Beranda Teknologi Troubleshooting Pada Sistem Operasi Jaringan

Troubleshooting Pada Sistem Operasi Jaringan

262
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
jaringan TB
jaringan TB

Asdar.id – Apa sih yang dimaksud troubleshooting itu? Pasti Anda pernah mendengarnya kan? Troubleshooting ialah proses memeriksa kesalahan kesalahan yang terjadi pada komputer. Kemudian kesalahan ini akan dicari penyebabnya dan juga solusinya.

Troubleshooting ini bisa terjadi karena sesuatu kesalahan atau kerusakan pada hardware atau software pada komputer itu sendiri. Sebelum membahas lebih lanjut troubleshooting nya. Berikut ada 2 teknik yang digunakan dalam troubleshooting.

  1. Teknik Forward

Teknik Forward adalah melakukan pengecekan kerusakan sejak sebelum komputer dinyalakan. Biasanya dilakukan oleh dealer saat setekah melakukan perakitan.

  1. Teknik Backward

Dalam teknik backward ini, deteksi kerusakan atau pengecekan dilakukan setelah komputer dialiri listrik. Dari situ akan diketahui masalah yang terjadi pada komputer itu sendiri.

Troubleshooting Pada Sistem Operasi Jaringan

Seperti yang sudah dibahas tadi, ada 2 macam troubleshooting, yaitu pada hardware dan software. Dibawah ini akan dibahas satu persatu. Oke langsung cek aja!

  1. Troubleshooting Hardware

  • Keyboard tidak terdeteksi

– Penyebab : saat komputer dinyalakan, macet lalu muncul pesan “keyboard error or no keyboard present.”

– Solusi : matikan komputer Anda. Lalu periksa apakah keyboard sudah tertancap benar pada CPU. Jika masih error, maka disarankan untuk mengganti keyboard nya atau mungkin port pada CPU Anda yang rusak.

  • PC sering hang

– Penyebab : PC terkena virus, suhu panas yang dialami oleh processor, OS pada PC rusak, kerusakan pada memori atau harddisk.

– Solusi : install dan jalankan program antivirus, ganti kipas pendingin pada processor, cek memori apakah rusak atau tidak, scandisk pada harddisk untuk mengetahui bad sektor.

  1. Troubleshooting Software

  • Muncul pesan “operating system not found”

– Penyebab : kerusakan terjadi pada operating system nya.

– Solusi : install ulang os yang Anda gunakan misal Windows7 , xp atau yg lain.

  • Lupa Password pada BIOS

Solusi : copot dan pasang kembali baterai CMOS lalu tunggu beberapa saat, BIOS akan restart dengan sendirinya

  • Tanggal dan waktu di BIOS tidak sesuai

Solusi : ganti lah baterai CMOS PC Anda.

Demikianlah artikel mengenai Troubleshooting Pada Sistem Operasi Jaringan ,semoga dapat memberikan manfaat untuk para pembaca.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini