Beranda Struktur Bangunan Standar Pemasangan Pondasi Batu Kali untuk Tahan Gempa

Standar Pemasangan Pondasi Batu Kali untuk Tahan Gempa

828
0
BERBAGI
standar pondasi batu kali
standar pondasi batu kali

Pondasi Batu Kali adalah jenis pondasi yang strukturnya terbuat dari pasangan batu kali yang disusun sedemikian rupa sehingga berdiri kokoh bahkan mampu untuk mendukung beban dinding batu bata rumah (atau Pagar) diatasnya.

Pondasi ini digunakan pada bangunan sederhana yang kondisi tanah aslinya cukup baik. Biasanya kedalaman pondasi ini antara 60 – 80 cm. Dengan lebar tapak lebih kurang sama dengan tingginya.

Pemasangan pondasi rumah memang dilihat tampaknya sederhana, tapi dalam beberapa hal ada persyaratan teknis yang harus dipenuhi agar kekuatan struktur pondasi yang dbuat sesuai dengan persyaratan Standar Nasional Indonesia.

Standar Teknis Pekerjaan Batu Kali (Untuk Rumah Sederhana)

  • Pondasi harus ditempatkan pada tanah keras, desain pondasi disarankan simetris.
    pondasi batu kali simetris
  • Harus dihindarkan penempatan pondasi pada sebagian tanah keras dan sebagian tanah lunak. Kemungkinan akan menyebabkan keretakkan pada pondasi.
    pondasi batu kali retak
  • Sangat disarankan menggunakan pondasi menerus, mengikuti panjang denah bangunan.
    pondasi batu kali menerus
  • Pondasi dibuat menerus pada kedalaman yang sama, pondasi bertangga tidak diperkenankan.
    pondasi batu kali trap

Itulah beberapa standar teknis pekerjaan batu kali untuk rumah sederhana, semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita mengenai bangunan. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial, jika ingin terus mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui alert setiap kali meload situs ini. Sekian dan terimakasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here