Beranda Sipil Cara Menghitung Cut and Fill Tanah dengan Metode Elevasi X,Y

Cara Menghitung Cut and Fill Tanah dengan Metode Elevasi X,Y

650
0
BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.
cara menghitung volume cut and fill
cara menghitung volume cut and fill

Assalamualaikum wr. wb. rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel mengenai Cara Menghitung Cut and Fill Tanah dengan Metode Elevasi X,Y. Pembahasan lengkapnya mari baca penjelasan dibawah ini.

Cut and fill adalah suatu proses pengerjaan tanah dimana sejumlah material tanah diambil dari suatu tempat kemudian diurug atau ditimbun di tempat lain. Tujuan proses cut and fill adalah menjadikan permukaan tanah menjadi lebih rata sehingga memudahkan pekerjaan pembangunan yang akan dilakukan di tanah tersebut.

Perbedaan pekerjaan tanah biasa dengan cut and fill adalah proses gali dan urug pada cut and fill berada di lokasi yang sama yang menjadi target pengerjaan. Hanya saja, sebelum masa pengerjaan harus dipelajari dan diperhitungkan dahulu mengenai kondisi tanah yang menjadi target. Agar jumlah tanah yang diambil dan dibuang dapat seminimum mungkin supaya biaya transportasi juga dapat ditekan.

Cara Menghitung Cut and Fill Tanah dengan Metode Elevasi X,Y

Cara menghitung volume galian dan timbunan pada setiap proyek pekerjaan memiliki metode yang berbeda-beda. Metode perhitungan sangat tergantung dari kontrak terhadap owner. Pada pekerjaan saluran dan jalan kebanyakan owner meminta perhitungan backup volume dengan menggunakan metode perkalian x,y.

Buat rekan-rekan yang masih awam dan baru pertama kali menggunakan metode ini dapat mempelajarinya pada tutorial kali ini tentang bagaimana menghitung volume galian dan timbunan dengan metode x,y.

Saya tidak terlalu banyak menjelaskan mengenai caranya karena sudah saya sediakan video tutorialnya dibawah. Langsung saja subscribe channelnya disini untuk mendapatkan video terbaru mengenai dunia teknik sipil.

Dibawah ini saya sediakan format hitungan yang dibutuhkan untuk menghitung cut and fill tanah dengan metode x,y pada pekerjaan galian saluran, silahkan didownload pada link berikut ini:

Format Hitungan X,Y

Google Drive DOWNLOAD[11.64KB]
Mediafire DOWNLOAD[11.64KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Video tutorialnya silahkan tonton dibawah ini, pastikan koneksi internet anda lancar untuk menontonnya.

Sumber artikel: Rumah Anak Sipil

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Cara Menghitung Cut and Fill Tanah dengan Metode Elevasi X,Y, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar mengenai ilmu sipil atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini