Beranda Struktur Bangunan Download Estimasi Pondasi Tiang Cor di Tempat Format Excel

[Lengkap File DWG] Download Estimasi Pondasi Tiang Cor di Tempat Format Excel

2316
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
pondasi tiang cor ditempat

Pondasi tiang cor di tempat (cast in situ piles) digali dan dibangun dari bahan beton bertulang (RCC) di lokasi secara langsung. Tiang-tiang ini merupakan elemen-elemen kolom dalam pondasi yang berfungsi untuk mentransfer beban penuh dari struktur atas.

Pada artikel ini akan dijelaskan estimasi tiang dan juga bagaimana cara mengestimasi pondasi tiang cor di tempat menggunakan lembar kerja spreadsheet excel.

Definisi Tiang Cor di Tempat

Semua struktur memikul beban pada pondasi, dan pondasi meneruskan beban total struktur pada tanah di bawahnya. Pondasi menghasilkan beberapa struktur seperti tiang dan pondasi tapak. Pondasi tiang berada di bawah tanah. Pondasi tiang memiliki dua jenis berdasarkan metode konstruksinya, yaitu tiang pracetak dan tiang cor di tempat (jenis dari pondasi tiang pancang).

Jenis tiang (pile) ini dibangun dengan membuat lubang bulat ke dalam tanah, memasang bingkai penguatan, dan mengisi beton di tempatnya. Lubang-lubang tersebut dibuat dengan mesin bor, dan kemudian pondasi tiang ini dibuat dengan metode konstruksi di atasnya.

Estimasi Pondasi Tiang Cor di Tempat

bagian pondasi tiang cor di tempat
bagian pondasi tiang cor di tempat

Berikut keterangan dari gambar di atas:

Estimasi untuk Tiang dengan Diameter 24″ dan Panjang Bor dari E.G.L. = 75’6″, Panjang Pengecoran = 70′ (Jangan mencor dari E.G.L. hingga Tingkat Pengecoran Tiang Atas sepanjang 5’6″), tetapi Panjang Besi Tulangan = 69′ (Dikurangi: E.G.L. hingga Tingkat Pengecoran Tiang Atas dan Bawah Penampalan 1 kaki).

semen, pasir, agregat dan besi
semen, pasir, agregat dan besi

Estimasi Pengecoran (Semennya, Pasir & Batunya)

Panjang Pengecoran = 70 kaki Rasio Campuran Beton = 1:1,5:3 atau f’c=3000psi [Tercantum dalam gambar]

Volume Pengecoran:

= (πr^2 x Panjang Pengecoran tiang)

= (3,1416 x 1^2 x 70)

= 220 kaki kubik

Semen: (220 x 1,5)/(1+1,5+3)= 330/5,5 = (60 x 1) = 60 kaki kubik semen [1 karung semen setara dengan 1,25 kaki kubik], jadi 60/1,25 = 48 karung semen.

Pasir: (220 x 1,5)/(1+1,5+3)= 330/5,5 = (60 x 1,5) = 90 kaki kubik pasir.

Batu Split atau Agregat Kasar: (220 x 1,5)/(1+1,5+3)= 330/5,5 = (60 x 3) = 180 kaki kubik batu split.

Catatan: Namun, dalam kenyataannya, biasanya digunakan bahan-bahan yang kurang 5% hingga 20% dari estimasi dalam Pondasi Tiang Cor di Tempat.

Estimasi Besi Tulangan atau Batang Besi

  • Panjang Besi Tulangan = 69 kaki
  • Panjang Spiral = 66 kaki
  • Jarak Antara Stirrup (Pusat ke Pusat) = 6 inci atau 0,5 kaki
  • Penutup Bersih = 3 inci

Besi Utama 16 mm: (Jumlah Besi Tulangan X (Panjang Besi Tulangan + Lapping) x Berat besi per kaki) = (8 x (69 kaki + 2 kaki) x 0,48) = (568 kaki x 0,48) = 273 kg

Besi Spiral 10 mm: [((66 / 0,5) + 1) X ( 2π(12 inci – 3 inci )/ 12)] x 0,188 = (133 X 4,712) x 0,188 = 627 x 0,188 = 118 kg.

Total kebutuhan 273 + 118 = 391 kg.

Download Estimasi Pondasi Tiang Cor di Tempat Format Excel

Dibawah ini saya sediakan file excel dan file autocad (dwg) yang dibutuhkan untuk estimasi pondasi tiang cor di tempat. Silahkan unduh secara gratis, jangan lupa baca tutorial download setelah terbuka halaman baru saat mendownload, berilkut linknya:

Estimasi Tiang Cor di Tempat Format XLS Excel dan DWG

Google Drive DOWNLOAD[716.52KB]
Mediafire DOWNLOAD[716.52KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Estimasi Pondasi Tiang Cor di Tempat Format Excel dan DWG, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar menganalisa dan estimasi pondasi tiang cor di tempat atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini