Beranda Tips Rumah Tips Mendesain Rumah Untuk Meningkatkan Kualitas Rumah Tinggal Yang Nyaman Dan Sehat

Tips Mendesain Rumah Untuk Meningkatkan Kualitas Rumah Tinggal Yang Nyaman Dan Sehat

290
1
BERBAGI
tips cara membangun rumah sehat

Rumah yang sehat adalah rumah yang sederhana dan praktis, tahan lama dan hemat energi sehingga menjadikan hidup lebih terjamin, layak dan mampu menghemat biaya hidup. Membuat rumah anda layak dengan lingkungannya yang baik, tidak seharusnya membutuhkan biaya yang banyak. Pada kenyataannya, ada banyak cara untuk memperbaiki rumah dan kualitas hidup yang dapat menghemat uang, sekaligus memanfaatkan sumber-sumber daya alam yang tersedia untuk keluarga anda, misalnya: penggunaan pupuk untuk tanaman buah-buahan, air untuk sayur-sayuran, atau pakan untuk ternak.

Dengan merancang, merenovasi rumah dengan menggunakan prinsip Permakultur, bahan-bahan bangunan yang berkelanjutan dan energi dengan teknologi tepat guna, tentunya kualitas kehidupan penghuninya juga dapat ditingkatkan dan biaya hidup dapat lebih ditekan dan terkendali.

Pengertian Permakultur (berasal dari kata “permanent” dan “agriculture”) adalah melestarikan, mendukung dan bekerjasama dengan budaya dan lingkungan setempat, dan tumbuh bersama dalam waktu yang bersamaan. Bekerja dengan alam dan manusia serta belajar dari mereka, bukannya melawan atau bersaing dengan mereka.

Permakultur membantu kita untuk memahami dan menciptakan integrasi yang harmonis antara alam dan manusia dengan cara-cara yang berkelanjutan. Permakultur bisa diterapkan baik untuk daerah perkotaan maupun daerah pedesaan, serta untuk segala bentuk dan ukuran apapun. Permakultur juga menerapkan praktik-praktik tradisional dalam pengelolaan alam yang diintegrasikan dengan teknologi modern yang sesuai.

Ini merupakan cara yang holistik (pemikiran bahwa pada dasarnya seorang individu dapat menemukan identitas, makna dan tujuan hidup melalui hubungannya dengan masyarakat, lingkungan alam, dan nilai-nilai spiritual), baik hati, ramah lingkungan, dalam kegiatan men-desain dan membangun lingkungan hidup, serta membantu meningkatkan taraf hidup manusia seperti: perumahan, kesehatan, persediaan air, penanggulangan sampah, pertanian, akuakultur, energi, sungai, hutan, ternak, dan lain-lain.

Tips untuk meningkatan kualitas rumah tinggal:

  • Buatlah teralis dan tanam-tanaman merambat pada teralis di sekitar bagian luar rumah. (bisa dilakukan pada dinding dan atau pagar serta ruangan kosong di halaman) Menyejukkan rumah dan menghasilkan makanan.
  • Menanam pohon peneduh produktif. Menyediakan naungan dan menyejukkan udara sekitar rumah.
  • Buatlah pergola di sekitar rumah (disesuaikan dengan kondisi sekitar). Menyediakan teralis tanaman merambat dan menyejukkan bagian luar rumah.
  • Menempatkan toilet dan tempat mencuci, diluar dan menyesuaikan arah angin. Mencegah bau dan kotoran.
  • Membuat ventilasi dan aliran udara dalam rumah yang baik. (udara panas naik dan mengalir keluar lewat ventilasi atas dan udara sejuk masuk lewat bawah) Menjaga rumah tetap sejuk tanpa keluar biaya.
  • Air limbah dialirkan ke tempat penyaringan yang produktif. Membersihkan air limbah dan mengalirkannya ke tanaman yang produktif.
  • Penyekat suhu dan suara. Menyesuaikan suhu dan mengurangi polusi suara.
  • Penempatan jendela untuk mendapatkan sinar dan atau cahaya matahari. Menambah cahaya di dalam rumah, mengurangi gangguan mata (cahaya matahari adalah terang yang berasal dari sinar matahari, diusahakan memperbanyak cahaya matahari dan seminimal mungkin mengurangi sinar matahari yang masuk secara langsung).
  • Pencegahan nyamuk untuk di kamar tidur, jika memungkinkan di seluruh rumah. Mengurangi risiko penyakit yang menular melalui nyamuk.
  • Pohon penahan angin yang sesuai di sekitar rumah atau pedesaan. Mengurangi angin dan meningkatkan kenyamanan, mengurangi potensi kerusakan akibat angin.
  • Kolam ikan dekat rumah. Menyediakan makanan, menyesuaikan suhu dan sebagai tempat untuk menampung air tergenang.

Demikian artikel kali ini, apabila ada ide dan kreasi lain silahkan dituangkan pada kolom komentar. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here