Beranda Struktur Bangunan Konsep Dasar Konstruksi Kuda-Kuda Sederhana pada Rumah Tinggal

Konsep Dasar Konstruksi Kuda-Kuda Sederhana pada Rumah Tinggal

332
0
BERBAGI
konstruksi kuda-kuda
konstruksi kuda-kuda

Konstruksi kuda-kuda adalah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss). Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, baja, bambu, dan beton bertulang.

Konsep Dasar Konstruksi Kuda-Kuda Sederhana

Untuk lebih mengenal dan memahami fungsi dari kuda-kuda, darsitek akan uraikan sebagai berikut:

Kuda-kuda berfungsi untuk menerima beban dari atap yaitu:

  • Air Hujan.
  • Angin.
  • Genteng.
  • Reng Usuk dan list-plank.
  • Plafond.
  • Beban dari kuda-kuda itu sendiri.

Dengan adanya beban maka titik pertemuan kedua kaki kuda-kuda bagian atas (P) mengalami perubahan letak yaitu turun ke Pā€™, sehingga kaki kuda-kuda menekan kedua tembok kearah samping. Bila tembok tidak kokoh maka tembok akan roboh. Lihat gambar dibawah ini.

perubahan letak pada kaki kuda-kuda

Untuk mencegah agar kaki kuda-kuda tidak bergerak ke samping akibat tekanan beban dari atas, perlu dipasang balok horizontal untuk menahan kedua ujung bawah balok kaki kuda-kuda yaitu berupa balok tarik.

balok horizontal atau balok tarik untuk menahan kaki kuda-kuda

Karena lebar bentangan menahan beban yang bekerja dan beban berat sendiri dari kuda-kuda, maka batang tarik AB akan melentur. Titik P bergerak turun ke titik Pā€™, dengan adanya pelenturan, tembok seolah-olah masuk ke dalam.

balok tarik yang melentur

Untuk mengatasi adanya penurunan, pada batang tarik diujung atas kaki kuda-kuda dipasangi tiang dan ujung bawah tiang menggantung tengah-tengah batang tarik AB yang disebut tiang gantung/tiang raja.

pemasangan tiang gantung/tiang raja

Semakin besar beban yang bekerja dan bentangan yang semakin panjang, sehingga kaki kuda-kuda yang miring mengalami pelenturan. Dengan adanya pelenturan pada kaki kuda-kuda maka bidang atap akan kelihatan cekung kedalam, hal ini tidak boleh terjadi.

kaki kuda-kuda yang melentur kedalam

Untuk mencegah pelenturan pada kaki kuda-kuda, maka perlu dipasangi batang sokong/skoor dimana ujung bawah skoor memancang pada bagian bawah tiang gantung ujung atas skoor menopang bagian tengah kuda-kuda. Dengan demikian pelenturan dapat dicegah dan diatasi.

pemasangan balok sokong/skoor

Pada bangunan-bangunan yang berukuran besar, kemungkinan konstruksi kuda-kuda melentur pada bidangnya karena kurang begitu kaku. Untuk itu perlu diperkuat dengan dua batang kayu horizontal yang diletakkan kira-kira ditengah-tengah tinggi tiang gantung.

pemasangan balok gapit

Jika kurang dipahami mengenai materi diatas, silahkan lihat detail lengkap dari kuda-kuda kayu dibawah ini.

Sekian dari darsitek dan jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE atau bisa subscribe/langganan halaman darsitek di facebook untuk terus mengikuti perbaruan situs ini, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here