Beranda Desain Gambar Download Detail Pondasi FootPlat DWG AutoCAD

Download Detail Pondasi FootPlat DWG AutoCAD

2361
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
detail footplat
detail footplat

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan referensi Detail Pondasi FootPlat DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar gambar.

Definisi Pondasi FootPlat

Pondasi footplat merupkan jenis pondasi yang sangat populer di Indonesia khususnya untuk pondasi rumah tinggal bertingkat. Pondasi footplat juga disebut dengan pondasi cakar ayam karena tulangan besi yang bentuknya mirip cakar ayam.

Pondasi footplat adalah jenis pondasi beton yang digunakan untuk kondisi tanah dengan daya dukung tanah (sigma) pada: 1,5 – 2,00 kg/cm2. Pondasi footplat ini biasanya digunakan pada rumah atau bangunan gedung 2 – 4 lantai, dengan syarat kondisi tanah yang baik dan stabil.

Ada beberapa jenis pondasi berdasarkan tingkat kedalam tanah, misal:

  1. Kedalaman tanah terkeras pada jarak 2 meter sampai dengan 4 meter dari muka tanah, maka cukup menggunakan pondasi dangkal atau dengan solusi yang kita sebut pondasi foot plat/pondasi telapak.
  2. Tanah terkeras sampai dengan 10 meter, maka menggunakan sistem struktur pondasi mini pile atau sering memakai sistem pondasi trucuk dan sistem bore pile seperti pondasi sumuran, pondasi struss.
  3. Jika tanah terkeras mencapai kedalaman 20 meter maupun lebih dari 20 meter, maka menggunakan sistem pondasi tiang pancang ataupun sistem bore pile (pengeboran).

Cara menentukan kedalam pondasi pada bangunan vertikal adalah dengan melakukan uji lapisan tanah atau disebut dengan soil test dan sering disebut dengan test sondir. Dalam hasil test sondir kita akan mendapatkan beberapa hasil (kesimpulan) yang direkomendasi, diantaranya:

  1. Dapat diketahui historis kondisi tanah yang akan kita dirikan bangunan, apakah tanah keras, tanah labil, tanah bekas urugan, tanah bekas rawa atau tanah berbatu.
  2. Dapat diketahui jarak kedalam lapisan tanah terkeras yang diijinkan dari muka tanah, sehingga diketahui kedalaman pondasinya.
  3. Evaluasi karateristik kondisi tanah dan batuan.
    Rekomendasi desain pondasi dan desain struktur bawah bangunan.
  4. Dapat menentukan sistem struktur pondasi yang cocok, tepat serta baik dan benar.

Download Detail Pondasi FootPlat DWG AutoCAD

Gambar AutoCAD ini merupakan gambar detail pondasi footplat yang sering digunakan untuk keperluan bangunan bertingkat dan struktur bangunan gedung bertingkat lainnya. Anda bisa juga menggunakannya sebagai referensi tugas kuliah ataupun proyek lainnya.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Detail Pondasi FootPlat DWG AutoCAD dibawah ini:

Detail Pondasi FootPlat DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[103.86KB]
Mediafire DOWNLOAD[103.86KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Detail Pondasi FootPlat DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini