Beranda Tips & Trik Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Mengisi Pada Meteran Listrik

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Mengisi Pada Meteran Listrik

114
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
token listrik gagal di isi
token listrik gagal di isi

Halo teman-teman pengunjung setia blog ini, apa kabar hari ini? Tentu semua dalam keadaan sehat, Kali ini admin mau membagikan pengalaman mimin mengenai cara mengatasi token listrik gagal mengisi pada meteran listrik. Dari pada berlama-lama langsung saja kita ke pembahasannya.

Menurut Wikipedia, Meteran listrik adalah alat untuk mengukur pemakaian listrik oleh konsumen perumahan domestik, tempat usaha, gedung pemerintahan, dan lain-lain. Berbicara meteran listrik tentu semua orang sudah memilikinya, namun akan ada berbagai macam masalah yang dihadapi entah itu kerusakan maupun terjadinya error pada meteran listrik.

Masalah yang sering ditemui oleh banyak orang adalah terjadinya kegagalan saat mengisi token listrik yang dibeli. Padahal token tersebut baru saja dibeli dan belum pernah digunakan. Tentu ini akan membuat kita kebingungan, apalagi orang yang gaptek sama sekali mengenai kelistrikan.

Kasus ini baru saja terjadi pada mimin saat pulang dari membeli token listrik seharga 53rb di konter yang lumayan jauh. Saat hendak menginput 20 digit nomor dan menekan enter, tertulis pada layar meteran “Gagal“. Miminpun mencobanya sampai 6x tetapi tetap saja tertulis Gagal. Istri sayapun menyuruh untuk balik ke konter tempat membeli token tadi, terpaksa saya harus balik kembali.

Setibanya disana petugas konternya bilang nomor tokennya sudah benar dan tidak ada kesalahan. Diapun menyuruh saya untuk memeriksa meteran listrik kemungkinan ada kerusakan. Sayapun balik lagi kerumah dan mencoba mengisi lagi sampai 3x dan hasilnya tetap gagal. Untungnya saya sempat browsing di internet dan menemukan solusinya, alhamdulillah saat ini meteran saya sudah normal dan dapat mengisi token kembali.

Untuk solusi terhadap masalah ini, saya akan tulis dalam beberapa point berurutan. Mari simak penjelasannya dibawah ini agar tidak gagal paham.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Mengisi Pada Meteran Listrik

Mohon untuk mengikuti arahan ini dengan berurutan tanpa dilewati tahap-tahapnya. Cara ini saya bagi menjadi tahap 1 dan tahap 2.

Tahap 1

  1. Cobalah untuk merestart meteran listrik anda dengan menekan angka 0 (nol) sebanyak 2x lalu tekan enter. Contoh “00” lalu Enter.
  2. Setelah restart, cobalah isi kembali token yang telah anda beli. Jika tertulis “Benar” pada meteran, maka masalahnya adalah meteran yang perlu direstart. Jika masih tertulis Gagal, coba solusi Tahap 2 dibawah ini.

Tahap 2

  1. Siapkan pulsa 5rb untuk menelpon CS PLN pusat. Daftar dulu paket nelpon rumah agar pulsa kalian tidak habis, karena biaya menelpon call center PLN ini cukup mahal. Untuk pengguna telkomsel bisa call melalui *100# lalu cari paket nelpon rumah.
  2. Hubungi Call Center PLN melalui 0401-123 (0401 merupakan kode area kota kendari, silahkan sesuaikan dengan kode area anda) lalu ikuti petunjuk dari Operatornya. Langsung pilih berbicara dengan Costumer Service PLN. Tunggu beberapa saat anda akan tersambung.
  3. Sampaikan keluhan anda terkait masalah yang anda alami, CS akan meminta beberapa data kepada anda seperti no. meteran, alamat tempat tinggal, no. telpon (usahakan no. WhatsApp Anda) dan lain sebagainya.
  4. Setelah semua selesai, anda akan diberikan nomor transaksi dari CS sebagai bukti sudah menghubungi call center PLN.
  5. Anda hanya perlu menunggu saja, PLN pusat akan menghubungi petugas di kantor PLN daerah anda. Biasanya anda akan dihubungi petugas terdekat melalui WhatsApp seperti mimin.
  6. Petugas akan menanyakan no. transaksi untuk memastikan orang yang bersangkutan. Setelah itu, anda akan dikirimkan seperti nomor token yang berjumlah 80 angka. Contoh:
    • KCT 1A : 5681-0054-4699-1830-6589
    • KCT 1B : 9986-4965-2656-2235-0015
    • KCT 2A : 7855-6511-2065-4975-5562
    • KCT 2B : 8752-1443-6595-4889-7950
  7. Masukan nomor KCT tersebut seperti mengisi token pada biasanya. Masukan KCT 1A lalu enter, masukan KCT 1B lalu enter, dan seterusnya. Cek apakah diantara nomor KCT tersebut ada yang tertulis “Benar“. Jika ada, silahkan isi nomor token yang sudah anda beli tadi.
  8. Seharusnya pada tahap ini meteran listrik anda sudah kembali normal dan nomor token yang dibeli tadi akan berhasil di isi. Karena miminpun sendiri sudah mempraktekkannya dan berhasil.

Nah, itulah tadi beberapa solusi yang bisa mimin berikan mengenai cara mengatasi token listrik gagal mengisi pada meteran listrik. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang teman-teman alami. Jika kalian suka dan terbantu dengan artikel ini, support admin melalu laman donasi yang disematkan di atas artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini