Beranda Teknologi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text

Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text

504
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
CLI dan GUI ok

Asdar.id – Sistem operasi merupakan salah satu software yang mana merupakan pelengkap dari sebuah hardware. Salah satu hardware yang memiliki sistem operasi yaitu komputer. Banyak macam-macam sistem operasi, mulai dari sistem operasi jaringan hingga sistem operasi komputer. Salah satu yang memiliki banyak manfaat di kelas jaringan yaitu sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan sendiri di bagi menjadi 2 bagian, meliputi sistem operasi berbasis gui (ghrapical user interface) dan sistem operasi berbasis text.

Sistem operasi berbasis gui atau graphical user interface yaitu sistem operasi yang memiliki tampilan tidak hanya berupa text saja, namun sistem operasi ini juga sudah mendukung tampilan gambar, warma, shape, dan lain sebagainya. Namun berbeda dengan sistem operasi berbasis text. Sistem operasi berbasis text hanya memiliki tampilan berupa text saja, dan biasanya memiliki fitur maksimal yaitu warna pada tulisan saja. Maka dari itu perbedaan antara gui dan text sangatlah signifikan. Untuk pengoprasiannya, kedua sistem operasi jaringan ini juga sangat berbeda.

Sistem operasi jaringan berbasis gui lebih mudah di bandingkan dengan sistem operasi jaringan berbasis text. Mengapa demikian? Karena sistem operasi jaringan berbasis gui sudah mendukung tampilan bergambar sehingga sangatlah mudah untuk digunakan oleh para penggunannya, sedangkan sistem operasi jaringan berbasis text hanyalah mendukung text saja yang membuat para penggunaannya menjadi kesulitan dan juga harus extra teliti dalam mengoperasikan sistem jaringan yang satu ini.

Walaupun memiliki perbedaan yang banyak, kedua basis sistem operasi jaringan ini memiliki fungsi yang sama. Berikut ini fungsi sistem operasi jaringan :

  • Menghubungkan dua komputer atau lebih ke sebuah jaringan yang telah dibuat.
  • Berfungsi untuk mengelola sumber saya jaringan yang telah dibuat
  • Menyediakan layanan – layanan tertentu kepada pengguna yang sudah terhubung dalam satu jaringan
  • Membantu dalam hal keamanan jaringan bagi multiple user yang terhubung ke jaringan.
  • Membantu kemudahan dalam menambahkan client dan juga sumber daya lainnya

Masih banyak lagi fungsi yang dapat di peroleh dari sistem operasi jaringan. Banyak juga sistem operasi jaringan yang gratis atau free yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk mengoprasikan jaringan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini