Beranda Pendidikan Jenis Laboratorium di Indonesia Berdasarkan Kegunaannya

Jenis Laboratorium di Indonesia Berdasarkan Kegunaannya

110
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
laboratorium uji material pt detech
laboratorium uji material pt detech

Jenis laboratorium di Indonesia jumlahnya ada sangat banyak. Hal ini perlu diketahui karena semakin banyak aktivitas yang perlu dilaksanakan di laboratorium. Laboratorium sendiri merupakan suatu tempat atau ruangan khusus yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk mengadakan suatu percobaan atau penyelidikan.

Di sebuah lembaga atau instansi kita pasti selalu menemui laboratorium yang khusus untuk aktivitas tertentu, misalnya praktikum atau penelitian. Peralatan yang ada di setiap jenis laboratorium juga disesuaikan dengan jenis dan kegunaan dari laboratorium tersebut.

Fungsi Umum dari Jenis Laboratorium di Indonesia

Sebenarnya, setiap jenis laboratorium di Indonesia pasti memiliki fungsi yang berbeda-beda. Fungsi yang dimaksud tergantung dari lokasi dan tujuan didirikannya laboratorium tersebut. Namun, secara umum fungsi laboratorium yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

Untuk Meningkatkan Keahlian dan Keterampilan Peneliti

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam laboratorium terdapat alat-alat yang dapat mendukung kelancaran percobaan atau penelitian. Keberadaan alat-alat di dalam laboratorium tersebut dapat meningkatkan keahlian dan keterampilan peneliti untuk menggunakannya. Namun, sebelum menggunakannya Anda harus mempelajari cara kerja dari peralatan yang ada agar tidak terjadi kekeliruan.

Menjadi Sarana Belajar Bagi Pemula

Laboratorium dapat menjadi sarana belajar bagi peserta didik atau pemula yang ingin lebih memahami suatu ilmu pengetahuan. Di dalam laboratorium Anda bisa menelaah ilmu-ilmu yang bersifat abstrak hingga bersifat konkret atau nyata. Untuk hal ini, pemula atau peserta didik memerlukan pendampingan dari ahli dalam melakukan praktikum dan penelitian.

Menyeimbangkan Pemahaman Teori dan Praktik

Sebelum praktik di laboratorium, Anda pastinya sudah dibekali dengan teori-teori yang berkaitan. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap teori, maka harus dilakukan praktik secara langsung di laboratorium. Di laboratorium Anda juga bisa menguji suatu teori untuk meningkatkan pemahaman terhadapnya.

Jenis Laboratorium di Indonesia Berdasarkan Kegunaannya

Selain mengetahui pengertian dan fungsi, penting juga untuk mengetahui jenis-jenis laboratorium yang ada di sekitar kita. Berdasarkan kegunaannya, laboratorium diklasifikasikan menjadi lima jenis, yaitu:

Laboratorium Pendidikan

Laboratorium pendidikan adalah jenis laboratorium yang ada di berbagai lembaga pendidikan. Kita bisa menemui laboratorium ini di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, hingga Perguruan Tinggi.

Laboratorium Penelitian

Laboratorium penelitian ini sering kita temui di beberapa lembaga penelitian dan pengembangan ilmu. Beberapa jenis dari laboratorium klinik antara lain adalah laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium uji material dan juga laboratorium mikrobiologi.

Laboratorium Pelayanan Jasa

Jenis laboratorium ini biasa kita temui di rumah sakit, klinik atau apotek yang kegunaannya adalah untuk memberikan layanan kesehatan terhadap masyarakat luas. Jenis laboratorium ini merupakan yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan tes kesehatan.

Laboratorium Pengembangan Produk

Laboratorium ini biasa digunakan untuk melakukan pengembangan produk tertentu yang diproduksi oleh suatu perusahaan. Jenis laboratorium ini juga biasa disebut laboratorium kultur jaringan atau laboratorium analisis pangan.

Laboratorium Pengendalian Produk

Terakhir yaitu laboratorium pengendalian produk atau biasa disebut dengan laboratorium komputasi. Di laboratorium tersebut Anda bisa melakukan kontrol kualitas atau quality control terhadap suatu produk.

Itu dia beberapa fungsi umum dan jenis laboratorium di Indonesia berdasarkan kegunaannya. Laboratorium memang sangat penting keberadaannya di tengah-tengah masyarakat untuk berbagai keperluan. Namun, penggunaan laboratorium juga harus didasari dengan metode keilmuan tertentu agar semua prosesnya dapat berjalan dengan baik. Jika di dalam laboratorium terdapat bahan-bahan atau alat yang berbahaya atau berpotensi menyebabkan ledakan, maka diperlukan perlengkapan keamanan yang khusus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini