Beranda Manajemen Proyek SCAMPER Sebagai Tool Kreatifitas untuk Project Smart Efficiency

SCAMPER Sebagai Tool Kreatifitas untuk Project Smart Efficiency

69
0
BERBAGI
project smart efficiency
project smart efficiency

Melakukan efisiensi proyek saat ini merupakan suatu keharusan bagi Pemilik maupun Penyedia Jasa. Tujuannya sudah pasti untuk menambah laba. Teknik kreatifitas ini, telah terbukti menjadi trigger bagi project smart efficiency. Silahkan dibaca sampai selesai, semoga bermanfaat.

Project Smart Efficiency adalah kata kunci. Sudah tak relevan lagi common/ usual efficiency jika ingin maju. Melakukannya tentu harus kreatif. Disinilah problemnya. Sistem pendidikan yang menghambat kreatifitas menjadi biangnya. Sehingga perlu dicari teknik sederhana untuk melatih kreatifitas di ladang item proyek yang begitu banyak yang belum tersentuh. Penulis menemukan suatu teknik yan cukup sederhana untuk dipahami dan dipraktikan, yaitu teknik kreatifitas SCAMPER.

creative problem solving with scamper medium
creative problem solving with scamper medium

Teknik ini telah cukup membantu dalam menjadi trigger untuk mendapatkan smart efficiency dalam pelaksanaan proyek. Buktinya, mari lihat rinciannya dalam tabel-tabel di bawah ini yang disertai beberapa contoh aktual aplikasi di proyek (basic file diambil dari www.mindtools.com):

A. Subtitute

substitute
substitute

B. Combine

combine
combine

C. Adapt

adapt
adapt

D. Modify

modify
modify

E. Put to Another Uses

put to another uses
put to another uses

F. Eliminate

eliminate
eliminate

G. Reverse

reverse
reverse

Sebenarnya masih ada beberapa teknik kreatifitas yang lain seperti concept fan, attribute listing, provocation, dan lainnya. Tapi penulis menilai bahwa teknik SCAMPER cukup cocok dan sudah lumayan powerful dalam menemukan smart efficiency di proyek. Teknik ini sangat cocok pada kondisi atau kasus yang sederhana hingga moderat. Namun untuk kasus yang lebih sulit, perlu digunakan teknik kreatifitas yang lebih rumit seperti problem solving. Selamat mencoba.

Sumber referensi: manajemenproyekindonesia.com

Sekian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapat manfaatnya. Untuk mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses situs ini. Sekian dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here