Beranda Struktur Bangunan Tahap dan Proses Membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak

Tahap dan Proses Membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak

639
0
BERBAGI
Pondasi cakar ayam modifikasi

Tahap dan Proses Membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak

Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak sebagian dikerjakan oleh tukang yaitu kerangka bagian bawah yang bentuknya segi empat, kemudian tukang mengerjakan untuk stek kolom tiang. Stek kolom tiang yang dimaksud adalah sebuah kerangka besi untuk tiang kolom cor beton yang panjangnya hanya sekitar 150 cm atau jika pondasi tapak sudah di cor dan dipasang pondasi batu belah diatasnya, jarak sisa besi stek dari permukaan pondasi batu belah harus minimal 60 cm. Kegunaan besi stek kolom adalah jika pembangunan rumahnya dilakukan secara bertahap artinya berkelanjutan seperti rumah tumbuh.

Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak atau sering juga disebut oleh orang awam atau para tukang sebagai kerangka pondasi cakar ayam sebenarnya bisa dibuatkan oleh tukang secara penuh, namun otomatis biayanya bertambah atau dengan membeli yang sudah jadi di toko bangunan juga ada.

Jika anda ingin membangun rumah secara bertahap dapat mengikuti langkah berikut, ketika anda sudah mempunyai rencana yang matang, budget yang cukup dan gambar kerja. Untuk dapat melakukan hal ini kita selalu berpatokan pada desain gambar yang sudah dibuat sebelumnya.

gambar detail pondasi cakar ayam atau pondasi tapak

Dari gambar detail pondasi cakar ayam yang telah dibuat, dibutuhkan 16 buah kerangka pondasi tapak dengan 2 model dan ukuran yang berbeda guna menopang bangunan 2 lantai. Luas bangunan lantai dasar 125,5 m2 dan lantai 2 seluas 118 m2 jadi total luas ruangan yang akan dibuat menjadi 243,5 m2. Untuk 8 kerangka besi pondasi yang letaknya didalam bangunan berukuran 100cm x 100cm dan 8 titik sisanya terpasang berbatasan dengan tanah kavlingan orang lain berukuran 75cm x 75cm.

Tahapan Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak yang dilakukan berdasarkan gambar kerja, yang pertama adalah membeli besi sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Waktu itu akan membeli 35 batang besi dengan diameter 10 mm untuk membuat kerangka bagian bawah dan langsung dikirim ketempat tukangnya.

Untuk pembuatan tulangan besi stek kolom yang dibuat, dibeli secara bertahap pertama besi untuk cincin atau sengkang. Besi berdiameter 6 mm dipotong-potong sesuai ukuran kolom yang akan dibuat, kemudian baru dibentuk segi empat sesuai dengan ukurannya. Setelah besi cincin cukup baru kemudian membeli besi diameter 10 mm serta kawat beton dan merangkainya.

Dengan gambar kerja yang ada proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak dapat kita hitung dan perkirakan kebutuhan materialnya, karena bentuk dan ukurannya jelas. Hanya kebutuhan kawat beton saja yang tidak dapat dihitung karena dalam satu gulung atau satu kg kawat beton belum di tahu berapa panjangnya.

Selain gambar kerja sebagai panduan Tahap dan Proses Membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak kita juga harus menyiapkan peralatanya, seperti kunci besi 10 mm dan 6 mm, meteran, tang gegep, sarung tangan, palu dan bantalan kayu untuk membuat cetakan besi cincin atau besi sengkang.

proses membuat kerangka besi pondasi tapak

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam Tahap dan Proses Membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak, belum dapat diketahui karena memang cukup lama rentang waktu setelah selesai dibuat sampai terpasang. Setelah selesai antara kerangka bagian bawah dan stek kolomnya ditumpuk dan ditutup terpal sampai menjelang penutupnya hancur dimakan cuaca baru terkumpul biaya untuk memasangnya.

Jika anda sudah mempunyai rencana membangun rumah 2 lantai, sebaiknya anda mulai mengumpulkan material dan perlahan-lahan membuat serta mengerjakanya atau anda dapat menabung guna membeli kerangka pondasi tapak yang siap dipasang atau sudah pabrikan, semua itu disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Semoga artikel tentang Tahap dan Proses membuat Kerangka Besi Pondasi Tapak ini bermanfaat untuk anda dan bisa dijadikan referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here