Beranda Unik & Aneh 10 Kota Bawah Tanah Paling Indah di Dunia

10 Kota Bawah Tanah Paling Indah di Dunia

181
0
BERBAGI
kota bawah tanah
kota bawah tanah di dunia

Halo pembaca setia darsitek dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Tentu sehat bukan? Kali ini darsitek akan menulis artikel menarik tentang 10 Kota Bawah Tanah Paling Indah di Dunia. Biasanya kota dibawah tanah akan dihubungkan dengan kisah tentang kurcaci yang tinggal di gua-gua didalam gunung. Di dunia nyata, kota bawah tanah itu bukanlah sekedar dongeng belaka. Ternyata kota dibawah tanah pernah benar-benar ada, meskipun beberapa diantaranya sekarang sudah tidak ditinggali dan beberapa diantaranya digunakan sebagai tempat wisata. Berikut ini 10 kota dibawah tanah yang ada di dunia.

10 Kota Bawah Tanah Paling Indah di Dunia

Reso di Kanada (Montreal, Quebec, Kanada)

Reso di Kanada

Lebih dari seperempat juta orang menggunakan kota bawah tanah Montreal. Kota bawah tanah montreal ini dikenal dengan nama Jaringan Reso. Kawasan ini adalah tempat berkumpulnya toko-toko, restoran, hotel, galeri, dan masih banyak lagi layanan lainnya yang semuanya menempati ruang bawah tanah. Pusat perbelanjaan bawah tanah ini memberi keuntungan bagi para penduduk Montreal dan pengunjung lainnya berupa kenyamanan dari cuaca dingin yang membeku saat musim dingin tiba. Reso Montreal terdiri dari 32 km terowongan yang terbesar di 10 km2 dari pusat kota.

Tambang Garam (Weiliczka)

Tambang Garam Weiliczka

Tambang garam Weiliczka terletak di selatan Polandia. Awalnya tambang ini dibuka pada abad ke-13 dan terus beroperasi hingga tahun 2007 sebagai tambang garam tertua di dunia. Hebatnya lagi meskipun sebenarnya tempat ini adalah tambang dibawah tanah, namun didalamnya juga ditata sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah kota. Tambang sepanjang 300 km ini berisi banyak ruangan-ruangan yang tertata rapi bahkan didalamnya juga terdapat banyak ukiran patung termasuk Kapel dan bahkan katedral. Untuk tempat berkumpul dan sosialisasi, kota dibawah tanah juga ini memiliki kedai minuman serta danau dibawah tanah.

Coober Pedy

Coober Pedy

Coober Pedy adalah kota yang terletak dibagian utara Australia Selatan. Kota bawah tanah ini masih ada dan merupakan rumah dari 1600 penduduk. Kota ini menghasilkan oval yang lebih banyak dari tempat lain di dunia. Sejak oval pertama kali ditemukan pertama kali pada tahun 1915 di Cooper Pedy, kota ini semakin ramai oleh para penambang. Kota bawah tanah ini terdiri dari rumah-rumah yang disebut “dugouts” untuk mengatasi suhu panas di Australia. Selain rumah penduduk, kota ini juga memiliki toko dan bar dibawah tanah, serta gereja dan bahkan pemakaman.

Kota Bawah Tanah (Beijing)

Kota Bawah Tanah Beijing

Tahun 1969, Mao Zedong memerintahkan pembangunan tempat perlindungan darurat untuk pemerintah sosialis yang terletak dibawah kota Beijing. Kota besar ini dibangun pada masa perang perbatasan Sino-Soviet dengan tujuan utama sebagai pertahanan militer. Tempat ini juga dilengkapi dengan seribu tempat perlindungan dari serangan udara dan bisa menampung 40% dari populasi Beijing jika terjadi serangan.

Matmata

Matmata

Di selatan Tunisia terdapat sebuah kota bawah tanah yang disebut dengan Matmata, kota ini berbentuk gua-gua yang digali dan digunakan sebagai ruangan. Dulunya rumah bawah tanah ini digunakan untuk melindungi penduduk dari panas matahari yang begitu menyengat. Kota ini tidak diketahui keberadaannya sampai tahun 1967. Tapi kini kota ini mendapatkan kepopuleran lagi karena penduduknya tinggal disini, bahkan Hotel Sidi Driss di Matmata digunakan sebagai lokasi syuting Star Wars.

Loading...

Burlington (Inggris)

Burlington Inggris

Kota Burlington terletak di Inggris dibawah tanah sebuah pedesaan Inggris. Fasilitas ini dibangun sekitar tahun 1950 untuk perlindungan pemerintah Inggris jika terjadi perang nuklir. Burlington dibangun di tambang batu tua dan bisa menampung sekitar 4000 pegawai pemerintah. Kota ini memiliki jalan raya sepanjang 95 km, sebuah stasion kereta, rumah sakit, dan danau bawah tanah. Kota ini juga memiliki studio BBC agar Perdana Menteri bisa mengumumkan berita penting.

Derinkuyu (Turki)

Derinkuyu Turki

Di Turki terdapat sebuah kota dibawah tanah yang disebut Derinkuyu. Kota ini bertingkat tujuh didalam tanah dan kabarnya mampu menampung hingga ribuan orang. Didalam Derinkuyu terdapat toko, gereja, sekolah, serta tempat penduduk untuk membuat minuman anggur. Kota bawah tanah yang dibangun pada sekitar abad ke-7 dan 8 sebelum masehi ini kabarnya dibuat sebagai tempat persembunyian bagi umat kristiani. Mereka menghindari kejaran kekaisaran romawi yang berusaha menghabisi mereka.

Underground Atlanta (Georgia, Amerika Serikat)

Underground Atlanta

Underground Atlanta dibuka pada tahun 1969 dan dikenal sebagai kota dibawah jalan raya. Kota bawah tanah ini berisi pusat perbelanjaan dan hiburan dikawasan pusat kota Atlanta Five Points. Komplek meliputi 6 blok kota dan termasuk didalamnya terdapat pusat belanja, makan, dan hiburan. Selain belanja dan makan, pengunjung Underground Atlanta dapat mencoba tur dimana mereka akan diberikan petunjuk arah yang mengarah ketempat-tempat bersejarah yang berbeda. Tur jalan kaki ini akan dipandu selama 50 menit untuk berkeliling melihat sebelas situs bersejarah dibawah tanah.

Setenil De Las (Bodegas)

Setenil De Las Bodegas

Tempat yang satu ini lain dari kota-kota bawah tanah lainnya, sebab kota ini tidak benar-benar berada dibawah tanah melainkan dibawah batu. Setenil De Las Bodegas sebuah kota kecil di Spanyol dengan penduduk sekitar 3000. Berbagai bangunan berada dibawah batu-batu sehingga membuat suasana unik seperti berada didalam gua. Ini merupakan kota kecil Pueblo yang terletak 157 km timur laut dari Cadiz. Bangunan disini dibangun didalam dinding batu sehingga terlihat sangat unik.

City of Caves (Nottingham, Inggris)

City of Caves Nottingham

Kota Nottingham Inggris memiliki sesuatu yang unik yaitu pusat perbelanjaan yang memiliki akses menuju City of Caves yang merupakan kota bawah tanah yang sudan ditinggali sejak berabad-abad lalu. Pada zaman dahulu kota bawah tanah City of Caves merupakan tempat perlindungan dari serangan bom. Kota bawah tanah tersebut mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Untuk masuk ke lokasi City of Caves, pengunjung juga harus membayar tiket.

Nah, itulah tadi beberapa Kota Bawah Tanah Paling Indah di Dunia, kira-kira menurut kalian mana nih kota bawah tanah yang paling indah. Kasih tau kita ya dikolom komentar. Sekian dari darsitek dan jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE atau bisa subscribe/langganan halaman darsitek di facebook untuk terus mengikuti perbaruan situs ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here