Beranda Tips Rumah Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

1140
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
cara menghitung kebutuhan keramik
cara menghitung kebutuhan keramik

Menentukan kebutuhan keramik merupakan tugas yang relatif mudah. Namun, jika cara perhitungannya tidak tepat, dapat berdampak pada biaya yang meningkat, penundaan dalam penyelesaian pekerjaan lantai, atau bahkan masalah lebih serius seperti ketidakseragaman warna keramik lantai.

Bagaimana kesalahan dalam menghitung kebutuhan keramik dapat menyebabkan peningkatan biaya pekerjaan?

Jika dalam perhitungan pekerjaan keramik, jumlah yang dibutuhkan melebihi kebutuhan, ini akan mengakibatkan peningkatan biaya pembelian keramik. Di sisi lain, jika jumlah keramik yang dihitung kurang dari kebutuhan sebenarnya, hal ini akan memperbesar biaya pekerjaan karena memerlukan biaya tambahan untuk transportasi dalam pembelian sisa kekurangan keramik.

Bagaimana kesalahan dalam menghitung keramik dapat mempengaruhi penundaan waktu penyelesaian pekerjaan?

Keberadaan sisa keramik akan menyebabkan penambahan waktu yang diperlukan untuk memindahkannya. Selain itu, jika terjadi kekurangan keramik dalam perhitungan, akan membutuhkan waktu tambahan untuk mencari dan membeli keramik baru yang mungkin tidak lagi tersedia di pasaran.

Bagaimana kesalahan dalam menghitung keramik dapat mengakibatkan ketidakseragaman warna lantai?
contoh keramik yang tidak beraturan
contoh keramik yang tidak beraturan

Dalam beberapa jenis keramik, perbedaan waktu pembakaran dapat menyebabkan variasi warna yang signifikan. Jika terjadi kekurangan keramik dalam perhitungan, akan muncul tantangan baru dalam mencari keramik dengan warna dan pola yang serupa. Alternatifnya adalah membongkar pasangan keramik yang telah dipasang dalam satu ruangan dan menggantinya dengan keramik baru yang memiliki warna yang sama. Ini adalah situasi yang membutuhkan penanganan yang rumit dan tidak diinginkan.

Menghitung kebutuhan keramik bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan mengukur luas ruangan.
ilustrasi mengukur ruangan
ilustrasi mengukur ruangan

Misalkan terdapat sebuah kamar dengan panjang 4 meter dan lebar 4 meter. Dalam hal ini, kebutuhan keramiknya dapat dihitung dengan mengalikan panjang dengan lebar ruangan, yaitu 4 meter x 4 meter = 16 meter persegi.

Mengingat bahwa di pasaran, 1 dus keramik biasanya memiliki luas 1 meter persegi, maka kebutuhan keramik untuk kamar tersebut adalah sebanyak 16 dus keramik.

Setelah melakukan perhitungan seperti itu, sebaiknya Anda tidak langsung pergi ke toko untuk membeli keramik. Perlu diingat bahwa perhitungan tersebut hanya memberikan perkiraan kebutuhan keramik berdasarkan luas ruangan.

Sebelum melakukan pembelian, disarankan untuk memberikan sedikit cadangan atau kelebihan jumlah keramik yang akan dibeli. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan, potongan yang tidak sempurna, atau kebutuhan tambahan yang mungkin terjadi selama proses pemasangan.

Jadi, meskipun perhitungan awal memberikan angka tertentu, disarankan untuk membeli keramik dengan jumlah yang sedikit lebih banyak daripada perkiraan untuk memastikan Anda memiliki cukup keramik untuk pekerjaan tersebut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menghitung keramik secara tepat

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan perhitungan keramik dengan tepat:

  1. Memperkirakan jumlah keramik yang mungkin pecah selama proses pemasangan, dan menambahkannya ke dalam perhitungan jumlah keramik bersih yang diperlukan.
  2. Menghitung jumlah keramik potongan yang akan digunakan untuk sudut ruangan, dan mempertimbangkan apakah sisa potongan tersebut masih dapat digunakan kembali atau tidak.
  3. Memperkirakan jumlah keramik yang mungkin akan diminta oleh orang lain atau keramik yang mungkin hilang selama proses pemasangan.

Nah, itulah tadi sekilas mengenai cara menghitung kebutuhan keramik. Semoga dengan adanya artikel ini rekan-rekan jadi bisa terbantu. Jika ada trik atau tips lainnya dalam menghitung kebutuhan keramik, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk banyak orang, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini