Beranda Tips Rumah Cara Membersihkan Nat yang Kotor

Cara Membersihkan Nat yang Kotor

171
0
BERBAGI
membersihkan nat
membersihkan nat

Nat adalah celah yang terletak di antara keramik. Nat berfungsi untuk mengunci atau menguatkan sambungan antar keramik. Bahan nat bisa berupa grout sealer, semen, ataupun semen putih. Karena terletak di area bawah, nat mudah sekali kotor sehingga tampak kusam dan menghitam.

Hal ini biasanya terjadi pada nat yang sering terkena air baik air pel maupun air hujan. Meskipun anda sudah membersihkan lantai keramik, tetapi bila tampilan nat terlihat kotor, hal ini bakal mempengaruhi keindahan lantai di rumah anda.

Cara Membersihkan Nat yang Kotor

Untuk membersihkan nat pada lantai keramik ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Apabila metode yang biasa anda lakukan tidak cukup bagus untuk menghilangkan kotoran yang menempel di nat, anda perlu mencoba trik yang khusus. Di bawah ini disajikan kiat-kiat dan solusi pembersihan yang bisa anda terapkan di rumah.

Baking Soda

Untuk membersihkan nat sehari-hari, anda dapat memanfaatkan baking soda. Adapun caranya yaitu buatlah adonan pasta yang terdiri dari campuran baking soda dan sedikit air. Aduk-aduk sebentar agar keduanya tercampur rata. Gunakan pasta baking soda ini untuk menutupi nat keramik yang kotor dan biarkan selama 1-2 jam. Setelah itu, anda bisa membilasnya dengan air bersih.

Asam Sitrat

Asam sitrat, atau yang dikenal juga dengan citrun, bisa diandalkan untuk mengangkat kotoran-kotoran membandel di nat. Larutkan sebungkus serbuk asam sitrat ke dalam segelas air. Lalu aplikasikan larutan ini dengan menguaskannya ke seluruh permukaan nat. Semakin lama anda membiarkan nat bekerja, semakin bersih pula permukaan nat tersebut. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih ya.

Larutan Cuka

Pertama, tuangkan cuka tepat pada permukaan nat keramik. Kedua, gosok nat menggunakan sikat gigi sampai bersih. Ketiga, anda bisa membilasnya dengan air. Namun efeknya nanti rumah anda bakal sedikit berbau masam. Anda bisa menghilangkan bau tersebut dengan sabun pembersih lantai.

Pemutih Pakaian

Bahan lain yang bisa digunakan untuk menjadikan nat keramik tampak bersih adalah cairan pemutih pakaian. Proses penerapannya masih sama. Anda cukup menuangkan cairan ini ke nat secara merata. Kemudian bersihkan nat dengan menyikatnya sampai tuntas. Proses terakhir adalah pembilasan memakai air bersih untuk melihat hasilnya.

Selain dibersihkan, nat harus dirawat pula supaya kondisinya tetap terlihat menarik. Nat yang tampak cekung dan rusak tentu akan mengurangi pesona dan keindahan dari keramik. Oleh karena itu, anda perlu melapisi ulang nat menggunakan grout.

Sumber referensi: mitra-arsitek.com

Sekian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa membacanya juga. Untuk mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses situs ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini