Beranda Manajemen Proyek Mengetahui Faktor Penyebab Kegagalan Kontraktor

Mengetahui Faktor Penyebab Kegagalan Kontraktor

224
0
BERBAGI
faktor penyebab kegagalan kontraktor
faktor penyebab kegagalan kontraktor

Artikel darsitek malam ini akan membahas mengenai faktor penyebab kegagalan kontraktor. Lemahnya kepemimpinan strategis adalah penyebab paling utama dari kebangkrutan kontraktor besar menurut sebuah studi mendalam oleh FMI Corporation.

Mengetahui Faktor Penyebab Kegagalan Kontraktor

Proyek konstruksi dipengaruhi oleh banyak variabel dan faktor-faktor yang tidak terduga. Pembangunan proyek konstruksi memerlukan banyak keahlian, alat, material, dan sumber daya yang berbeda. Mengelola faktor-faktor tadi bukanlah hal yang mudah terlebih terjadi banyak perubahan dalam setiap pelaksanaan proyek. Diperlukan banyak keahlian dalam mengelola proyek. Faktor-faktor penentu kesuksesan perusahaan jasa konstruksi terdiri dari faktor internal, eksternal, dan market forces.

Pada pengadaan jasa konstruksi, faktor internal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan mempunyai pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Permasalahan yang disebabkan faktor internal mempunyai pengaruh yang cukup besar sehingga dapat menurunkan kinerja waktu dan biaya pada proyek-proyek konstruksi. Faktor-faktor utama penyebab kegagalan kontraktor adalah sebagai berikut:

  1. Penafsiran harga yang lemah atau catatan-catatan tentang pembiayaan pekerjaan terdahulu yang kurang tepat.
  2. Munculnya kejadian-kejadian yang tak terduga, misalnya terjadinya penangguhan pekerjaan, kenaikan upah dan harga yang tak terduga, keputusan pemilik proyek yang terlambat, dan perubahan/revisi desain.
  3. Manajemen proyek yang lemah, kemampuan manajer proyek yang kurang sesuai dan dukungan manajemen pusat yang tidak selaras dengan lapangan.
  4. Bencana alam, banyak kecelakaan yang tidak dilindungi oleh asuransi.
  5. Pemilik bangkrut.

Penelitian yang dilakukan oleh FMI telah menemukan lebih dari 200 faktor-faktor kegagalan kontraktor. Dimana faktor terbesarnya adalah lemahnya kepemimpinan strategis dalam mengelola proyek. Menurut FMI, mengelola dan memimpin secara efektif adalah kunci utama sekaligus masalah yang dihadapi oleh perusahaan konstruksi. Umumnya kegagalan kontraktor tidak disebabkan oleh satu faktor tunggal melainkan beberapa faktor yang saling berinteraksi atau terkait satu sama lain. Ada lima faktor utama yang menyebabkan kontraktor mengalami kegagalan yaitu:

  • Lemahnya kepemimpinan strategis (76%).
  • Perubahan yang terlalu banyak (90%).
  • Ego yang berlebihan (62%).
  • Rendahnya disiplin (45%).
  • Kapitalisasi yang tidak memadai (58%).

Oke, mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai Faktor Penyebab Kegagalan Kontraktor, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa berguna untuk teman-teman kontraktor. Untuk terus mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan pada notifikasi yang muncul saat pertama kali mengakses situs ini. Sekian dan terimakasih telah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here