Beranda Konstruksi Bangunan Jenis Jenis Baja Ringan Terbaik untuk Konstruksi Rumah

Jenis Jenis Baja Ringan Terbaik untuk Konstruksi Rumah

BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Jenis Baja Ringan
Jenis Baja Ringan

Apakah Anda mau membangun rumah? Ingin memakai bahan yang awet dan tahan lama? Mungkin wajib sekali memakai aneka jenis baja ringan dalam konstruksi bangunan Anda. Perlu diketahui ada beberapa jenis dari baja ringan ini, selain itu ada juga berbagai merk yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Sebelum kita mengetahui jenisnya, maka kita akan membahas terlebih dahulu apa itu baja ringan. Selain itu ada juga pembahasan mengenai fungsi baja ringan beserta merk dan berat jenis baja ringan. Baru setelah itu kita akan membahas mengenai jenisnya. Lalu sebenarnya mana jenis yang terbaik?

Mengenal Baja Ringan

Baja ringan adalah suatu baja yang punya sifat ringan dan tipis akan tetapi dilengkapi dengan kekuatan serta kekokohan yang baik. Hal inilah yang kemudian membuat baja ringan dianggap sebagai baja dengan kualitas tinggi. Baja dengan karakteristik seperti ini bagus dipakai buat bangunan.

Sekarang jenis dan ukuran baja ringan yang ada dipasaran sebenarnya ada banyak sekali. Misalnya saja seperti hollow atau holo, baja ringan c75, galvalum dan sebagainya. Berbagai jenis dan ukuran ini tentu saja mudah untuk ditemukan karena banyak yang menjualnya dipasaran.

Perlu Anda ketahui kalau saat ini ada banyak jasa konstruksi yang memiliki baja ringan dengan kualitas bagus tapi harganya miring. Inilah yang bisa kita manfaatka untuk dipakai karena kita bisa mengeluarkan budget yang sedikit mungkin akan tetapi kualitas bahan materialnya tetap bagus.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jasa konstruksi yang tepat. Anda harus selalu teliti dan pahan tentang mana baja ringan dengan kualitas terbaik. Agar bisa memilih yang terbaik, maka Anda perlu mengetahui jenis yang akan membedakan fungsi baja ringan ini.

Kita bisa mengambil contoh disini dalam pemilihan baja ringan buat peletakan atap, disini kita wajib menggunakan baja ringan yang punya gaya tarik rendah sehingga gampang dibuat kerangka. Selain itu kalau mau memaai baja ringan buat kaki utamanya, maka perlu baja ringan dengan gaya tarik lebih tinggi.

Baja Ringan dan Fungsinya

Jenis Baja Ringan
Jenis Baja Ringan

Jenis genteng untuk atap baja ringan itu seperti kita ketahui punya fungsi yang sangat banyak sekali. Misalnya saja untuk tiang, kencana, konstruksi, kuda kuda, kusen, partisi, pintu, rak, rangka atap, rangka plafon, struktur baja ringan, rangka baja ringan, atap rumah, baut baja ringan, besi baja ringan, skrup baja ringan, penutup atap baja ringan, paku baja ringan, tiang baja ringan, dan banyak lagi fungsi lain.

Perlu diingat kalau baja ringan juga termasuk kedalam bahan material logam, sehingga memiliki kemungkinan berkarat. Supaya kekuatannya bisa lebih tahan lama, maka Anda perlu menggunakan cat untuk baja ringan.

Jenis Baja Ringan

Kita telah mengenai lebih jauh tentang baja ringan dalam pembahasan diatas. Selajutnya saya akan memberikan pembahasan tentang jenis, bentuk dan modelnya, berikut beberapa diantaranya :

  • Kaso Metal Baja Ringan (TRUS)

Pertama ada kaso. Kaso ini terbuat dari bahan plat baja yang memiliki gaya tarik tinggi(G550). Kaso ini dilengkapi dengan bahan seng dan aluminium. Akan tetapi ada juga beberapa jenis yang ternyata menggunakan lapisan berbagai galvanis.

Untuk tinggi profil C dari baja ringan ini adalah 75 cm dengan panjang 6 cm. Ketebalannya sendiri mulai dari ukuran 0.60 mm – 1 mm. Umumnya baja ringan pertama ini dipakai buat rangka atap baja ringan, sering juga dipakai buat kuda-kuda utama.

  • Reng

Baja ringan reng ini memiliki bentuk trapesium dan sering dipakai buat peletakan atap. Ukuran ketebalan yang dimiliki adalah 0.45 mm. Sementara itu ketinggiannya 28 mm – 40 mm. Biasa juga sebenarnya digunakan sebagai jenis baja ringan untuk plafon atau jenis baja ringan untuk kanopi.

Ukuran Baja Ringan

Pada umumnya untuk dimensi sampai ketebalannya adalah 0.75 mm – 1.00 mm. Ini kalau kita melihat pada batang utama konstruksi. Sementara itu kalau pada reng, maka ketebalannya 0.40 mm – 0.60 mm. Untuk tinggi prodilnya sendiri variatif, ada yang 70 mm – 100mm, ada juga pada batten 31 mm – 60 mm.

Daftar Merk Baja Ringan

Jenisnya memang ada dua seperti diatas, dan setiap jenis diatas ada beberapa perusahaan yang berhasil memproduksi dan mendistribusikan kepasaran. Berikut ini beberapa rekomendasi merk beserta update harga jenis baja ringan terbaru saat ini :

  • Baja Ringan Merk Taso

Baja Ringan Merk Taso
Baja Ringan Merk Taso

Jenis baja ringan taso yang bagus merupakan jenis yang paling populer saat ini. Jenis ini sering dipakai dalam bangunan buat atap ataupaun yang lainnya. Baja ringan dari TASO memiliki beberapa tipe yang banyak dipakai seperti Reng 32.45 SNI, Truss C.75 SNI, Truss C.80 SNI, dan Truss C.100 SNI.

  • Baja Ringan Merk Alfa Prima

Jenis jenis baja ringan murah selanjutnya adalah Alfa Prima. Jenis baja ringan ini juga masuk kedalam baja ringan yang memiliki standar SNI. Umumnya baja ringan merk ini telah banyak dpkaia dalam pembuatan kuda-kuda untuk rangka atap dalam suatu bangunan yang sedang dibuat.

Karena sudah cukup berpengalaman, maka merk Alfa Prima ini telah punya banyak tipe baja ringan. Beberapa tipe baja ringan yang cukup laris dari Alfa Prima adalah Reng 30.45 SNI, Reng 31.45 SNI, Truss C.65 SNI sampai dengan Truss C.100 SNI. Semua tipe ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Baja Ringan Merk Cilegon Steel

Baja Ringan Merk Cilegon Steel
Baja Ringan Merk Cilegon Steel

Cilegon Steel seperti namanya memang diproduksi di daerah Cilegon. Baja ringan ini punya ukuran ketebalan mulai dari 1 mm – 1.6 mm dengan panjang 6 – 7 m. Karena memiliki tingkat ketahanan yang baik, maka kalau melihat jenis baja ringan dan harganya akan sebanding. Jadi tidak akan menyesal menggunakannya.

  • Baja Ringan Merk Andal Prima Truss

Baja Ringan Andal Prima Truss memiliki baja ringan dengan panjang mulai dari 6 m, lebar 7.5 cm serta tinggi 3.5 cm. Sementara itu untuk ketebalan dari baja ringan yang terbuat dari galvalum ini sebesar 0.75 mm. Pemilihan jenis baja ringan dan harganya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Baja Ringan Merk BMT

Jenis baja ringan terbaik yang tidak panas terakhir adalah BMT. Jenis yang satu ini masuk kedalam baja ringan yang berstandar SNI. Tipe yang bisa dipilih ada banyak, misalnya seperti Reng 28.45 SNI, Truss C.60 SNI, Truss C.70 SNI, sampai dengan Truss C.100 SNI. Masih ada juga beberapa tipe lain yang bisa dipilih.

Itulah pembahasan yang dapat saya lakukan tentang pengenalan jenis, kegunaan serta merk baja ringan. Sebelum melakukan pemasangan, maka ada baiknya melakukan perhitungan cara menghitung berat jenis baja ringan untuk mengetahui kebutuhan ketebalan dan banyaknya baja ringan yang diperlukan.

Selain itu Anda juga bisa memperhitungkan tabel berat jenis baja ringan supaya mengetahui mana jenis yang paling tepat untuk dipakai. Kalau pemilihan baja ringan yang Anda lakukan tepat, maka hasil rumah atau bangunan yang akan dibangun akan sukses. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini