Beranda Teknologi Kapan Post Dimulai Dalam Sebuah Komputer

Kapan Post Dimulai Dalam Sebuah Komputer

968
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
post
post

Asdar.id – Post atau kepanjangan dari Power-on Self Test adalah salah satu tes yang dilakukan oleh komputer atau laptop saat melakukan booting. Tes yang dilakukan tersebut lalu disimpan kedalam ROM atau Read Only Memory. Post sendiri dilakukan untuk mengecek fitur-fitur pada komputer apakah masih berjalan dengan baik ataukah mengalami gejala kerusakan atau bahkan rusak.

Komputer sendiri akan mengkode pengguna jika ada kerusakan pada komputer melalui suara atau beep yang dibunyikan pada saat post tersebut. Setiap tipe motherboard akan memiliki suara Beep yang berbeda-beda. Jadi jangan samakan suara beep yang dikeluarkan pada post satu komputer dengan komputer lain yang berbeda motherboard bisa jadi arti beep yang dikeluarkan pada komputer tersebut berbeda. sendiri dimulai pada saat pertama kali botting hingga terdengar bunyi beep normal jika komputer normal atau terdengar bunyi tergantung pada kerusakan komputer. Beep tersebut berbunyi tergantung pada kerusakan komputer tersebut.

Bagi Anda yang tidak begitu mengerti atau tidak mempelajari komputer mungkin baru mendengar istilah post pada saat ini. Maka dari itu inilah prosedur urutan post pada komputer supaya Anda dapat mengetahui apa saja urutan-urutan saat menghidupkan komputer.

  1. Mulainya pos ditandai dengan hidupnya lampu LED pada CPU dan kipas pada CPU mulai berputar.
  2. Secara otomatis akan mereset CPU (Central Processing Unit) karena suplay listrik dari power supply tersebut.
  3. Setelah itu pengecekan pada BIOS dan komponen komputer yang lainnya seperti CMOS, Power Supply, waktu dan lain sebagainya yang terhubung dalam bios komputer.
  4. Jika semua proses tersebut telah dijalani dan tidak ada kerusakan pada komputer maka tidak akan ada bunyi beep yang terdengar atau pada salah satu komputer yang jika komputernya normal mengeluarkan bunyi beep 1 kali. saat post di tengah-tengahnya terdengar suara dunia maka salah satu komponen pada komputer tersebut mengalami gangguan.

Walaupun Anda sebagai orang biasa dan tidak mengerti benar akan komputer. Namun, setidaknya Anda mengerti kinerja awal komputer dan bersabar saat menunggu booting komputer tersebut. awas memang menjadi salah satu hal yang paling penting atau salah satu materi penting yang harus dipelajari anak jurusan Teknik Informatika atau yang berhubungan dengan jurusan komputer.

Post sendiri memang harus dihafalkan karena memang banyak sekali tipe bios yang digunakan di pasaran dan ini membuat banyak anak TI harus menghafalkannya supaya tidak salah menganalisa. Saat salah menganalisa post maka bisa jadi komputer yang Anda benarkah menjadi rusak karena kesalahan Anda. Maka dari itu penting bagi anak TI  untuk menghafalkan beberapa tipe post BIOS komputer. Namun, bagi Anda yang tidak mengerti benar mengenai komputer, serta memiliki keluhan mengenai komputer yang sering mengeluarkan bunyi beep saat booting bisa langsung dibawa ke gerai-gerai  komputer untuk dibenahi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini