Beranda Teknologi Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak

225
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak
Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak

Kehadiran teknologi digital memang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan dunia. Di tengah hiruk-pikuk kehidupan seluruh manusia, teknologi agaknya merupakan suatu kebutuhan vital yang paling tidak bisa untuk ditinggalkan. Globalisasi tanpa disadari sudah memaksa setiap orang berbaur dengan segala macam bentuk teknologi.

Nekat menolak teknologi akan sama halnya dengan membuang diri jauh ke masa lalu. Sedangkan tidak malu menyalahgunakannya adalah sikap β€œmembunuhβ€œ diri sendiri. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia yang tak mau terus-menerus tertinggal, tentu mesti bergerak cepat dan tepat terhadap teknologi.

Apalagi teknologi cakupannya kompleks dan nyaris menyentuh segala lini kehidupan, maka tiada alasan bagi semuanya untuk tidak mau dan tidak mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak dan maksimal.

Bentuk pemanfaatan teknologi digital sendiri cukup beragam. Dalam dunia pendidikan misalnya, proses belajar-mengajar menjadi lebih praktis, efektif, dan efisien dengan bantuan laptop atau komputer, speaker, microphone, serta LCD proyektor. Model pembelajaran sebelumnya yang mengandalkan kapur dan papan tulis memang efektif, akan tetapi hanya ketika digunakan pada masa silam di mana teknologi belum terlahir.

Sedangkan kini, dengan kontribusi teknologi, penyampaian materi pelajaran dapat diatur sedemikian rupa sehingga lebih mengasyikkan, tidak membosankan, dan lebih mudah ditangkap oleh peserta didik. Contohnya model pembelajaran lewat animasi, selain sangat dekat dengan generasi sekarang, animasi juga mampu memberikan contoh atau suatu proses secara lebih mendetail. Dan ini sangat jauh perbandingannya dengan gaya pembelajaran berbasis kapur dan papan tulis.

Penyebabnya adalah lantaran tak semua guru lihai dalam menggambar, maka ketika hal itu harus dipaksakan, yang terjadi justru memakan waktu lebih lama dan hasilnya pun jauh dari maksimal. Akhirnya, wajar dan memang seharusnya manakala terdapat pelatihan IT dan verifikasi terhadap guru. Sebab, masalah pendidikan bersangkutan dengan masa depan bangsa Indonesia.

Disamping itu, berbagai jenis ilmu pengetahuan kini juga bukan lagi diibaratkan sebagai sesuatu yang sulit dicari atau mahal harganya. Berkat teknologi, ilmu menjadi lebih mudah diperoleh, bahkan cukup klik atau menekan tombol saja. Sebagai generasi yang melek teknologi, sudah barang tentu wajib hukumnya untuk mengoptimalkan teknologi yang ada, bukan malah sekedar membangga-banggakan hasil karya orang asing atau prestasi-prestasi dari anak bangsa dalam bidang teknologi.

Sepatutnyalah kita semua (bangsa Indonesia) mau serta mampu mengikuti jejak mereka, lebih-lebih menyusul lalu berbalik memimpin. Tanpa harus saling menyalahkan, marilah kita tanamkan spirit berlomba-lomba dalam pemanfaatan teknologi secara bijak.

Lalu, dengan cara apa kita dapat bersikap bijak pada teknologi? Bagi yang ahli dalam bidang IT, mungkin bisa membuat software, berinovasi membuat teknologi baru yang mampu membantu kehidupan manusia, membuat animasi atau game edukasi, dan lain sebagainya.

Dan, untuk yang tidak begitu mahir dalam hal teknologi, ngeblog mungkin langkah yang patut dicoba dan digeluti. Asalkan yang kita lakukan lewat blog masih dalam lingkup positif, ngeblog akan memberikan manfaat positif pula. Beberapa diantaranya ialah bisa menambah teman, berbagi dengan orang lain, dan menghasilkan uang atau meraih prestasi.

Dilogika, tak ada manfaatnya juga kan kalau kita memiliki ilmu tapi hanya disimpan tanpa pernah dishare kepada khalayak umum. Maka dari itu, ayo ngeblog bareng-bareng agar ilmu dan pengalaman yang sudah bertahun-tahun kita cari dengan jatuh-bangun dapat memberi manfaat terhadap perkembangan bangsa Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Jangan sampai alasan sulit membuat blog menghalangi kita untuk bergerak maju.

Banyak penyedia membuat blog yang gratis, seperti blogspot, blogdetik, wordpress, thumlr, dan lainnya. Cukup mendaftar lalu mengelolanya secara aktif dengan baik dan benar. Buat facebook dan twitter saja bisa, masa` membuat blog tidak bisa. Update status berkali-kali dalam sehari saja semangat, masa` berbagi pengetahuan serta pengalaman lewat blog tidak mau.

Menjadi blogger bahkan lebih dari sebatas berbagi ilmu, melainkan juga membuka peluang berprestasi. Mengapa? Sebab kontes yang diperuntukkan bagi blogger itu jumlahnya banyak sekali. Walaupun kompetisi/perlombaan yang dimaksud terkadang tidak begitu formal, yang jelas lomba blog (yang biasanya berbentuk writting contest dan SEO competition) akan melatih kita bersaing secara sehat.

Penulis sendiri telah membuktikan hal tersebut melalui keikutsertaan pada beberapa lomba blog. Meskipun tidak selalu menjadi pemenang, akan tetapi cukup memotivasi agar menjadi lebih baik lagi. Untuk itu, ditunggu partisipasi seluruh masyarakat Indonesia, terutama kaum muda (yang merupakan gambaran masa depan) untuk berlaku positif pada teknologi dengan menjadi blogger. Sepele memang, namun pengaruhnya besar. Kita belajar, kita menulis, kita mempublikasikan, dan kita gerakkan bangsa Indonesia kepada kemajuan.

Penulis: Fathesshop

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini