub adalah wadah untuk menampung air di mana seseorang atau hewan dapat mandi. Kebanyakan Bathub modern terbuat dari akrilik thermoformed, baja enamel porselen, poliester yang diperkuat fiberglass, atau besi cor porselen berenamel. Bathub biasanya ditempatkan di kamar mandi baik sebagai perlengkapan yang berdiri sendiri atau bersama dengan pancuran.

Bathub modern memiliki saluran pembuangan dan pembuangan limbah dan mungkin memiliki kran yang dipasang di atasnya. Mereka biasanya built-in, tapi mungkin berdiri bebas atau terkadang tenggelam. Sampai saat ini, sebagian besar Bathub berbentuk persegi panjang, tetapi dengan munculnya Bathub thermoformed akrilik, lebih banyak bentuk tersedia. Bathub biasanya berwarna putih, meskipun banyak warna lain dapat ditemukan. Proses pembuatan Bathub besi cor enamelling ditemukan oleh orang Amerika kelahiran Skotlandia, David Dunbar Buick.

Ada dua jenis Bathub yang umum:

  1. Bathub gaya barat tempat bather berbaring. Pemandian ini biasanya dangkal dan panjang.
  2. Bathub gaya Timur tempat bather duduk. Ini dikenal sebagai furo di Jepang dan biasanya pendek dan dalam.

Fungsi bathtub adalah untuk berendam ketika tubuh kelelahan. Setelah sepanjang hari bekerja, duduk, dan berada di ruangan ber-AC tubuh seseorang pastilah kelelahan. Ketika Anda mandi seperti biasa tanpa berendam, tubuh kurang merasakan manfaat mandi untuk mengambalikan kebugaran. Maka bathub ini sangat berperan penting dalam mengembalikan tenaga kita yang terkuras seharian dalam melakukan aktifitas.

5. Wastafel

wastafel
wastafel

Wastafel adalah salah satu alat sanitary yang mempunyai fungsi dan peran cukup penting dalam sebuah kamar mandi. Tidak hanya bersifat fungsional saja, namun wastafel pun bisa mempengaruhi tampilan desain kamar mandi melalui bermacam desain yang kian variatif.

Seiring waktu, teknologi wastafel banyak mengalami perkembangan, baik itu dari segi fungsi ataupun bentuk, mulai dari kotak, bulat, setengah lingkaran sampai kombinasi dari semua bentuk tersebut. Tidak hanya bentuk, namun kita juga bisa memilih desain wastafel tersebut berdasarkan materialnya, misalkan seperti keramik, marble, stainless steel dan kaca. Wastafel yang paling banyak digunakan ialah berbahan keramik. Sebab harga wastafel keramik relatif murah dibanding bahan lainnya, selain itu wastafel keramik pun bisa dikreasikan sesuai keinginan kita.

Selain berfungsi sebagai kegiatan sanitasi seperti mencuci tangan hingga menggosok gigi. Sekarang ini, wastafel pun menjadi pemoles cantik untuk sebuah kamar mandi. Ketika ingin memasang wastafel, mesti menyesuaikan antara luas kamar mandi dengan ukuran dan jenis, supaya wastafel bisa berfungsi lebih maksimal serta tidak memberikan kesan sempit terhadap kamar mandi. Tidak hanya tersedia dalam beragam ukuran dan material pembuatannya saja, merek dan jenisnya pun sangat beragam. Mulai dari merek toto, American Standar, Domo, dan lainnya. Untuk saat ini, wastafel yang paling banyak digunakan, yaitu merek toto, mungkin karena harga wastafel toto terjangkau dan berkualitas ataupun karena hal lainnya.

Dalam memilih wastafel, perhatikanlah jenisnya supaya tidak merusak penampilan. Terdapat berapa jenis wastafel yang tersedia, yaitu Wastafel gantung, Wastafel side by side, dan Wastafel pedestal.

6. Shower

shower
shower

Shower adalah alat yang digunakan untuk mandi, biasanya memiliki tekanan semprot dan pengaturan suhu yang dapat disesuaikan. Pada umumnya, shower dibedakan menjadi 2, yaitu hand shower dan fix shower. Shower sederhana memiliki banyak lubang air kecil bertujuan untuk membasahi pengguna dengan efek terkena percikan hujan.

Penggunaan shower memungkinkan pengguna untuk menyemprotkan air di berbagai bagian tubuh mereka. Shower adalah hal umum di budaya Barat karena efisiensi menggunakannya bila dibandingkan dengan bathtub. Shower sering lebih cocok untuk orang-orang sibuk. Pemakaian shower biasanya lebih hemat daripada menggunakan bathtub.

Fungsi dari shower yaitu untuk membersihkan semua badan dengan cara mengalirkan air pada seluruh badan menggunakan sebuah pancuran.

7. Jet Washer

jet washer
jet washer

Jet washer merupakan salah satu accesories closet duduk yang berfungsi sebagai tempat mengeluarkan air. Untuk closet jongkok biasanya tidak menggunakan jet washer.

Peletakan jet washer juga perlu dipikirkan untuk kenyamanan pakai. Usahakan jet washer ada di sisi kanan pada saat orang duduk di atas kloset. Karena biasanya, dalam melakukan banyak kegiatan, orang secara refleks menggunakan tangan kanan.

Sesuai dari penggunaannya, fungsi Jet Washer ini adalah sebagai pembersih saat kita berada di wc, entah itu sehabis buang air besar, buang air kecil atau bahkan untuk membersihkan salah satu organ tubuh kita.

8. Kran Air

kran air
kran air

Kran adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan air dari sistem instalasi air. Dengan ukurannya yang relatif kecil, kran sangat diperlukan sebagai salah satu elemen penting dalam sebuah kegiatan yang menggunakan air. Kran air ini bekerja dengan selang atau pipa yang digunakan untuk mengalirkan air tersebut.

Kran air memiliki fungsi yang lebih khusus yaitu untuk mengontrol sejumlah air yang dikeluarkan. Dengan ukurannya yang kecil, kran menjadi alat yang sangat membantu dalam pengoperasiannya sehari-hari. Selang dan kamar mandi sudah pasti memerlukan alat kecil ini. Ternyata pemilihan kran air dapat mempengaruhi keindahan interior mulai dari dapur dan toilet. Sebab, saat ini sudah banyak beredar kran air di pasaran dengan berbagai desain bentuk dan warna.

Fungsi kran ini secara umum terbagi menjadi tiga, yaitu kran untuk dapur, kran di kamar mandi yang pada umumnya terbagi lagi menjadi dua yaitu untuk wastafel dan bathtub, serta sebuah kran air yang berada di luar ruangan.

Selain itu, yang perlu Anda perhatikan juga adalah fungsi setiap kran. Contohnya kran air yang digunakan di dapur tentu diletakkan lebih tinggi kira-kira 30 sentimeter, sebab fungsinya digunakan untuk mencuci peralatan dapur yang tentu lebih membutuhkan ruang gerak. Berbeda halnya dengan cara pemasangan kran di wastafel yang lebih rendah dan lebih dekat dengan tatakannya, karena hanya berfungsi untuk mencuci tangan.

Selanjutnya, ada juga sistem kran air panas dan dingin dimana Anda hanya perlu menggeser kran tersebut ke kiri atau ke kanan. Biasanya pada kran ini memiliki tanda yakni warna merah untuk air panas dan warna biru untuk air dingin. Serta yang ditengah untuk suhu room temperature.

Di zaman yang modern ini, model kran trus mengalami perkembangan. Model yang paling awal adalah mode ulir yakni dengan sitem naik turun pada lubang yang tertutup dan bisa dibuka. Mode yang kedua yaitu dengan sistem putar dengan menggunakan bola di dalamnya sebagai penutup. Ada pula sistem kran yang cara membukanya dengan ditekan, serta kran otomatis yang menggunakan sensor gerak.

Saat ini sudah banyak tersedia jenis kran air dari berbagai macam bentuk, corak warna, serta ukurannya. Secara umum kran air terbagi menjadi empat jenis yaitu Kran bola (ball faucet), Kran tabung (cartridge faucet), Kran piringan (disc faucet), dan Kran kompresi (compression faucet).

9. Robe Hook

robe hook
robe hook

Robe Hook adalah sebuah alat untuk tempat menggantung baju atau celana di kamar mandi atau toilet. Robe hook atau gantungan pakaian ini sangat ideal untuk kamar mandi Anda. Dilengkapi teknologi inovatif triple chroming, timah yang rendah menjamin keselamatan untuk digunakan manusia, sedangkan nikel yang berkualitas tinggi menjamin daya tahan.

Kuningan dan keramik bermutu tinggi memastikan keakuratan presisi dan daya tahan pada Robe Hook ini. Material Robe Hook menggunakan kuningan berkualitas tinggi.

Sesuai dengan penggunaannya, fungsi Robe Hook ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menggantung baju, celana, dan pakaian lainnya ketika seseorang berada didalam kamar mandi.

10. Towel Bar

towel bar
towel bar

Towel Bar adalah sebuah alat untuk tempat menggantung handuk di kamar mandi atau toilet. Towel Bar atau gantungan handuk ini sangat ideal untuk kamar mandi Anda. Dilengkapi teknologi inovatif triple chroming, timah yang rendah menjamin keselamatan untuk digunakan manusia, sedangkan nikel yang berkualitas tinggi menjamin daya tahan.

Kuningan dan keramik bermutu tinggi memastikan keakuratan presisi dan daya tahan pada Towel Bar ini. Material Robe Hook menggunakan kuningan berkualitas tinggi.

Sesuai dengan penggunaannya, fungsi Towel Bar ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menggantung segala macam jenis handuk ketika seseorang berada didalam kamar mandi.

11. Floor Drain

floor drain
floor drain

Floor drain sebenarnya adalah istilah dari kosakata bahasa Inggis yang artinya saringan air. Di Indonesia, kita juga mengenal floor drain dengan istilah avur lantai. Penempatannya adalah pada lantai kamar mandi untuk menutupi lobang salurang pembuangan air.

Fungsi dari floor drain adalah menyaring kotoran seperti rambut agar tidak masuk ke dalam lubang saluran pembuangan air. Karena apabila kotoran masuk ke dalam saluran pembuangan air, maka akan menyumbat saluran sehingga air menggenang. Apabila air menggenang tentu akan mengakibatkan masalah karena saluran harus dibersihkan dan merepotkan kita ke depannya.

Biasanya, saluran air yang biasa kita temui adalah yang berbahan plastik atau stainless steel dengan model berbentuk lingkaran. Dari segi estetika, tampilannya acapkali tidak serasi dengan lantai yang berbentuk persegi. Bahkan lobang saringan pun bisa terlihat jorok apabila kotoran menumpuk setelah kita selesai mandi.

Kini, terdapat varian baru dari model floor drain yang bahkan dapat menjadi pemanis kamar mandi Anda. Floor drain ini memiliki bentuk yang persegi sehingga serasi dengan lantai kamar mandi yang berbentuk persegi. Yang menariknya lagi, lobang saringan tidak terlihat karena terdapat tutup pada bagian atasnya. Kamar mandi pun akan tampil lebih bersih dan apik sehingga lebih nyaman.

12. Clean Out

clean out
clean out

Clean Out adalah accesories pada instalasi plumbing yang berfungsi sebagai lubang service bilamana terjadi penyumbatan pada instalasi pipa dan terdapat pada ujung instalasi. Ada dua macam Clean Out yang biasa digunakan dalam instalasi Plumbing, yaitu:

  • FLoor Clean Out: adalah accesories pada instalasi plumbing yang berfungsi sebagai lubang service bilamana terjadi penyumbatan pada instalasi pipa dan terdapat pada ujung instalasi , serta terpasang pada lantai.
  • Ceilling Clean Out: adalah accesories pada instalasi plumbing yang berfungsi sebagai lubang service bilamana terjadi penyumbatan pada instalasi pipa dan terdapat pada ujung instalasi , serta terpasang pada atas Ceilling.

Diatas sudah sangat jelas sekali bahwa fungsi Clean Out adalah sebagai lubang service bilamana terjadi penyumbatan pada instalasi pipa dan terdapat pada ujung instalasi.

13. Whirlpool dan Jacuzzi

whirlpool dan jacuzzi
whirlpool dan jacuzzi

Whirlpool adalah kolam berendam dengan suhu yang bisa dihangatkan 34 – 40ΒΊc yang biasanya digunakan untuk spa. Whirlpool berukuran lebih kecil dari kolam renang dilengkapi dengan water action (semburan air) yang menimbulkan efek pijatan. Whirlpool lebih memiliki banyak manfaat dibanding kolam renang yaitu digunakan untuk relaksasi tubuh dan refleksi.

Berbeda dengan bak mandi biasa, whirlpool dirancang untuk digunakan lebih dari satu orang dalam satu waktu, dengan banyak model yang mengakomodasi empat orang. whirlpool biasanya terletak di luar ruangan, meskipun terkadang dapat dipasang di dalam ruangan. Selain itu, air panas tidak berubah pada setiap penggunaan, tetap bersih dengan menggunakan metode yang serupa dengan yang digunakan untuk sanitasi kolam renang.

Jacuzzi adalah sebuah kolam berukuran kecil dengan aliran air hangat dan air rattor pada dasar kolam jacuzzi memberikan sensasi pijatan telapak kaki.

Air panas yang berputar-putar di dalam kolam spa modern itu membuat tubuh kamu jadi lebih ringan dan tentunya selain itu membuat kamu merasa lebih tenang. Bahkan kolam mini tersebut juga membuat semua rasa pegal dan lelah pada diri kamu akan hilang.

Sesuai penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Whirlpool dan Jacuzzi merupakan peralatan sanitair yang berbentuk seperti bathub tetapi memiliki fasilitas pengaturan air yang cukup lengkap. Kekuatan pancar dan suhu air bisa diatur. Biasanya peralatan sanitair ini digunakan untuk berendam.

Sekian pembahasan kali ini mengenai Jenis-Jenis Sanitair Beserta Fungsinya, semoga bisa menambah ilmu dan wawasan rekan-rekan sekalian. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, mohon untuk membagikan artikel ini ke teman-teman anda yang lainnya. Jangan lupa juga berlangganan artikel di blog ini dengan cara like fanspage Asdar Blog di Facebook. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini