Beranda Pengelasan Jenis Profesi dalam Bidang Pengelasan yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Profesi dalam Bidang Pengelasan yang Wajib Anda Ketahui

131
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
jenis profesi dalam bidang pengelasan

Jenis – jenis profesi dalam bidang pengelasan, bidang pengelasan memiliki peran yang sangat penting dalam proses manufaktur dan produksi. Welder atau juru las ialah seseorang yang pekerjaannya menyambung logam/metal, besi/baja, stainless steel, tembaga, kuningan dan lain-lain.

Profesi di bidang ini membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus. Profesi sebagai welder atau juru las biasa terdapat dalam sektor usaha seperti pertambangan, minyak dan gas bumi, industri alat berat, manufaktur, perkapalan, konstruksi hingga industri petrokimia dan pengolahan.

Jenis-jenis Profesi dalam Bidang Pengelasan

Banyaknya cakupan pada bidang pengelasan, maka muncullah jenis-jenis profesi dalam bidang pengelasan. Tentu setiap profesi di masing-masing bidang memiliki tingkat kemudahan, kesukaran dan insentif yang berbeda-beda. Secara umum ragam profesi dalam bidang pengelasan ini terdapat 4 golongan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Welding Supervisor (Welding Spesialis)

Adalah seseorang yang memiliki kewenangan dalam pengawasan, controlling serta memastikan bahwa segala pekerjaan pengelasan yang dilakukan oleh Welder operator sudah sesuai dengan standard dan spesifikasi yang telah ditentukan dalam perencanaan.

Selain itu, welding supervisor juga memiliki tanggung jawab untuk membuat perencanaan dan melaksanakan welder tes agar benar-benar mendapatkan welder operator yang memenuhi kualifikasi, membuat laporan pertanggungjawaban hasil pencapaian pekerjaannya bersama Tim, kontroling atas hasil pengelasan juga perlu dilakukan oleh seorang welder SPV. Jika Anda menginginkan posisi ini gaji yang akan didapatkan berkisar antara Rp 5.000.000 – Rp 7.000.000 per bulan.

2. Welding Operator

Adalah seseorang yang memiliki tugas untuk melakukan penyambungan logam dengan menggunakan beberapa teknik pengelasan. Profesi ini diklasifikasikan lagi berdasarkan jenis material yang dilas. Adapun klasifikasi tersebut ialah Plater Welder, profesi ini diperuntukkan bagi Anda yang hanya bisa melakukan pengelasan pada material carbon steel.

Kedua Pipe Welder, profesi ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengelasan pada material pipa baik besar maupun kecil. Terakhir Welder Wet, profesi ini diperuntukkan bagi Anda yang dapat melakukan pengelasan dalam kondisi basah atau di dalam air. Gaji profesi ini berkisar antara Rp 3.000.000 – Rp 3.500.000 per bulan. Bagi Anda yang ingin melakukan pelatihan welder, Anda dapat menghubungi PT Allpro Mirai Indonesia.

3. Welding Inspector

Adalah seseorang yang memiliki tugas memeriksa seluruh tahapan pekerjaan terkait proses pengelasan baik sebelum, selama dan setelah proses pengelasan. Tanggung jawab dari profesi ini diantaranya memastikan bahwa seluruh pengerjaan pengelasan sesuai dengan WPS (Welding Prosedur Specification), mengawasi proses pemeriksaan hasil pengelasan, manajemen sistem dan regulasi yang hubungannya dengan K3LH. Jika Anda menginginkan profesi ini gaji yang akan Anda dapatkan berkisar antara Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan.

4. Welding Engineer

Welding Engineer adalah seseorang yang tugasnya mendesak, melakukan perhitungan dan penentuan jenis sambungan las yang akan digunakan pada konstruksi, singkatnya profesi ini yang mendesain pembuatan WPS (Welding Procedure Specification). Selain itu profesi ini juga memiliki tanggung jawab dalam pengujian konstruksi sambungan las baik dalam segi kedalaman, proses fabrikasi dan pemasangannya.

Selain itu, profesi ini juga memiliki tugas untuk memilih jenis material yang akan dipakai untuk konstruksi dan proses pengelasan yang dipilih. Posisi ini memegang peranan penting sebab Welding engineer lah yang berhak memberi kewenangan untuk memutuskan urutan dari proses pengerjaan yang sesuai dengan tujuan dan WPS. Gaji untuk profesi ini berkisar antara Rp 7.000.000 – Rp 9.000.000.

Itu tadi jenis-jenis profesi dalam bidang pengelasan. Bagi Anda yang menginginkan profesi welder terdapat syarat umum yang harus dipenuhi untuk tingkat pemula diantaranya usia minimum 18 tahun, memiliki kesehatan fisik yang mumpuni terutama mata dan motorik baik halus maupun kasar. Di Indonesia syarat umum pendidikan seorang Welder setidaknya SLTP dan telah loh memiliki sertifikat Las berstandar ISO yang sesuai dengan keahlian seperti fillet, pelat, atau pipa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini