Beranda Desain Rumah Jenis Jenis Keramik dan Contohnya

Jenis Jenis Keramik dan Contohnya

BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Jenis Keramik
Jenis Keramik

Apakah Anda ingin mempercantik rumah? Perlu diketahui kalau rumah yang cantik itu salah satunya adalah disebabkan pemilihan bahan material yang tepat. Salah satu bahan material yang wajib dipilih dengan benar adalah jenis keramik untuk rumah yang jenisnya ada banyak.

Semua jenis dari keramik pasti punya karakter masing-masing, kegunaannya juga akan berbeda-beda, jadi tidak boleh dipilih secara sembarangan. Selain jenisnya yang ada banyak, merk keramik juga ada banyak, Anda juga tidak boleh memilih secara acak karena ada beberapa merk yang direkomendasikan.

Mengenal Keramik

Kita akan berkenalan dulu dengan keramik. Keramik sendiri adalah suatu bahan lantai yang paling tua bahkan didunia. Keramik memang lebih identik terbuat dari bahan campuran tanah liat yang dibentuk dan nantinya dipakai buat menutupi area lantai. Sejarah yang dimiliki oleh keramik memang sudah sangat penjang.

Keramik sendiri saat ini akan dibedakan berdasarkan kualitasnya, berdasarkan bahan bakunya, fungsinya, kualitasnya, suhu pembakaran atau menurut kepadatan. Selain itu juga sering dibedakan dalam seni rupa dan fungsional untuk bahan materail bangunan. Ini adalah perbedaan dalam bentuk kegunaannya.

Jenis dari keramik sampai saat ini masih banyak dipakai dan memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya saja sekarang yang banyak digunakan baik untuk indoor dan outdoor adalah yang tidak licin, anti gores, elegan, heavy duty, jadul, jaman dulu atau tanpa nat.

Selain itu ada juga jenis keramik yang digunakan sebagai elemen pemanas dan pendingin yang bisa dipilih sesuai keadaan suhu ditempat pemasangan keramik. Keramik sekarang juga semakin kreatif, sudah dilengkapi dengan berbagai warna seperti hitam, coklat, putih, biru, cream, hijau, orange, silver, ungu dan sebagainya.

Warna yang bervariatif ini tambah menarik lagi karena dilengkapi dengan motif menarik seperti motif batu alam, motif kayu, 3 dimensi dan masih banyak yang lainnya. Keramik dengan wrana dan motif yang bervariatif ini dilengkapi dengan pemilihan ukuran 60×60, 40×40, 50×50, 30×30, 25×40 dan banyak lagi ukuran lain.

Nantinya jenis keramik dan harganya akan dibedakan berdasarkan bahan baku, ukuran sampai dengan motifnya. Maka dari itu keramik paling bagus nantinya akan terdapat perbedaan kisaran dari harga paling mahal sampai yang paling murah.

Kegunaan Keramik

Keramik dalam pembahasan diatas itu sangat menarik, dan perlu diketahui kegunaan dari keramik itu ada banyak, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menggunakannya untuk rumah, kantor dan berbagai macam bangunan lainnya. Selain itu bisa juga digunakan sebagai hiasan atau dekorasi rumah.

Pada umumnya sering kita gunakan di dapur, meja dapur, lantai kamar mandi, lantai dapur, dinding kamar mandi, teras, lantai rumah, kolam renang, carport, garasi mobil, tangga, ruang tamu, kolam ikan, halaman luar rumah, hiasan, kamar tidur, pada busi, toilet, wc, bahan resistor keramik dan masih banyak yang lainnya.

Jenis Keramik Terbaik

Kita telah mengenai keramik dan apa saja kegunaannya, kali ini akan ada jenis jenis keramik dan contohnya. Ini adalah jenis keramik yang memang banyak digunakan oleh masyarakat, seperti :

  • Keramik Granit

Keramik Granit
Keramik Granit

Jenis keramik granit merupakan jenis keramik yang banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Karakternya yang indah dan adem dilengkapi dengan tampilan yang elegan. Jenis keramik lantai minimalis ini sendiri masih tergolong kedalam jenis yang termasuk mahal. Granit merupakan jenis batu alam yang memiliki corak paling cantik.

  • Keramik Porselen

Selanjutnya ada keramik porselain yang termasuk kedalam jenis jenis keramik terbaik. Keramik ini memiliki karakteristik yang mengkilap karena memang dilengkapi dengan gloss berupa kaca, ta[i hasil akhirnya matee dan tidak licin. Salah satu jenis keramik porselain adalah stoneware.

  • Keramik Homogenous Tile

Keramik Homogenous Tile
Keramik Homogenous Tile

Jenis keramik dinding yang bagus yang berupa Homogenous Tile atau sering disingkat HT ini adalah keramik buatan pabrik yang memiliki pola atau corak seperti batu granit. Umumnya keramik HT ini dipakai pada area pembelanjaan agar disana bisa terlihat lebih mewah akan tetapi pengeluaran biayanya lebih rendah.

  • Keramik Terazzo

Keramik Terazzo
Keramik Terazzo

Jenis keramik yang mudah dibersihkan Terazo menjadi jenis yang banyak dupakai saat ini, terutama oleh orang yang suka rumah dengan desain etnik atau klasik. Memang jenis yang satu ini akan lebih baik dipakai buat berbagai bangunan dengan desain tradisional.

  • Keramik Biasa

Keramik biasa adalah jenis yang paling sering kita temui ditoko bangunan. Biasanya digunakan sebagai jenis keramik tangga, teras lantai dan diruang yang tidak basah. Kalau kita melihat dari segi harga, maka termasuk kedalam keramik dalam kisaran harga yang murah.

  • Keramik Marmer

Keramik marmer adalah keramik yang diperoleh dari pembentukan proses kristalisasi batu kapur yang kemudian mengeras disebabkan suhu panas. Proses ini sendiri membentuk tekstur dan pola yang indah. Jenis keramik kamar mandi terbaru ini juga masuk kedalam jenis yang mahal.

  • Keramik Refractory

Keramik Refractory
Keramik Refractory

Keramik refactory merupakan jenis yang sangat tahan api. Hal ini memang disebabkan oleh bahan pembuatannya berupa alumina dan silika yang membuat jadi  tahan api.

alam pemilihan jenis keramik memang akan lebih baik dari jenis yang kuat dan awet serta bahannya ocok diruang yang akan diaplikasikan. Kalau ingin yang sangat awet, maka bisa juga mencoba jenis keramik yang tidak mudah pecah disebut dengan istilah sintering.

Rekomendasi Merk Keramik Terbaik

Jenis jenis keramik lantai telah diproduksi oleh berbagai produsen yang mengemas merk mereka sendiri. Saat ini beberapa rekomendasi merk keramik terbaik di Indonesia saat ini dan menjadi primadona dipasaran. Berbagai produk dari merk yang paling direkomendasikan inilah yang kemudian bisa dipilih.

Beberapa merk terpercaya saat ini yaitu seperti Keramik Merk Platinum, Merk Asia Tile, Merk Roman, Merk Granito, Merk Imperial, Merk Kia, Merk Milan dan Merk Mulia. Saya sendiri secara pribadi memang sering menemukan toko bangunan yang merekomendasikan.

Perekomendasian ini disebabkan karena sudah terbukti bagaimana kualitasnya saat digunakan terutama dalam jangka waktu lama. Kalau umur dari keramin yang kita gunakan itu bisa bertahan sangat lama, tentu saja akan menguntungkan. Kita tidak perlu untuk mengganti keramik kita yang mungkin saja rusak.

Untuk beberapa merk lain yang cukup direkomendasikan dan memang banyak dicari juga adalah Merk Argon, Merk Arwana, Merk Centro, Merk Ikad dan Merk Sincere. Merk-merk ini juga masih sejajar dengan merk yang paling direkomendasikan, akan tetapi beberapa merknya memang kalah dari segi nama.

Dalam pemilihan keramik, alangkah baiknya bertanya dengan para petugas atau pegawai toko bangunan terlebih dahulu. Tentu saja mereka pasti sudah mengetahui mana keramik yang tepat dan pas digunakan. Hal ini juga supaya menghindarkan dalam pemilihan jenis keramik yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita.

Itulah pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai berbagai macam jenis dan merk keramik. Agar mendapatkan keramin kualitas terbaik, maka belilah ditempat yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini