Beranda Teknologi Shortcut Microsoft Excel Beserta Fungsinya Yang Wajib Kamu Ketahui!

Shortcut Microsoft Excel Beserta Fungsinya Yang Wajib Kamu Ketahui!

2134
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
shortcut microsoft excel
shortcut microsoft excel

Shortcut Microsoft Excel – Shortcut atau pintasan sangatlah penting terutama untuk kamu yang sering bekerja mengolah kata/data. Mengapa shortcut sangat penting? Salah satu alasannya adalah membantu kamu untuk bekerja dengan mudah dan cepat. Terdapat banyak fungsi shortcut microsoft word dan microsoft excel yang bisa kamu gunakan untuk menunjang kinerja kamu, dengan beberapa kombinasi tombol keyboard CTRL, SHIFT, ALT, F1 hingga F12.

Diantara beberapa kombinasi tersebut apakah kamu sudah mengetahui berapa banyak shorcut microsoft excel beserta kegunannya? Jika sudah mungkin kamu akan perlu melihat kembali di artikel ini barangkali ada yang belum kamu ketahui. Namun, untuk kamu yang belum mengetahui apa saja shortcut microsoft excel. Kamu dapat lihat dan coba gunakan shortcut ini. Berikut shortcut microsoft excel beserta penggunaannya:

Shortcut Microsoft Excel

Kombinasi Shortcut CTRL
Shortcut ini merupakan kombinasi antara tombol CTRL dengan tombol lainnya:

CTRL + A = Berfungsi untuk menyeleksi semua area dalam satu worksheet
CTRL + B = Berfungsi untuk menebalkan huruf (bold)
CTRL + C = Berfungsi untuk menyalin (copy) tulisan
CTRL + D = Berfungsi menggunakan perintah Fill Down untuk menyalin konten dan format sel paling atas dari rentang yang dipilih ke dalam sel di bawahnya
CTRL + E = Berfungsi mengenali pola dalam kolom yang berdekatan dan mengisi kolom saat ini secara otomatis
CTRL + F = Berfungsi menampilkan kotak Find untuk mencari kata yang ingin kamu cari
CTRL + G = Berfungsi menampilkan kotak Go To
CTRL + H = Berfungsi menampilkan kotak Replace untuk mencari kata dan mengganti kata yang lama dengan kata yang baru
CTRL + I = Berfungsi untuk memiringkan huruf (italic)
CTRL + K = Berfungsi menampilkan kotak hyperlink untuk menambahkan hyperlink atau edit hyperlink
CTRL + L = Berfungsi menampilkan kotak Create Table berfungsi untuk membuat Table Data
CTRL + N = Berfungsi membuat file excel baru
CTRL + O = Berfungsi membuka file excel kamu
CTRL + P = Menampilkan print tab
CTRL + Q = Menampilkan kotak tab formatting, charts, totals, tables, sparklines
CTRL + R = Berfungsi menggunakan perintah Fill Right untuk menyalin konten dan format sel paling kiri dari rentang yang dipilih ke dalam sel di sebelah kanan.
CTRL + S = Menyimpan file excel
CTRL + T = Berfungsi menampilkan kotak Create Table berfungsi untuk membuat Table Data
CTRL + U = Membuat teks garis bawah (underlined)
CTRL + V = Berfungsi menempelkan (paste) teks yang telah disalin (copy)
CTRL + W = Menutup lembar kerja
CTRL + X = Berfungsi memotong atau memindahkan (cut) tulisan yang diseleksi
CTRL + Y = Mengulang perintah yang dilakukan sebelumnya (redo)
CTRL + Z = Mengembalikkan perintah sebelumnya (undo)
CTRL + MIN (-) = Menampilkan jendela Delete yang berfungsi untuk menghapus baris dan kolom
CTRL + 0 = Berfungsi menyisipkan kolom
CTRL + 9 = Berfungsi menyisipkan baris
CTRL + F1 = Menampilkan atau menyembunyikan ribbon excel

Kombinasi Shortcut CTRL + SHIFT
Shortcut ini merupakan kombinasi antara tombol CTRL + SHIFT dengan tombol lainnya:

CTRL + SHIFT + A = Menyisipkan argument fungsi excel
CTRL + SHIFT + F = Membuka tab Font (format cells)
CTRL + SHIFT + U = Mengecilkan atau memperbesar bilah rumus
CTRL + SHIFT +PLUS (+) = Menampilkan jendela Insert yang berfungsi menyisipkan baris dan kolom
CTRL + SHIFT + 0 = Menampilkan kolom yang tersembunyi
CTRL + SHIFT + 9 = Menampilkan baris yang tersembunyi
CTRL + SHIFT + HOME = Menyeleksi sel hingga ke sel di bagian awal lembar kerja
CTRL + SHIFT + SPACE = Menyeleksi seluruh sel pada lembar kerja dari sel yang dipilih
CTRL + SHIFT + ARROW RIGHT = Menyeleksi baris ke arah kanan dari area yang dipilih
CTRL + SHIFT + ARROW LEFT = Menyeleksi baris ke arah kiri dari area yang dipilih
CTRL + SHIFT + ARROW TOP = Menyeleksi baris ke arah atas dari area yang dipilih
CTRL + SHIFT + ARROW BOTTOM = Menyeleksi baris ke arah bawah dari area yang dipilih
CTRL + SHIFT + TAB = Berpindah ke lembar kerja sebelumnya
CTRL + SHIFT + * = Menyeleksi area dari sel aktif
CTRL + SHIFT + & = Membuat border disekeliling luarnya
CTRL + SHIFT + _ = Menghilangkan/menghapus border
CTRL + SHIFT + @ = Memberikan date (waktu) dengan menampilkan jam dan menit
CTRL + SHIFT + # = Memberikan date (tanggal) dengan menampilkan hari, bulan, tahun
CTRL + SHIFT + ^ = Memberikan format perpangkatan dengan 2 decimal
CTRL + SHIFT + % = Memberikan format presentase tanpa decimal
CTRL + SHIFT + $ = Memberikan format mata uang (currency) dengan 2 decimal
CTRL + SHIFT + ~ = Memberikan format data menjadi general
CTRL + SHIFT + : = Menampilkan tanggal saat ini
CTRL + SHIFT + ! = Memberikan format number dengan 2 decimal
CTRL + SHIFT + F4 = Menampilkan kotak Find and Replace

Shortcut Fungsi
Shortcut ini merupakan shortcut fungsi yang ada pada excel:

F1 = Berfungsi menampilkan panel bantuan excel
F2 = Mengubah atau mengedit cell yang aktif
F3 = Menampilkan kotak dialog tempel nama, hanya tersedia bila nama sudah ditentukan dalam buku kerja
F4 = Mengulangi perintah atau tindakan terakhir, jika memungkinkan
F5 = Menampilkan kotak dialog buka
F6 = Beralih antar lembar kerja, panel tugas, pita dan kontrol Zoom. Pada lembar kerja yang telah dipisahkan, F6 menyertakan panel pemisah ketika beralih antara area pita dan panel.
F7 = Membuka Jendela Spelling/ejaan
F8 = Mengaktifkan atau menonaktfikan mode perluasan
F9 = Berfungsi menghitung lembar kerja dalam semua buku kerja yang dibuka
F10 = Mengaktifkan atau menonaktifkan tombol tips
F11 = Membuat bagan data dari rentang saat ini dalam lembar bagan terpisah
F12 = Menampilkan kota simpan sebagai

Nah, itu dia shortcut microsoft excel beserta fungsinya yang wajib kamu ketahui untuk mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan kamu. Untuk melihat shortcut lainnya kamu dapat baca shortcut microsoft word terdapat shortcut lengkap yang bisa kamu gunakan juga dalam mengoperasikan microsoft word.

Sekian artikel tentang shortcut microsoft excel, jangan lupa bagikan ke sosial media kamu. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Info tips dan tutorial lainnya bisa kunjungi www.coldeja.com

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini