Beranda Teknologi Kelebihan Sistem Operasi Jaringan Berbasis Teks

Kelebihan Sistem Operasi Jaringan Berbasis Teks

843
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
cli ok

Asdar.id – Sistem operasi jaringan adalah sebuah sistem operasi yang khusu untuk menangani jaringan. Sistem operasi jaringan ini terbagi menjadi 2 yaitu berbasis teks atau CLI dan berbasis tampilan atau GUI.

Masing masing dari keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Di sini akan dijelaskan kelebihan dari sistem operasi jaringan berbasis teks dan kekurangan sebagai bonusnya hehehe.

Sebelum melangkah lebih jauh, berikut adalah fungsi sistem opetasi jaringan :

  • Manajemen untuk perangkat keras atau hardware
  • Manajemen untuk folder dan file.
  • Manajemen aplikasi user.
  • Manajemen untuk interaksi user.

Sistem Operasi Jaringan terdiri dari 2 bagian seperti yang sudah dijelaskan tadi. Contoh sistem operasi jaringan berbasis tampilan atau GUI : Linux Redhat, Norell Netware, Windows 2000, Windows Xp, dan lainnya.

Sementara itu, berikut adalah contoh sistem operasi jaringan berbasis Text atau CLI: Linux Debian, Linux Mandrake, MacOS, UNIX, Windows NT, Sun Solaris, Linux Suse dan yang lainnya.

Kelebihan Sistem Operasi Jaringan Berbasis Teks

Kelebihan dari sistem operasi jaringan berbasis text:

  • CLI biasanya digunakan untuk server.

Performa sistem operasi jaringan berbasis CLI lebih baik ketimbang GUI. CLI yang hanya menampilkan teks saja ini lebih stabil. Oleh karena itu dapat dijadikan server contohnya Debian server.

  • CLI tidak mudah diserang oleh virus.

Sistem operasi jaringan ini jarang diserang oleh virus, ketimbang GUI misalnya pada Windows. Kita banyak menemui Windows terserang oleh virus sehingga perlu antivirus.

  • Ukurannya lebih kecil ketimbang GUI.

Operasi sistem yang hanya memuat teks, membuat ukuran lebih kecil dari GUI yang berbasis gambar.

  • Hafal syntax.

Lama kelamaan jika Anda bermain sistem operasi jaringan ini, anda akan terbiasa menghafal syntax syntax dan tentu saja Anda akan hafal syntax tersebut.

  • Bisa menjadi ahli keyboard.

Tidak hanya hafal syntax, lama kelamaan Anda juga akan menguasai keyboard. Anda akan hafal touch touch pada keyboard. Anda akan mahir jika nantinya mengetik sesuatu.

Nah, itulah beberapa kelebihan sistem operasi jaringan berbasis teks atau CLI. Kekurangan sistem operasi akan dijelaskan di artikel berikutnya ya hehe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini