Beranda Blog & Website Cara Mengatasi Redirect Http ke Https di Cloudflare

Cara Mengatasi Redirect Http ke Https di Cloudflare

171
0
BERBAGI
redirect http ke https di cloudflare

Pada artikel tutorial kali ini, saya akan membagikan sebuah cara mengatasi redirect http ke https di cloudflare secara lengkap.

Masalah ini sebenarnya saya juga pernah alami ketika pertama kali menggunakan jasa gratis milik cloudflare.com. Ketika itu saya daftarkan website saya ini dengan iming-iming website blog saya ini bisa lebih cepat dan tetap online tentunya. Tidak hanya itu saja, saya juga bisa mendapatkan sertifikat ssl atau https gratis disitus tersebut.

Selang beberapa saat setting kiri kanan dan luar biasa, situs blog saya langsung cepat dengan fitur chacenya yang super. Langkah selanjutnya saya mengaktifkan juga sslnya dan muncullah masalah tersebut. Saya coba melakukan redirect seperti yang saya lakukan pada website saya yang lain yang menggunakan ssl comodo dan ternyata tetap tidak bisa.

Masalahnya adalah ketika membuka website yang telah menggunakan ssl yang terhubung pada cloudflare, browser mengalihkan domain ke https namun itu berlangsung secara berulang tanpa henti sehingga halaman situs web tidak akan di muat. Sayapun hampir putus asa dan hampir meninggalkan jasa cloudflare ini. Lalu browsing kiri kanan juga, dan akhirnya ketemu juga solusinya di sebuah forum mereka juga.

Teman-teman mau tau solusinya? sederhana saja dan hanya butuh dua langkah yang akan kita lakukan di situs kita.Yup, solusi tepatnya yaitu pada file .htaccess dan setting di akun cloudflare.

Cara Mengatasi Redirect Http ke Https di Cloudflare

Langkah Pertama

Langkah pertama silahkan kamu buka file .htaccess kamu yang ada di directory hosting dan masukkan kode berikut ini.

<IfModule mod_rewrite.c>
 RewriteCond %{HTTP:CF-Visitor} '"scheme":"http"'
 RewriteRule ^(.*)$ https://www.nama-domain.com$1 [L]
</IfModule>

Jangan lupa untuk mengganti https://www.nama-domain.com dengan url situs web kamu. Jika file htaccess kamu menggunakan Rewrite untuk url, kamu bisa menempatkan kode di atas tepat berada dibawahnya sehingga akan seperti contoh berikut ini.

RewriteEngine On 
 RewriteBase /   
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f    
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d 
    RewriteRule ^(.*) /index.php?pg=$1 
    RewriteRule (.*)\.xml(.*) $1.php$2 [nocase]
<IfModule mod_rewrite.c>
 RewriteCond %{HTTP:CF-Visitor} '"scheme":"http"'
 RewriteRule ^(.*)$ https://www.nama-domain.com$1 [L]
</IfModule>

Loading...

Langkah Kedua

Langkah kedua, silahkan kamu login di akun cloudflare kamu kemudian masuk ke menu Page Rules lalu klik tombol Create Page Rule untuk membuat alur halaman baru untuk domain kamu. Kemudian masukkan teks http://*.nama-domain.com/* pada kolom yang ada di jendela yang muncul dan di bawahnya klik + Add a Setting untuk menambah pengaturan alur pilih Always Use HTTPS. Berikut screenshot untuk settingan Page Rule.

setting page rule di cloudflare

Jangan lupa untuk klik Save and Deploy dan lihat hasilnya dengan mengetikkan nama-domain.com tanpa http di browser.

Mengapa di page rule menggunakan http bukan https? karena di settingan di bawahnya sudah ada Always Use HTTPS yang artinya pengunjung yang datang melalui http:// maka cloudflare akan selalu mengalihkan ke https.

Nah, itulah dia tutorial sederhana yang bisa saya berikan mengenai Cara Mengatasi Redirect Http ke Https di Cloudflare. Terimakasih telah mendukung website ini dengan terus membaca dan mengikuti perbaruan dalam situs, jangan lupa share dan komen terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here