Beranda Teknologi Cara Membuat Teknologi Dasar Untuk Sekolah Dasar

Cara Membuat Teknologi Dasar Untuk Sekolah Dasar

192
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Teknologi SD

Asdar.id – Teknologi selalu berkembang sejajar dengan perkembangan zaman, teknologi tidak selalu tentang mesin, komputer, ataupun robot. Namun bagaimana seseorang dapat mengatasi masalah yang ada menggunakan alat praktis dan mengatasi masalah lebih cepat. Seperti teknologi pangan yang menanam padi berkualitas hasil teknologi tanaman, teknologi tersebut berkembang melalui tahap-tahap.

Dimulai dengan teknologi dasar, pentingnya mengenal teknologi dasar sejak dini agar generasi penerus tidak gagap teknologi. Teknologi dasar dapat memicu anak agar berpikir kritis, menyelesaikan suatu masalah dengan algoritma yang logis, serta diharapkan membuat maju bangsa kita tercinta ini kedepannya.

Cara Membuat Teknologi Dasar Untuk Sekolah Dasar

Mengenal teknologi dasar sebenarnya kita tanpa sadar sudah menerapkan teknologi tersebut. Berikut ini contoh-contohnya:

Alat perangkap nyamuk.

Nyamuk adalah hewan yang mengganggu bagi manusia, nyamuk juga dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Alat dan bahan yang digunakan adalah botol bekas, benda gelap untuk penutup badan botol seperti kresek atau kain hitam, ragi, gula merah dan air. Cara pembuatannya adalah potong botol bekas menjadi dua bagian, sekitar 2:3 untuk perbandingan atas dan bawah, larutkan gula merah dengan air letakkan pada bagian botol bawah, lalu tambahkan ragi secukupnya, gunakan botol bagian atas sebagai penutup dengan cara meletakkan dengan posisi terbalik ( moncong dibawah ) lalu gunakan bahan gelap untuk menutupi badan botol tersebut.

Penjelasan : Nyamuk adalah hewan yang mengikuti arah asal karbondioksida, itulah mengapa nyamuk selalu bisa menemukan manusia, dengan campuran ragi dan gula merah menghasilkan karbondioksida. Serta bahan gelap menambah nyamuk untuk mendekati perangkat tersebut.

Alat penyaring air.

Pasti sudah banyak yang tahu dengan alat ini, Ya! Alat ini berguna untuk menyaring air kotor menjadi air yang lebih jernih dan lebih baik untuk digunakan. Alat dan bahan pembuatannya adalah botol bekas, kerikil, sabut kelapa, arang, ijuk dan spon. Bersihkan bahan-bahan tersebut dari kotoran bila ada. Untuk cara pembuatan potong bagian bawah alas dari botol bekas, pegang terbalik, isikan spon, ijuk, arang, sabut kelapa dan kerikil secara berurutan. Tekan perlahan agar memadat, siapkan wadah dibawah moncong botol. Masukkan air kotor dan lihat air yg lebih jernih akan keluar.

Penjelasan : Air yang kotor dikarenakan partikel-partikel yang membuat kotor, seperti pasir atau sejenisnya, dengan menggunakan alat ini partikel-partikel tersebut akan tersangkut pada bahan-bahan yang diletakkan di dalam botol tersebut. Perlu diingat kalau filter ini sangat efektif apabila air kotor dikarenakan partikel yang kasar dan berukuran agak besar (terasa ditangan), untuk partikel yang lebih halus seperti lumpur harus dilakukan berulang-ulang agar penyaringan berjalan maksimal. Gunakan bahan se-efektif mungkin agar air lebih jernih, dan apabila air yang ingin disaring dalam kapasitas banyak, bisa menggunakan pengganti botol seperti ember bekas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini