Beranda Blog & Website Apa Itu ads.txt? Begini Fungsi dan Cara Kerjanya di Google Adsense

Apa Itu ads.txt? Begini Fungsi dan Cara Kerjanya di Google Adsense

150
0
BERBAGI
apa itu ads txt pada google adsense
apa itu ads txt pada google adsense

Halo sobat darsitek dimanapun kalian berada, mudah-mudahan kalian sehat selalu yah. Kali ini darsitek kembali ke pembahasan tentang adsense. Yup, siapa yang tidak tau dengan Adsense, salah satu program Publishing dari Google dan merupakan media periklanan terbesar didunia. Selain media untuk mengiklankan produk orang/perusahaan dari diseluruh dunia, Adsense juga memberikan peluang bagi para blogger untuk mengumpulkan pundi-pundi dollar di internet. Tak jarang banyak blogger yang sukses meraup puluhan hingga ratusan juta rupiah dalam jangka waktu sebulan.

Berbicara tentang Publisher, Adsense menerapkan salah satu program untuk menyantumkan penjual resmi yang beriklan di Google yang bernama ads.txt. Nah, pasti kalian penasaran apakah ads.txt itu, mari simak pembahasannya dibawah ini.

Apa Itu ads.txt

Authorized Digital Seller atau Ads.txt merupakan inisiatif IAB untuk menyempurnakan transparansi pada iklan terprogram. Kita (para blogger) sebagai penayang/ publisher dapat membuat ads.txt sendiri untuk mengidentifikasi penjual yang diizinkan menjual layanan atau jasanya (inventarisnya). File ini tersedia secara publik dan dapat di-crawl oleh pembeli, bursa, dan vendor pihak ketiga.

Fungsi dan Cara Kerja ads.txt

Penggunaan ads.txt tidak bersifat wajib, namun sangat disarankan. File ads.txt berfungsi untuk membantu Anda melindungi merek dari inventaris palsu, yang sengaja diberi label yang salah sebagai berasal dari domain, aplikasi, atau video tertentu. Mendeklarasikan penjual resmi dapat membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang mungkin mengarah ke inventaris palsu.

Cara kerja dari ads.txt ini cukup sederhana, kita hanya perlu memasang diroot domain kita masing-masing. Setelah ads.txt terpasang, ads.txt akan bekerja dengan membuat catatan penjual digital resmi yang dapat diakses publik untuk inventaris penayang yang dapat diindeks oleh pembeli programatik agar dapat melakukan indeks dan referensi jika mereka ingin membeli inventaris dari penjual yang berwenang.

Pertama, penerbit/publisher yang berpartisipasi harus mengirimkan daftar penjual resmi ke domain mereka. Pembeli terprogram kemudian dapat merayapi web untuk file iklan ads.txt penerbit dan membuat daftar penjual resmi untuk setiap penerbit yang berpartisipasi.

Kemudian pembeli program dapat membuat filter agar sesuai dengan daftar ads.txt mereka terhadap data yang diberikan dalam permintaan penawaran OpenRTB.

Penerbit menjatuhkan file teks di server web mereka yang mencantumkan semua perusahaan yang diberi wewenang untuk menjual inventaris penerbit. Demikian pula, platform program juga mengintegrasikan file ads.txt untuk mengonfirmasi inventaris penayang mana yang berhak mereka jual. Ini memungkinkan pembeli memeriksa keabsahan inventaris yang mereka beli.

Loading...

Contoh: Example.com menerbitkan ads.txt di server web mereka yang mencantumkan tiga bursa yang berwenang menjual inventaris mereka, termasuk ID akun penjual Example.com di masing-masing bursa tersebut.

http://example.com/ads.txt:
# <SSP / Exchange Domain>, <SellerAccountID>, <PaymentsType>, <TAGID>
greenadexchange.com, 12345, DIRECT, AEC242
blueadexchange.com, 4536, LANGSUNG
silverssp.com, 9675, RESELLER

Catatan: Penerbit Penjual.ID akan ditentukan di bidang “PenjualAccountID” di ads.txt.
Pembeli yang menerima permintaan tawaran mengklaim sebagai example.com dapat memverifikasi apakah pertukaran dan SellerAc.

cara kerja ads txt

Kesimpulan

Ads.txt atau Authorized Digital Sellers merupakan konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Artinya bahwa kita memberikan izin pada pihak tertentu seperti Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga dapat mencegah invalid activity.

Sumber referensi:

Sekian artikel kali ini mengenai ads.txt, mudah-mudahan kita bisa mengerti dan memahami penggunaannya. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media dan jika ingin terus mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat pertama kali mengakses situs ini. Sekian dan semoga bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here