Beranda Blog & Website Cara Membuat Gmail Terbaru di Hp dan Komputer

Cara Membuat Gmail Terbaru di Hp dan Komputer

80
0
BERBAGI

Halo sobat blogger dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Kali ini Asdar Id akan menulis artikel yang mungkin cukup berguna untuk kalian khususnya bagi yang pertama mengenal internet. Judul postingan kali ini Asdar Id akan membahas mengenai cara membuat gmail terbaru di hp dan komputer.

Siapa sih yang tidak punya email, dijaman teknologi saat ini penggunaan email sangat penting bahkan dibeberapa negara masing-masing orang sudah diwajibkan mempunyai email. Gmail adalah penyedia email gratis yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Anda dapat mendaftar ke layanan produk Google lainnya jika sudah membuat akun Gmail.

Dulunya, Gmail hanya tersedia melalui undangan. Namun sekarang anda sudah bisa mendaftar dan membuat akun Gmail kapanpun dan di manapun anda berada. Saat Gmail pertama kali diperkenalkan, perkembangannya terbatas hanya dengan mengizinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka membuat akun Gmail. Hal ini terjadi agar Gmail dapat mempertahankan reputasinya yang elit serta membatasi pertumbuhan. Sistem undangan terbatas secara resmi berakhir pada 14 Februari 2007. Seketika Gmail menjadi salah satu layanan email terpopuler hingga saat ini yang menyaingi saingannya Yahoo!.

Sebelum anda mengetahui bagaimana membuat Gmail terbaru di hp dan komputer, mari sedikit menyimak manfaat apa saja yang didapat jika sudah membuat akun Gmail.

Manfaat Membuat Gmail

  • Blogger. Blogger adalah salah satu produk milik Google yang banyak digunakan oleh banyak orang baik untuk urusan bisnis, hanya sekedar menulis artikel, atau sekedar untuk memperkenalkan diri ke publik dan masih banyak lagi. Dengan membuat akun di Gmail anda bisa bebas membuat blog sebanyak yang Anda mampu kelola.
  • Youtube. Saat ini banyak orang yang terkenal lewat youtube, atau orang menyebutnya artis youtube. Anda bisa mengupload video sesuka anda dan sebanyak video yang anda punya tanpa ada batasan. Dan Anda bisa terkenal di youtube, tetapi bukan itu saja jika video yang anda upload banyak yang menonton bisa jadi anda akan menjadi orang kaya. Mungkin itu salah satu manfaat membuat akun gmail karena anda juga dapat mengupload video sepuasnya jika membuat akun di Gmail.
  • Google Play. Di Google Play anda bebas men-download game, aplikasi, buku dan aplikasi lainnya. Google Play adalah layanan penyedia aplikasi milik google khusunya android. Di Google Play ada banyak aplikasi yang disediakan secara gratis ataupun berbayar. Anda tidak akan bisa mengakses Google Play jika tidak mempunyai akun Gmail.
  • Adsense. Produk Google yang satu ini biasanya yang paling ditunggu-tunggu oleh para blogger ataupun pemilik website. Adsense adalah layanan milik google untuk menampilkan iklan di blog atau web dan bisa memonetize uang layaknya Youtube. Jika blog anda sudah banyak pengunjung dan sudah memenuhi syarat Google Adsense sebaiknya daftarkan segera. Akun Gmail-lah yang digunakan untuk mendaftar ke Adsense.
  • Produk Google Lainnya. Masih banyak lagi manfaat membuat akun Gmail. Karena banyaknya produk Google yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, maka segala yang berhubungan dengan produk Google itu pastinya semua mengharuskan kita mempunyai akun Gmail. Intinya satu akun Gmail untuk semua produk Google.
  • Penyaringan Spam. Memang sebagian besar layanan email menawarkan semacam penyaringan sekarang ini, dan penyaringan spam miliki google sangat efektif. Gmail mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif.
  • Akses offline. Anda dapat mengakses gmail secara offline pada komputer anda meskipun tidak terhubung dengan internet. Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser anda.

Cara Membuat Gmail di HP

  1. Buka menu pengaturan/ setting HP anda (Android).
  2. Cari dibagian bawah menu Account atau akun.
  3. Pilih Add Account atau tambah akun.
  4. Cari dan pilih logo atau ikon Google.
  5. Muncul pilihan Sign In atau Create a New Account.
  6. Pilih Create a New Account.
  7. Isi nama depan dan nama belakang, klik next.
  8. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, klik next.
  9. Pilih nama sebagai username anda, klik next.
  10. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another, itu tandanya orang lain telah memakai username yang anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka, klik next.
  11. Selanjutnya adalah masukkan password anda, minimal 8 karakter. Bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa, samakan isian kolom atas dengan bawah, klik next.
  12. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi, anda boleh mengisinya kemudian klik next ataupun jika tidak anda klik skip saja.
  13. Akan muncul kotak Privacy and Terms, klik I Agree.
  14. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password, klik Next.
  15. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Anda bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.
  16. Aplikasi akan memproses. Setelah itu anda akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa anda telah memiliki akun Gmail baru.
  17. Selamat, akun Gmail anda sudah jadi dan siap digunakan.

Cara Membuat Gmail di Komputer

  1. Buka browser anda lalu masukkan alamat url www.gmail.com pada bar browser.
  2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.
    form pendaftaran gmail
    form pendaftaran gmail
  3. Isi nama depan dan nama belakang.
  4. Pada isian setelah nama, anda bisa memilih nama untuk username. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.
  5. Masukkan password anda, minimal 8 karakter. Bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa, samakan isian kolom konfirmasi sandi dengan sandi disebelahnya.
  6. Klik Next/Berikutnya.
  7. Pada bagian ini silahkan isi kelengkapannya sesuai data yang anda miliki.
    form pendaftaran gmail
    form pendaftaran gmail
  8. Setelah data sesuai gambar diatas selesai di isi, klik berikutnya.
  9. Anda akan dimintai verifikasi no. telpon, anda bisa memilih jangan sekarang atau kirim.
    konfirmasi nomor telpon
    konfirmasi nomor telpon
  10. Jika memilih kirim, nanti Google akan mengirim kode verifikasi ke no. anda. Masukkan kodenya dan klik verifikasi.
  11. Akan muncul Privasi dan Persyaratan, klik Saya Setuju.
  12. Selamat! Pada tahap ini akun Gmail anda sudah siap digunakan.

Nah, itulah cara membuat Gmail terbaru di hp dan komputer. Setelah anda mempunyai akun Gmail, anda akan semakin mudah terhubung dengan Youtube, Google, Play Store, Adsense, dan layanan google lainnya. Mudah-mudahan tutorial cara membuat Gmail ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here