Beranda Bisnis Kunci Sukses Agar Bisa Membangun Bisnis Warung Makan

Kunci Sukses Agar Bisa Membangun Bisnis Warung Makan

209
0
BERBAGI
Usaha Warung Makan

Postingan selanjutnya darsitek akan membahas tentang Kunci Sukses Agar Bisa Membangun Bisnis Warung Makan. Usaha warung makan sekarang ini bisa dijalankan dengan mudah jika beberapa fasilitas seperti alat memasak, bahan-bahan dan tempat berjualan tersedia. Untuk alat-alat masak, tentu ini tidak sulit apalagi bagi para ibu rumah tangga. Rata-rata sebagian besar sudah tersedia di dapur, sedangkan untuk tempat bisa memanfaatkan halaman, teras rumah atau dengan mengontrak tempat.

Apabila modal yang dimiliki masih terbatas, anda bisa memulai usaha rumahan warung makan dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Pilih menu makanan yang kira-kira banyak diminati oleh masyarakat sekitar anda yang berjualan serta sesuaikanlah dengan modal/budget yang ada.

Jika anda benar-benar ingin serius mencoba menekuni usaha yang satu ini, namun masih bingung mengenai berbagai hal terkait usaha rumahan bisnis warung makan, berikut saya berikan beberapa ulasan menarik mulai dari info bisnis, strategi pasar, pemasaran, hingga perhitungan modal dan laba.

Sekilas Tentang Bisnis Warung Makan

1. Target Konsumen

Target konsumen untuk usaha warung makan tergolong cukup luas karena mencakup berbagai kalangan, mulai dari tetangga sekitar, anak kos, para pegawai, sampai masyarakat umum yang melewati warung. Tiap hari, orang membutuhkan makan, oleh karena itu usaha warung makan nyaris tak pernah sepi.

Jika harga jual makanan yang anda tetapkan relatif murah, maka target konsumen sebagian besar datang dariΒ  kalangan menengah ke bawah artinya mampu dengan keuangan yang pas-pasan. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan harga pasaran yang ada untuk jenis makanan yang anda jual agar orang tertarik membeli di tempat anda.

2. Info Bisnis Warung Makan

Sudah banyak pelaku bisnis yang awalnya memanfaatkan sebagian area rumah untuk membuka usaha mereka. Untuk usaha warung makan, bisa menggunakan konsep rumah makan sederhana yang dilengkapi dengan beberapa perabotan seperti kursi dan meja makan atau sediakan tempat makan lesehan agar lebih santai dan pengunjung yang datang merasa rileks.

Sebenarnya, memulai usaha rumahan warung makan itu tidak terlalu diperlukan modal yang besar, cukup manfaatkan beberapa peralatan dan alat yang ada dirumah atau dapur. Hal ini bisa menekan biaya modal yang anda keluarkan ketika pertama kali membuka usaha warung makan.

Selain beberapa perabot dan tempat usaha, ada hal lainnya yang juga perlu diperhatikan oleh anda yang ingin mulai menjalankan usaha warung makan. Tertarik Membuka Bisnis Warung Makan? Berikut langkah awal membangun bisnis warung makan:

Kunci Sukses Dan Bagaimana Cara Membangun Bisnis Warung Makan

1. Menyiapkan Tempat Usaha

Usaha warung makan yang dibahas pada artikel ini memang dikhususkan untuk warung yang dibuka di rumah, oleh sebab itu anda perlu menyediakan tempat yang bisa digunakan sebagai lahan untuk membuka warung. Biasanya, kebanyakan orang memanfaatkan teras, halaman atau ruangan kosong depan rumah untuk dijadikan warung makan.

Tidak perlu repot menyediakan banyak peralatan, cukup gunakan etalase dan meja sebagai tempat menaruh berbagai menu makanan yang anda jual. Lengkapi warung dengan meja dan kursi, jika warung tidak terlalu luas, anda bisa menggunakan konsep lesehan yang minimalis tanpa kursi. Selain lebih santai, juga bisa menampung lebih banyak pengunjung yang datang.

2. Tentukan Menu Makanannya

Menu untuk warung makan bisa anda pilih dengan pertimbangan beberapa faktor seperti minat masyarakat disekitar anda. Selain itu, pastikan bahwa anda benar-benar menguasai cara membuat menu masakan utama untuk warung anda. Anda bisa memilih satu menu saja atau dengan beberapa variasi menu, misalnya gada-gado saja atau nasi kuning dengan aneka pilihan sayur dan lauk.

Agar usaha warung makan yang anda jalankan dapat memperoleh keuntungan yang maksimal, pilih menu makanan yang diminati oleh banyak orang terutama di lingkungan tempat usaha anda. Sesuaikan pula dengan budget modal yang anda miliki.

3. Menyiapkan Perlengkapan Dan Peralatan Usaha

Untuk kebutuhan peralatan yang dipakai dalam usaha warung makan, anda bisa menggunakan alat-alat rumah tangga yang sudah ada seperti piring, sendok, cangkir, garpu dan peralatan memasak. Jika sebagian masih belum tersedia, seperti etalase, meja dan kursi, maka anda harus terlebih dahulu menyediakannya/membelinya.

4. Menyediakan Bahan Baku

Dalam usaha warung makan, hal penting yang harus diperhatikan adalah ketersediaan bahan baku untuk membuat menu masakan yang akan dijual nantinya. Setelah anda menentukan menu, maka sediakan bahan baku yang dibutuhkan.

Untuk menghemat pengeluaran serta memudahkan anda dalam mendapatkan bahan baku, anda bisa menjalin kerjasama dengan para penjual atau suplier sayuran serta sembako, misalnya berlangganan. Jika tidak, maka cara lainnya adalah dengan berbelanja langsung ke pasar.

Agar rasa dan kualitas masakan yang anda jual tetap terjaga, pastikan untuk memilih bahan baku yang baik dan masih segar. Jangan sampai karena ingin mendapatkan untung lebih banyk, anda mengabaikan soal rasa. Hal ini dapat berdampak buruk pada citra warung dan minat pengunjung. Tidak hanya bahan baku yang harus baik, dalam proses pengolahannya juga diusahakan untuk menjaga kebersihan atau kehigienisannya.

5. Lakukan Survey

Sebelum membuka usaha warung makan, ada baiknya melakukan survey terlebih dahulu untuk dapat menentukan harga pasaran yang sesuai, mengetahui persaingan pasar, apa saja yang banyak diminati masyarakat, serta menu masakan apa yang kira-kira nanti dapat menghasilkan keuntungan besar. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah dalam perencanaan serta mendapat gambaran dan bahan perbandingan untuk usaha yang akan dijalankan kedepannya.

Loading...

Kunci Sukses Bisnis Warung Makan

Dalam bidang usaha kuliner/masakan, ada beberapa poin utama yang harus diperhatikan agar usaha warung makan yang dijalankan dapat bertahan, laris dan menghasilkan keuntungan. Berikut ini beberapa poin penting yang harus selalu diperhatikan, sekaligus menjadi kunci sukses usaha warung makan.

1. Cita Rasa

Rasa menjadi poin penting pertama yang harus anda perhatikan karena dalam bisnis kuliner rasa menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih warung makan. Oleh karena itu, buatlah makanan yang benar-benar memiliki cita rasa yang nikmat agar pengunjung tidak segan untuk datang kembali ke warung makan anda.

2. Pelayanan Cepat Dan Ramah

Pada saat orang merasa lapar, seringkali mereka tidak ingin menunggu terlalu lama. Untuk menghindari kekecawaaan konsumen, berikan pelayanan yang cepat dan juga ramah. Jangan membiarkan para pelanggan menunggu terlalu lama karena ini bisa menyebabkan mereka jera berbelanja di warung makan anda untuk yang kedua kalinya.

3. Harga Bersaing

Jika di lingkungan anda sudah banyak terdapat warung makan, maka hal ini tentu menimbulkan persaingan, mulai dari rasa hingga persoalan harga. Ada baiknya jika anda mematok harga makanan yang tidak terlalu jauh berbeda dari warung lain karena biasanya konsumen seringkali membandingkan dan lebih memilih warung makan dengan harga yang lebih terjangkau.

4. Tempat Yang Nyaman

Hadirkan suasana yang nyaman di warung makan agar para pengunjung yang datang betah dan tidak segan untuk kembali ke warung anda. Suasana yang nyaman turut memberikan pengaruh terhadap minat konsumen. Misalnya menyediakan kipas angin agar tidak kepanasan atau televisi untuk hiburan pelanggan sambil menunggu sajian makanan disiapkan, tentunya ini akan menambah nilai tambah untuk warung makan anda.

5. Higienis

Tidak hanya soal rasa makanan yang nikmat, kebersihan juga merupakan hal penting lainnya yang seringkali menjadi pertimbangan konsumen untuk berbelanja makanan. Usahakan mulai dari bahan baku, proses hingga penyajian makanan juga harus terjaga kebersihannya.

6. Variasi Menu Makanan

Untuk menghindari rasa bosan yang mungkin timbul dari para pelanggan atau konsumen, maka lakukan variasi pada menu makanan yang anda hadirkan tiap hari. Anda juga bisa meminta pelanggan untuk memesan makanan apa yang ingin dipesan keesokan harinya. Ini bisa jadi salah satu daya tarik bagi pengunjung lain untuk datang dan mencoba makanan yang anda jual.

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Warung Makan

1. Kelebihan Bisnis Warung Makan

Setiap bisnis warung makan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk kelebihan yang ada pada usaha rumahan warung makan adalah tidak perlu modal besar untuk dapat memulai usaha ini karena konsep rumah makan yang diusung kebanyakan bertema sederhana. Berkecimpung dalam usaha ini, juga dapat membuat anda yang suka memasak dapat menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Tidak hanya itu, dengan adanya usaha rumahan warung makan, anda bisa memaksimalkan potensi berbagai peralatan memasak, area rumah yang tidak terpakai serta menyerap tenaga kerja misalnya anggota keluarga, kerabat atau tetangga sekitar.

2. Kekurangan Bisnis Warung Makan

Sudah tidak diragukan lagi, jika salah satu bisnis yang cukup ketat persaingannya adalah dalam bidang kuliner. Hal ini tentu berlaku juga bagi pelaku usaha rumahan warung makan. Terlebih jika tempat usaha memang berada pada wilayah yang ramai seperti area kampus, sekolah atau kos-kosan. Sudah dapat dipastikan bahwa akan banyak warung makan lain yang juga menawarkan berbagai menu makanan, hal ini tentunya akan menimbulkan persaingan.

Selain ketatnya persaingan bisnis, tantangan lainnya yang sering dihadapi adalah bagaimana menyajikan menu yang bervariasi agar tidak membuat konsumen merasa bosan berbelanja di warung makan anda. Untuk menghadapi hal ini, pemilik warung dituntut untuk lebih kreatif dalam mengolah aneka menu makanan baru.

Pada beberapa kondisi, terkadang kendala bisa datang dari ketersediaan bahan baku. Stok barang yang menipis, harga bahan sembako serta sayur-sayuran yang terkadang mengalami kenaikan harga, sering membuat pemilik warung makan kesulitan dalam menentukan harga jual makanan. Jika harga makanan juga dinaikkan karena bahan baku naik, maka bisa jadi ini akan berdampak pada kurangnya konsumen, sementara disisi lain, jika tidak dinaikkan besar kemungkinan akan mengalami kerugian. Hal ini tentunya akan membuat dilema para pelaku usaha rumahan ini.

Cara Pemasaran Bisnis Warung Makan

Cara pemasaran yang sering dilakukan untuk bisnis warung makan, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan promosi langsung dari mulut ke mulut serta menggunakan spanduk. Untuk promosi langsung, anda bisa memberitahukan informasi mengenai usaha warung makan yang baru anda buka ke tetangga sekitar, teman dan juga kerabat. Cara ini cukup efektif digunakan dalam menyebarkan informasi ke orang banyak.

Akan lebih baik jika di depan warung makan, dilengkapi dengan spanduk yang bertuliskan nama warung serta dihiasi gambar aneka makanan yang anda jual. Untuk semakin menarik perhatian dan memberitahukan kepada orang-orang yang lewat depan warung, lengkapi spanduk dengan tulisan menu makanan. Ini akan memudahkan orang-orang mengetahui tentang menu makanan apa saja yang anda tawarkan.

Selain dari cara diatas, ada satu teknik lagi yang sangat ampuh dalam memasarkan bisnis warung makan anda. Di era zaman yang sudah canggih ini, pemasaran online sudah menjadi cara yang bisa dibilang tingkat keberhasilannya tinggi. Anda bisa menerapkan teknik pemasaran ini untuk bisnis warung makan anda. Dengan mengkombinasikan tiga cara atau teknik pemasaran diatas, saya yakin kedepannya warung makan yang anda geluti akan menghasilkan keuntungan yang besar.

Demikianlah ulasan tentang Kunci Sukses Agar Bisa Membangun Bisnis Warung Makan yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga dapat memberikan manfaat dan informasi yang anda butuhkan. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here