Beranda Desain Rumah Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek

60
0
BERBAGI
manfaat jasa arsitek
manfaat jasa arsitek

Membangun sendiri rumah adalah alasan mengapa orang memilihnya dibandingkan dengan membeli langsung dari developer real estate. Terlebih lagi jika dalam proses pembangunan rumah tersebut, Anda sendirilah sebagai owner yang menentukan desain dari tiap-tiap ruangan rumah Anda tersebut. Dengan bentuk desain rumah yang indah dan mewah, tentu akan menjadi rumah idaman bagi keluarga Anda kelak nantinya. Jasa arsitek sangatlah penting untuk membantu banyak orang menginginkan bentuk rumah atau bangunan yang mereka inginkan. Adanya jasa arsitek juga akan memberikan kita banyak pilihan desain rumah yang menarik bahkan lebih dari sekedar yang kita bayangkan sebelumnya.

Jasa arsitek adalah jasa layanan konsultan dan pendampingan yang bekerja dari saat awal sebuah konsep perencanaan sebuah bangunan. Pada tahap awal pekerjaan arsitek dinamakan pra-perencanaan yang kerjanya adalah menyusun data dari survey lokasi, konsultasi dengan pemilik, menginventarisir kebutuhan kegiatan dan fungsi bangunan. Tahap selanjutnya adalah menuangkan konsep awal perencanaan dalam bentuk sketsa ruang dan sketsa bentuk yang disertai dengan pendekatan bentuk yang mengikuti fungsi serta filosofinya, disamping itu pula ada pendekatan penggunaan material bahan bangunan yang akan dipilih. Jasa arsitek juga akan menawarkan wujud desain gambar 2D dan 3D untuk pedoman pengajuan perijinan IMB, dan tahap ini akan menghasilkan perencanaan anggaran biaya estimasi atau disebut dengan RAB (rencana anggaran biaya).

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek

Ada banyak manfaat dan keuntungan jasa arsitek yang bisa kita dapatkan untuk mewujudkan keinginan kita memiliki rumah impian yang indah dan nyaman. Oleh karena itu, berikut ini saya sajikan beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah:

Lebih Terencana

Pada tahap permulaan, arsitek akan melakukan brainstorm dengan Anda tentang apa saja ruang yang dibutuhkan, jumlah ruang, bahkan juga fungsi ruang dan hal-hal terkait bangunan lainnya. Disinilah kita akan diarahkan supaya memiliki banyak hal untuk mengeluarkan ide dan model rumah yang diinginkan, sehingga hasil akhir desain adalah rumah seperti yang diidamkan.

Memiliki Karakter dan Nilai Tambah

Setiap seorang arsitek memiliki karakter tersendiri dalam mendesain sebuah rumah. Dengan pengalamannya tersebut, menjadi nilai tambah dan memiliki desain yang lebih baik dibandingkan Anda membangun rumah tanpa seorang arsitek.

Sesuai Harapan Pemilik

Estetika sebuah bangunan rumah akan menghasilkan desain yang terbaik sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Rumah dengan bentuk desain yang diinginkan akan terwujud melalui sentuhan dari seorang arsitek.

Memanfaatkan Sirkulasi Fungsi dan Tata Ruang

Kenyamanan didalam kebutuhan beraktifitas keseharian tegantung pada pola dan tata letak ruangan, hal tersebut dikombinasikan sesuai hierarki fungsi pada masing-masing ruangan. Dengan begitu tiap masing-masing elemen dari setiap bentuk rumah dan tata ruang akan memiliki fungsi yang maksimal ditangan seorang arsitek.

Menjaga Mutu Material dan Alternatifnya

Jika manusia punya usia, bahanpun ada umurnya. Dalam hal ini arsitek yang baik faham tentang kualitas materi yang akan digunakan dengan tanpa mengurangi sifat estetikanya. Sering kali kita jumpai produk bermutu mutakhir dibarengi dengan daya jangkau kompetitif, sebagai jalan tengah arsitek juga harus mampu memberikan alternatif bahan beserta report spesifikasi keunggulan dan kelemahannya, sehingga masukan informasi dapat dijadikan option oleh pemilik sebagai pertimbangan.

Struktur dan Material Bangunan

Hal mendasar yang tak kalah penting adalah seorang arsitek akan merancang pondasi, struktur bangunan, hingga material luar yang akan digunakan dengan sebaik dan seefisien mungkin. Selain itu dengan menggunakan jasa arsitek anda bisa menekan budget dengan menghilangkan beberapa ornamen atau material bangunan yang tidak diperlukan.

Kejelasan Sketsa Bangunan

Dalam masa pembangunan berjalan, tentu arsitek akan mengawasi dan mengontrol prosesnya, memastikan agar gambar kerja terbangun dengan presisi. Setelah terbangun, Anda akan mendapatkan file-file gambar yang dibutuhkan. Seperti gambar denah, site plan (gambar bangunan dan lingkungan sekitar) sehingga mudah Anda pahami untuk proses pembangunannya.

Hemat Biaya dan Tepat Waktu

Bayangkan jika renovasi bangunan anda di handle oleh pekerja bangunan, sehingga langsung di realisasikan tanpa perencanaan. Jika hasil tidak sesuai angan-angan, apa yang akan anda lakukan? Resikonya akan menjadi bahan yang tidak terpakai atau membuang-buang biaya. Tentu dalam hal ini seorang arsitek lebih paham sehingga dapat menghemat biaya dan waktu.

Dapat Mengontrol Budget

Disamping estetika dan struktur, merencanakan anggaran biaya adalah salah satu paket pekerjaan yang mengikat semua item. Menjadi penting karena arsitek harus berlaku bijak antara kebutuhan owner dengan landasan budget yang telah dianggarkan, tanpa mengurangi estetika bangunan, dengan mengetahui anggaran pada proses pra-rencana, diharapkan kedepan pemilik tidak akan merasa kecewa, karena spesifikasi design, material dan segala sesuatunya sudah di perhitungkan sebelumnya dengan matang oleh seorang arsitek yang berpengalaman.

Oke, mungkin itu saja gambaran mengenai manfaat dan keuntungan menggunakan jasa arsitek, mudah-mudahan teman-teman yang ingin membangun rumah bisa terbantu berkat artikel ini. Jangan lupa share artikel ini ke yang lain agar bisa bermanfaat untuk semua orang. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here