Beranda Struktur Bangunan Detail Lengkap Konstruksi Kuda-Kuda Kayu untuk Rumah Tinggal Sederhana

Detail Lengkap Konstruksi Kuda-Kuda Kayu untuk Rumah Tinggal Sederhana

1778
0
BERBAGI
konstruksi kuda-kuda kayu
konstruksi kuda-kuda kayu

Kuda-kuda adalah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya. Kegunaan kuda-kuda adalah sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda-kuda diperhitungkan mampu mendukung beban-beban atap dalam satu luasan atap tertentu. Beban-beban yang dihitung adalah beban mati (yaitu berat penutup atap, reng, usuk,gording, kuda-kuda) dan beban hidup (angin, air hujan, orang pada saat memperbaiki atap).

Kemajuan teknologi dan industri dewasa ini, berkembang dengan pesat. Banyak hal-hal baru bermunculan dan telah diterapkan dalam bidang pembangunan. Salah satu bidang pembangunan tersebut adalah pembangunan perumahan. Kebutuhan perumahan di daerah perkotaan dirasakan semakin meningkat akibat lajunya pertambahan jumlah penduduk.
Sementara itu dengan semakin berkembangnya teknologi penggunaan kayu, maka dapat dibuat bentuk-bentuk konstruksi kuda-kuda kayu dengan bentang lebar, kuat, efektif dan efisien. Teknologi penggunaan kayu diantaranya sebagai berikut :

  1. Diketahuinya sifat dan jenis kayu serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  2. Teknik penyambungan dan jenis alat sambung.
  3. Teknik pengawetan kayu yang semakin baik.

Pemilihan atas suatu bahan bangunan kayu tergantung dari sifat-sifat teknis, ekonomis dan keindahan. Jikalau dipilih kayu sebagai bahan bangunan maka perlulah diketahui sifat-sifat kayu sepenuhnya. Kayu mempunyai sifat-sifat spesifik yang tidak bisa ditiru oleh bahan-bahan lain. Kayu sebagai satu bahan mempunyai beberapa sifat sekaligus yang tidak dapat ditiru oleh bahan-bahan lain yang dibuat manusia. Misalnya kayu mempunyai sifat elastis, ulet, mempunyai ketahanan terhadap pembebanan yang tegak lurus dengan seratnya atau sejajar seratnya dan masih banyak lagi sifat-sifat lainnya. Sifat-sifat seperti ini tidak dipunyai oleh bahan-bahan baja, beton, atau bahan-bahan lain yang bisa dibuat oleh manusia.

Kayu sampai saat ini masih banyak dicari dan dibutuhkan orang. Diperkirakan pada abad-abad yang akan datang kayu akan masih tetap selalu dibutuhkan manusia. Dari segi manfaatnya bagi kehidupan manusia, kayu dinilai mempunyai sifat-sifat utama, yaitu sifat-sifat yang menyebabkan kayu tetap selalu dibutuhkan manusia. Kayu adalah material anisotrop dan mempunyai sifat-sifat mekanik kayu ke berbagai arah tidak sama. Kayu dalam menerima gaya yang ke berbagai arah tidak sama. Kayu dalam menerima gaya yang bekerja padanya tergantung dari arah seratnya. Adapun gaya-gaya yang dapat diterima kayu adalah sebagai berikut:

  1. Kayu lebih kuat mendukung gaya tarik sejajar arah serat dari pada menurut gaya tarik tegak lurus arah serat.
  2. Kayu lebih kuat mendukung tarikan dari pada desakan, namun kayu juga mempunyai keuntungan dan kerugian, diantaranya Kayu mempnyai kemampuan mudah dikerjakan dan relatif murah.

Loading...

Kerugian menggunakan kayu mempunyai sifat yang kurang homogen dengan adanya cacat alam seperti arah serat yang berbentuk spiral dan diagonal serta adanya mata kayu. Dari uraian diatas dengan adanya cacat alam, maka kayu kurang kuat menerima gaya tarik Uuntuk itu dapat digunakan kawat baja sebagai pengganti batang tarik untuk menerima gaya tarik.

Untuk lebih memahami konstruksi kuda-kuda kayu, dibawah ini saya akan berikan beberapa contoh detail lengkapnya.

Detail Lengkap Konstruksi Kuda-Kuda Kayu

Potongan Kuda-Kuda Kayu

potongan kuda-kuda

Detail Kuda-Kuda 1

detail kuda-kuda 1

Detail Kuda-Kuda 2

detail kuda-kuda 2

Detail Kuda-Kuda 3

detail kuda-kuda 3

Persyaratan Bahan

Semua kayu yang dipakai harus kering, berumur tua, lurus dan tidak retak, tidak bengkok dan mempunyai derajat kelembaban kurang dari 15% dan memenuhi persyaratan yang tercantum dalam PKKI 1970-NI.5.

Pekerjaan Konstruksi Atap

  • Kuda-kuda, gording, konsul, ikatan angin, klos, usuk, reng dan seluruh rangka atap dibuat dari kayu kualitas baik, tua, kering atau tidak pecah-pecah.
  • Papan listplank bisa digunakan kayu atau woodplank.
  • Baut, mur, besi strip dari bahan besi / baja.

Ukuran Kayu

  • Kaki kuda-kuda – ukuran 8/12 cm.
  • Pengerat – ukuran 8/12 cm.
  • Ander – ukuran 8/12 cm.
  • Skoor – ukuran 8/12 cm.
  • Nok – ukuran 8/12 cm.
  • Pengapit – ukuran 2 x 6/12 cm.
  • Gording – ukuran 8/12 cm.
  • Konsol – ukuran 8/12 cm.
  • Usuk – ukuran 5/7 cm.
  • Reng – ukuran 3/4 cm / 2/3 cm tergantung jenis genteng yang dipakai.
  • Listplank kayu – ukuran 3/30 cm / 2/20 cm.

Pelaksanaan Pekerjaan

  • Semua pekerjaan kayu yang harus diserut rata dan licin hingga memberikan penyelesaian yang baik dan sedikit penghalusan.
  • Kaso-kaso dipasang setiap jarak 50 cm, harus waterpass menurut kemiringan atap, sedangkan reng dipasang setiap jarak sesuai dengan ukuran genteng.
  • Permukaan kayu yang tampak (papan listplank, skoor) harus diserut rata dan licin, setiap sambungan konstruksi atas agar diperhatikan adanya pen/join yang berfungsi pengunci.
  • Pekerjaan kayu harus rata, melentur, bengkok.

Mungkin itu saja detail kuda-kuda kayu yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau ingin merequist artikel, silahkan komentar pada kolom yang telah disediakan dibawah artikel ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat, sekian dan terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here