Beranda Teknologi Jenis-Jenis MikroTik dan Penjelasannya

Jenis-Jenis MikroTik dan Penjelasannya

426
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
router rackmount

Asdar – Kebutuhan internet berkembang pesat dari awal munculnya internet, komunikasi yang berawal hanya untuk kebutuhan militer, saat ini hal yang kecil-kecil pun bisa menggunakan koneksi internet. Namun apakah kalian tahu? Menyebarkan koneksi internet bukanlah sesuatu yang mudah pada saat itu, membutuhkan sebuah piranti yang khusus, pada tahun 1996 seseorang bernama John dan Arnis mulai berambisi membuat router setelah berhasil melayani beberapa pelanggan internet di Latvia. Berawal menggunakan linux kernel 2.2 dikembangkan bersama-sama. Hingga saat ini MikroTik telah menguasai dunia routing beberapa negara berkembang karena perangkat networking dan memiliki kurang lebih empat ratusan juta pelanggan.

Jenis-Jenis MikroTik dan Penjelasannya

Jenis-jenis MikroTik :

  • MikroTik OS.

Merupakan piranti lunak berbentuk operating system yang berguna untuk mengisi piranti keras networking. Komputer bisa digunakan sebagai router dengan OS ini. Kelebihan dari OS ini mempunyai berbagai fitur yang berguna di dalam dunia networking atau routing. Beberapa fitur andalan adalah bisa digunakan untuk membuat jaringan sendiri sebagai kebutuhan dalam skala kecil seperti dalam kantor, sekolah dan lainnya.

MikroTik OS selalu dikembangkan dalam versi yang terus meningkat dengan penambahan fitur baru ataupun menghilangkan bug di MikroTik OS. MikroTik routerOS tersedia untuk windows, linux bahkan untuk Virtual Machine seperti Virtualbox dengan tujuan untuk pembelajaran. Untuk MikroTik OS bisa diunduh di website resminya.

Tentunya penggunaan MikroTik untuk tujuan komersial seperti bisnis membutuhkan lisensi dari MikroTik. Lisensi menunjukkan bahwa user tersebut legal. Lisensi dari MikroTik tentunya berbayar, terdapat level-level yang dari 0 sampai dengan 6. Level 0 untuk penggunaan terbatas atau uji coba, level 6 adalah level administrator.

  • MikroTik Routerboard.

Jenis MikroTik yang selajutnya adalah Routerboard, Routerboard adalah sebuah piranti keras yang berguna sebagai mana router umumnya, bedanya router ini diproduksi oleh perusahaan MikroTik sendiri, sehingga lebih stabil dalam penggunaan networking. Routerboard didesain halnya seperti pc yang mempunyai proccessor, ram, rom, flash memory dan OS di dalamnya adalah MikroTik RouterOS. Adapun kelebihan Routerboard adalah ukuran yang kecil sehingga sangat praktis untuk digunakan dan mudah dibawa kemana-mana.

Keunggulan lainnya adalah hematnya penggunakan listrik yang lebih hemat dibanding dengan pc, memungkinkan untuk penggunaan aktif dalam jangka waktu yang lebih lama. Misal 22 jam dalam sehari, untuk pc penggunaan jangka waktu tersebut dapat menyebabkan rusaknya hardware pc dan membucitnya tagihan listrik. Setiap kelebihan pasti dibarengi kekurangan, kekurangan Routerboard ini sendiri adalah mahalnya router untuk spesifikasinya. Untuk penggunaan kecil setidaknya membutuhkan rentang harga 1 jutaan.

Fitur-fitur MikroTIk RouterOS :

Untuk fitur dari MikroTik OS bergantung pada versi dari OS tersebut, sedikit saya akan menjelaskan fiturnya.

  • Firewall berisi pengaturan dari pengamanan dan perizinan, seperti izin NAT yang digunakan untuk private network.
  • Routing, Dinamic / Static , berfungsi untuk routing jaringan, routing berfungsi agar jaringan-jaringan dapat saling terhubung.
  • Hotspot untuk membuka jaringan wireless.

Dan masih banyak lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini