Beranda Blog & Website Cara Mengatasi Error 404 Not Found Saat Ganti Domain di WordPress

Cara Mengatasi Error 404 Not Found Saat Ganti Domain di WordPress

250
0
BERBAGI
masalah error 404 not found
masalah error 404 not found

Bagi anda pengguna WordPress terkadang sering mendapati masalah ketika ingin mengganti domain ataupun menambah base folder ke WordPress. Permasalahan yang sering kita hadapi adalah seringnya muncul Error 404 Not Found seperti pada gambar dibawah ini.

error 404 not found

Pengalaman saya sewaktu ingin menambah subfolder/base foler pada domain utama dengan data-data wordpress yang sama, padahal settingan yang lain sudah benar. Awalnya tampilan untuk HomePagenya muncul normal, tetapi ketika saya mengakses salah satu postingan saya alhasil malah error 404 not found yang tampil dilayar.

Entah apa yang menyebabkan munculnya error 404 tersebut saya juga tidak mengetahuinya. Setelah mengutak-atik selama sejam, akhirnya saya menemukan juga solusinya. Ternyata yang menyebabkan error 404 not found tersebut muncul adalah karena kita belum merubah file .htaccess pada root folder wordpress. Ada dua cara untuk menyelesaikan problem tersebut, diantaranya adalah:

  1. Silahkan kalian login admin area masing-masing, kemudian klik menu Settings > Permalinks, kemudian klik Save Changes. Hal ini bertujuan untuk memperbarui/mereferesh setingan permalink pada postingan anda sehingga url postingan akan kembali normal. Coba cek kembali salah satu postingan anda, jika masih muncul error 404 not found, silahkan coba cara yang kedua ini.
  2. Buka folder root di hosting anda, cari file .htaccess dan modifikasi filenya sesuai kode dibawah ini, kemudian klik Save Changes. Untuk kodenya bisa lihat dibawah ini.
# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress 
  • Silahkan edit baris ke-4 “RewriteBase /” jika anda punya root folder baru, misalnya www.situsanda.com/situsku. Baris kodenya akan menjadi “RewriteBase /situsku/“.
  • Edit juga baris ke-8 “RewriteRule . /index.php [L]” menjadi “RewriteRule . /situsku/index.php [L]“.
  • Save filenya. Jika tidak menggunakan base folder, tidak perlu mengedit apa-apa cukup gunakan kode default diatas pada file .htaccess.

Mungkin itu saja postingan singkat ini, cara diatas adalah sesuai pengalaman saya sendiri. Jadi jika anda memiliki masalah seperti diatas, dijamin cara ini akan work 100%. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini atau berlangganan untuk terus mengikuti perbaruan konten situs ini, sekian dan terimakasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here