Beranda Info Cara Merawat Mesin Las dengan Tepat

Cara Merawat Mesin Las dengan Tepat

213
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
cara merawat mesin las
cara merawat mesin las

Memiliki mesin las di rumah tentu harus mengetahui seluk beluk bagaimana cara merawat mesin las yang baik dan benar. Sebenarnya apa itu mesin las? Mesin las adalah mesin yang biasa digunakan untuk menyambung besi menjadi satu kesatuan rangkaian utuh dan membentuk sesuatu sesuai dengan yang Anda inginkan.

Prinsip dari mesin ini sendiri yaitu dengan membakar besi atau menyambung dua bagian logam dengan energi panas. Pada dasarnya mesin las telah dikenal sejak abad ke-20. Mesin las memiliki sumber panas yang berasal dari pembakaran gas Acetylene dan dikenal sebagai karbit. Penggunaan mesin las pada saat itu masih terbilang sangat jarang.

Akan tetapi, semenjak energi listrik mulai bisa digunakan dengan mudah, teknologi pengelasan juga makin maju. Nah, sebagai pengguna mesin las tentu Anda harus tahu cara perawatan yang benar agar mesin tidak mudah rusak. Berikut ini akan dijelaskan cara-caranya.

Kenali Jenis-Jenis Mesin Las Beserta Fungsinya

Saat ini seperti yang telah kita ketahui bahwa mesin las telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan seiring berjalannya waktu. Hal ini juga dipengaruhi oleh permintaan setiap industri yang beraneka ragam, sehingga kebutuhan akan mesin las juga banyak terbagi jenis-jenisnya. Tentunya jenis mesin las yang berbeda-beda ini memiliki karakteristik dan kegunaan masing-masing.

Mesin Las Listrik MMA

Jenis yang pertama yaitu mesin las listrik MMA yang merupakan singkatan dari Manual Metal Arc atau biasa disebut juga SMAW (Shield Metal Arc Welding). Jenis inilah yang saat ini sangat banyak beredar dan digunakan oleh industri di Indonesia.

Biasanya jenis las ini digunakan untuk proses pengelasan yang tidak terlalu berat dan sederhana. Untuk ukurannya, las listrik MMA terdiri dari beragam jenis ukuran ampere tergantung dengan kebutuhan Anda.

Mesin Las Listrik TIG

Jenis yang kedua yaitu mesin las listrik TIG (Tungsten Inert Gas). Gas di sini yaitu gas Argon, sehingga mesin las listrik ini biasa dikenal sebagai mesin las argon. Biasanya mesin las ini digunakan untuk logam ringan seperti magnesium, aluminium, baja ringan. Stainless steel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mesin las ini biasanya diperuntukkan untuk orang yang sudah profesional di bidangnya, karena tingkat kesulitannya yang lumayan tinggi.

Untuk daya konsumsi yang dibutuhkan, mesin las listrik TIG ini sama seperti mesin las listrik MMA. Konsumsi daya listrik bisa diatur melalui setelan ampere pada mesin las. Teknologi yang digunakan pun juga sama yaitu teknologi inverter dan bisa menghemat listrik. Perbedaan dari keduanya yaitu pada mesin las TIG tidak bisa digunakan tanpa adanya gas Argon.

Mesin Las Listrik MIG

Jenis yang terakhir yaitu mesin las listrik MIG yang memiliki kepanjangan Metal Inert Gas. Mesin las yang satu ini biasanya digunakan untuk pengelasan pada metal ataupun logam yang menggunakan gas nyala berasal dari busur nyala listrik. Pada mesin las ini gas yang digunakan adalah gas CO2 atau biasa disebut gas karbon dioksida. Mesin las listrik MIG sangat bagus digunakan untuk las logam tipis hingga yang tebal sekalipun.

Kelebihan dari mesin las listrik MIG sendiri yaitu, proses pengelasannya lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan mesin las listrik MMA. Selain itu, mesin las ini lebih awet, tidak menghasilkan slag atau terak yang mengganggu. Sangat efisien karena proses pengerjaannya cepat sehingga cocok untuk pekerjaan alat berat atau konstruksi.

Berikut Ini Cara Merawat Mesin Las Dengan Benar

Sekarang tentu Anda sudah paham berbagai macam jenis mesin las listrik dan juga fungsi utamanya. Untuk Anda yang sudah memiliki mesin las listrik, tentunya harus bijak dalam merawat dan membersihkan mesin tersebut. Berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai bagaimana cara merawat mesin las listrik dengan baik dan benar, agar bisa awet serta tahan lama.

Selalu Perhatikan Suhu Mesin Las

Mesin las biasanya sudah dilengkapi dengan sensor termostat yang memiliki fungsi untuk pengatur suhu otomatis. Nah, dengan adanya termostat ini Anda bisa mencegah terjadinya overheat pada mesin las.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa kelebihan panas yang dikeluarkan oleh mesin juga memerlukan Supply pendingin yang jauh lebih maksimal. karena itu juga sirkulasi udara yang baik harus sangat diperhatikan.

Bersihkan Komponen Mesin Secara Rutin

Cara yang kedua dan tentunya sangat penting yaitu jangan sampai lupa untuk membersihkan setiap komponen mesin las secara rutin. Setiap unit mesin las harus bersih dari tumpukan debu dan juga serbuk besi.

Hal ini dikarenakan meskipun serbuk bersih terlihat sepele, namun inilah yang bisa menimbulkan hubungan arus pendek. Tentu hubungan arus pendek ini akan menimbulkan kebakaran bahkan ledakan.

Gunakan Sumber Daya Stabil

Selalu ingat untuk menghindarkan mesin las listrik menggunakan sumber yang asalnya dari generator. Apalagi jika generator tersebut tidak dilengkapi dengan penstabil tegangan. Kenapa tidak boleh? Tentu karena jika arus listrik yang dihasilkan oleh generator naik turun, hasil lasnya pun terbilang sangat jelek dan tidak rapi. Selain itu hal ini juga bisa menyebabkan regulator pada unit mesin cepat rusak.

Gunakan sumber daya listrik yang stabil ketika akan melakukan pengelasan pada logam. Dengan adanya sumber daya listrik yang stabil, maka kerja mesinnya juga bisa lebih statis dan juga bisa memperpanjang usia regulatornya. Anda harus pandai mengatur sumber daya listrik yang dikeluarkan, apalagi jika jenis las yang Anda gunakan tidak memiliki termostat.

Hindari Kontak dengan Cairan

Jangan lupa untuk menghindarkan mesin las listrik dari berbagai macam cairan. Rangkaian elektronika yang ada pada mesin las sangat rentan terhadap berbagai macam cairan. Hal ini sangat membahayakan karena bisa menimbulkan arus pendek listrik. Maka dari itu peletakan terhadap unit las harus sangat Anda perhatikan agar terhindar dari cairan berbahaya.

Pakai Sesuai Kemampuan Mesin

Cara yang terakhir yaitu sesuaikan kawat atau elektroda las sesuai dengan kemampuan yang telah diizinkan mesin. Jangan sampai kekurangan atau bahkan berlebihan. Hal ini sangat penting agar hasil kerja pengelasan menjadi lebih sempurna. Selain itu dengan cara ini juga mesin las bisa terus bekerja dengan kondisi yang prima.

Nah seperti itulah sedikit info mengenai jenis-jenis mesin las listrik, fungsi, dan juga cara merawat mesin las listrik secara baik dan benar. Sebagai seseorang yang masuk dalam dunia kelistrikan, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui secara detail jenis, fungsi, sekaligus cara perawatan mesin las yang benar. Anda harus merawat mesin las dengan sepenuh hati agar tetap awet dan tahan lama.

Selain itu, mesin las juga sangat berbahaya jika Anda teledor dalam penggunaannya. Anda bisa menggunakan beberapa cara perawatan diatas agar segala hal buruk tidak terjadi. Apalagi jika salah dalam perawatan, mesin las juga bisa menimbulkan hubungan arus pendek yang pastinya memicu letupan dan kebakaran. Jangan lupa untuk selalu mempelajari buku manual sebelum menggunakan. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini