Beranda Arsitek Mengenal Macam-Macam Aksesoris Pipa PVC

Mengenal Macam-Macam Aksesoris Pipa PVC

262
1
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
macam macam aksesoris pipa pvc
macam macam aksesoris pipa pvc

Halo rekan-rekan sekalian dimanapun berada, jumpa lagi pada artikel kali ini. Semoga semua dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Seiring berkembangnya pembangunan pada zaman sekarang, kesempatan kali ini saya ingin membagikan artikel mengenai Mengenal Macam-Macam Aksesoris Pipa PVC. Sebelum itu mari kita simak dulu apa itu Pipa PVC.

Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) adalah polier termoplastik yang menduduki urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Pipa PVC sendiri umumnya bergua sebagai saluran air dalam suatu proyek perumahan atau gedung atau jalan dll. Pipa PVC ini memiliki sifat yang keras, ringan, dan kuat.

Karena penginstalannya mudah, maka sangatlah ideal jika kita gunakan untuk saluran bawah zink dapur, kamar mandi, dan lain-lain. Bahkan penggunaan pipa PVC ini dapat bekerja lebih baik daripada menggunakan pipa besi yang perlu solder, juga tahan terhadap hampir semua alkalin atau zat beracun serta mudah untuk pemasangan.

Telah kita ketahui bersama Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) merupakan pipa yang terbuat dari Vinyl yaitu semacam plastik. Untuk Pemasangan dan penyambungan Pipa PVC dibutuhkan Aksesoris Pipa PVC. Aksesoris ini dapat terbuat dari PVC bisa juga terbuat dari material lain seperti: stainless, kuningan, galvanis dan lain-lain.

Mengenal Macam-Macam Aksesoris Pipa PVC

Pada kesempatan ini akan kita bahas macam-macam aksesoris pipa PVC yang biasa digunakan dalam instalasi pipa PVC, antara lain:

1. Shock Pipa PVC

Shock Pipa PVC digunakan untuk menyambung dua bagian yang lurus dari Pipa PVC atau aksesoris Pipa PVC lainnya. Terdapat beberapa jenis Shock Pipa PVC yaitu:

Shock Pipa PVC Polos
shock pipa pvc polos
shock pipa pvc polos

Shock Pipa PVC Polos digunakan untuk menyambung dua batang pipa PVC yang ujungnya tidak ada ulir atau drat. Shock Pipa PVC Polos kedua ujungnya tidak memiliki ulir.

Shock Pipa PVC Drat Luar
shock pipa pvc drat luar
shock pipa pvc drat luar

Shock pipa drat luar pada kedua ujung shocknya memiliki ulir/ drat di bagian luar.

Shock Pipa PVC Drat Dalam
shock pipa pvc drat dalam
shock pipa pvc drat dalam

Shock pipa drat dalam pada kedua ujung shocknya memiliki ulir/ drat di bagian dalam.

Shock Pipa PVC Drat Luar-Polos
shock pipa pvc drat luar-polos
shock pipa pvc drat luar-polos

Shock pipa drat Luar-Polos pada salah satu ujung shocknya memiliki ulir/ drat di bagian luar dan ujung lainnya tanpa drat/ polos.

Shock Pipa PVC Drat Dalam-Polos
shock pipa pvc drat dalam-polos
shock pipa pvc drat dalam-polos

Shock pipa drat Dalam-Polos pada salah satu ujung shocknya memiliki ulir/ drat di bagian dalam dan ujung lainnya tanpa drat/ polos.

Shock Pipa PVC Drat Luar-Dalam
shock pipa pvc drat luar-dalam
shock pipa pvc drat luar-dalam

Shock pipa drat Luar-Dalam pada salah satu ujung shocknya memiliki ulir/ drat di bagian dalam dan ujung lainya memiliki derat dibagian luar.

2. Elbow/ Knee/ L Pipa PVC

Sesuai namanya maka Knee/ Elbow/ L adalah shock berbentuk L yang berfungsi untuk menyambung pipa PVC dengan Pipa PVC lain atau dengan aksesoris di tempat yang membutuhkan belokan. Terdapat beberapa jenis Elbow Pipa PVC yaitu:

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC Polos
elbow pipa pvc polos
elbow pipa pvc polos

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC Polos kedua ujungnya tanpa drat/ ulir.

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC Polos-Drat Dalam
elbow pipa pvc polos-drat dalam
elbow pipa pvc polos-drat dalam

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC Polos-Drat Dalam pada salah satu ujung memiliki ulir/ drat di bagian dalam dan ujung lainnya tanpa drat/ polos.

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC Drat Dalam
elbow pipa pvc drat dalam
elbow pipa pvc drat dalam

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC Drat Dalam pada ke dua ujung memiliki ulir/ drat di bagian dalam.

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC 45 derajat
elbow pipa pvc 45 derajat
elbow pipa pvc 45 derajat

Elbow/ Knee/ L Pipa PVC 45 derajat memiliki kemiringan 45 derajat yang berfungsi sebagai belokan jalur pipa pvc.

3. T Pipa PVC

T Pipa PVC digunakan untuk membuat cabang saluran pipa PVC. Seperti aksesoris lainnya, pipa PVC juga terdiri dari beberapa jenis ada yang dengan drat dan juga ada yang tanpa drat seperti terlihat pada gambar berikut:

t pipa pvc
t pipa pvc

4. Doble T Pipa PPVC

doble t pipa ppvc
doble t pipa ppvc

Doble T Pipa PPVC digunakan untuk membuat banyak cabang saluran pipa PVC.

5. Dop/ Cap pipa PVC

dop atau cap pipa pvc
dop atau cap pipa pvc

Dop/ Cap pipa PVC digunakan untuk menutup saluran pada ujung pipa PVC.

6. Adapter/ Reducer/ Transision pipa PVC

adapter pipa pvc
adapter pipa pvc

Adapter/ Reducer/ Transision pipa PVC digunakan untuk menyambung dua buah pipa PVC yang berbeda ukurannya.

Demikian sedikit pembahasan kali ini mengenai Macam-Macam Aksesoris Pipa PVC, semoga bisa menambah ilmu dan wawasan rekan-rekan sekalian. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, mohon untuk membagikan artikel ini ke teman-teman anda yang lainnya. Jangan lupa juga berlangganan artikel di blog ini dengan cara like fanspage Asdar Blog di Facebook. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini