Beranda Pengelasan Cara Menjadi Tukang Las Profesional dengan Cepat

Cara Menjadi Tukang Las Profesional dengan Cepat

100
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
cara menjadi tukang las profesional
cara menjadi tukang las profesional

Dalam bidang industri banyak peluang cara menjadi tukang las profesional. Profesi satu ini memang tidak sebarang orang mampu menjalankan. Nah, itulah salah satu alasan mengapa gaji yang ditawarkan terbilang menjanjikan. Untuk kisaran gaji yang terima welder atau tukang las terdapat beberapa faktor yang menentukan. Seperti jenis perusahaan, lokasi perusahaan dan pastinya sertifikasi profesi juru las.

Bicara soal juru las, apa pekerjaan utama dari profesi ini? Dalam profesi ini seorang juru las bertugas menyambung benda yang terbuat dari aluminium, tembaga, kuningan dan jenis logam lainnya. Sebutan welder ditujukan pada orang yang melakukan pengelasan dengan seperangkat mesin las manual. Sementara welder operator ditujukan pada orang yang menjalankan pengelasan hanya dengan menekan tombol pada mesin las.

Tips Mudah Menjadi Seorang Welder Profesional

Buat yang penasaran bagaimana cara menjadi tukang las yang bekerja di perusahaan besar, ada beberapa tips yang wajib diikuti. Mungkin sebagian orang jarang menyebutkan profesi tukang las atau welder sebagai profesi incaran. Namun, bagi sebagian orang yang paham akan prospek kerja welder profesional mungkin tertarik mendalami profesi ini. Berikut adalah tips mendapatkan profesi welder dengan lisensi profesional yang wajib dicatat:

Daftar Sekolah Kejuruan

Langkah pertama dalam menyiapkan diri sebagai welder profesional dimulai sejak bangku sekolah menengah kejuruan atau SMK. Teknik pengelasan adalah jurusan yang wajib ambil. Selama proses pendidikan, siswa yang mengambil jurusan ini mendapatkan materi pengetahuan dasar tentang pengelasan. Sementara pada program pelatihan siswa diajarkan cara mengelas sesuai kode dan standar pengelasan yang berlaku.

Daftar Program Pelatihan

Langkah berikutnya setelah lulus sekolah adalah mengikuti program pelatihan pengelasan sebagai bekal menjadi seorang welder profesional. Pemerintah sendiri membuka program pelatihan bagi umum melalui BLK atau Balai Latihan Kerja. Di sini peserta dibekali materi dan pelatihan yang fokus melatih kemampuan pengelasan peserta dengan pembimbing profesional. Program pelatihan pun dimulai dari teknik pengelasan sederhana hingga kompleks. Untuk Anda yang ingin mengikuti pelatihan juru las, Anda dapat mendaftar di PT Allpro Mirai Indonesia yang sudah lama berkecimpung di dunia pengelasan.

Ikut Program Magang

Biasanya dari program pelatihan yang diikuti sudah termasuk program magang dengan perusahaan mitra. Dari program magang inilah peserta secara langsung menerapkan pengetahuan dan keterampilan pengelasan yang didapatkan sebelumnya. Selain itu juga peserta tahu produk pengelasan langsung dari lokasi kerja mulai dari tahapan, kesulitan, risiko pekerjaan yang pasti dihadapi serta bagaimana langkah antisipasi nya.

Ikut Program Sertifikasi

Jika pengalaman proyek pengelasan di lapangan dirasa sudah cukup mumpuni, maka langkah yang wajib diambil selanjutnya adalah mengikuti sertifikasi skill secara resmi. Tanpa lisensi resmi sulit untuk mendapatkan pengakuan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Nah, pemerintah Indonesia membuka program sertifikasi melalui LSP atau Lembaga Sertifikasi Profesi yang bekerja di bawah lisensi BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Jenis sertifikasi juga disesuaikan dengan posisi pengelasan atau mesin las yang dioperasikan selama di lokasi kerja.

Profesi juru las tidak hanya berhenti pada tahap sertifikasi profesi, karena cara menjadi tukang las profesional membutuhkan pelatihan skill secara berkelanjutan. Semakin tinggi kemampuan pengelasan yang dimiliki akan memudahkan proses sertifikasi tahap selanjutnya. Di Indonesia, industri pengelasan setidaknya memiliki tiga program sertifikasi welder yang telah ditetapkan oleh lembaga yang berwenang. Namun, semua usaha sertifikasi Anda terbayar dengan gaji yang diterima per bulannya. Misalkan Anda sudah mendapatkan lisensi profesi juru las bawah laut, nominal gaji per hari sebanding dengan kesulitan dan risiko yang harus dihadapi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini