Beranda Desain Gambar Download Gambar Denah dan Potongan Toilet Umum (Mall) DWG AutoCAD

Download Gambar Denah dan Potongan Toilet Umum (Mall) DWG AutoCAD

4752
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
desain denah dan potongan toilet umum (mall)
desain denah dan potongan toilet umum (mall)

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Pertemuan kali ini saya akan membagikan referensi Gambar Denah dan Potongan Toilet Umum (Mall) DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar gambar. Detail kamar mandi dan WC ini bisa juga digunakan untuk rumah sederhana, rumah mewah, rumah minimalis, ruko, maupun kantor. Tetapi gambar ini lebih dikhususkan untuk bangunan Mall saja.

Pengertian Toilet

Toilet adalah fasilitas sanitasi untuk tempat buang air besar dan kecil, tempat cuci tangan dan muka. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sanitasi adalah usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan, terutama kesehatan masyarakat. Tanpa definisi resmi di atas pun, seluruh masyarakat dan semua orang tentu saja telah mengetahui tentang apa itu toilet dan pentingnya kebersihan toilet.

Tahun 2004 lalu, Kementerian Negara Pariwisata dan Kebudayaan mengeluarkan standar yang harus dipatuhi toilet umum, dalam hal ini “fasilitas sanitasi yang mengakomodasi kebutuhan membuang hajat yang digunakan oleh masyarakat umum, tanpa membedakan usia maupun jenis kelamin dari pengguna tersebut”. Standar tersebut antara lain:

1. Persyaratan Ruang:

  • Ruang untuk buang air besar (WC) P = 80-90 cm, L = 150-160 cm, T = 220-240 cm
  • Ruang untuk buang air kecil (Urinoir) L = 70-80 cm, T = 40-45 cm

2. Sirkulasi Udara: Mempunyai kelembaban 40 – 50 %, dengan taraf pergantian udara yang baik yaitu mencapai angka 15 air-change per jam (dengan suhu normal toilet 20-27 derajat celcius)

3. Pencahayaan: Sistem pencahayaan toilet umum dapat menggunakan pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Iluminasi standar 100 – 200 lux.

4. Konstruksi Bangunan:

  • Lantai, kemiringan minimum lantai 1 % dari panjang atau lebar lantai.
  • Dinding, ubin keramik yang dipasang sebagai pelapis dinding, gysum tahan air atau bata dengan lapisan tahan air.
  • Langit-langit, terbuat dari lembaran yang cukup kaku dan rangka yang kuat sehingga memudahkan perawatan dan tidak kotor.

Secara resmi, standar tersebut adalah standar yang harus diberlakukan oleh toilet umum. Meskipun demikian, hal tersebut tidak melarang toilet yang terdapat di tempat-tempat lain untuk memenuhi standar yang sama. Selain standar resmi yang tersebut di atas, ada pula standar universal yang selayaknya diberlakukan pada semua jenis toilet, yaitu kebersihan.

Download Gambar Denah dan Potongan Toilet Umum (Mall) DWG AutoCAD

Denah kamar mandi ini berukuran 9,3 x 7 meter, jadi kalian bisa dengan mudah mengubah ukuran gambar diatas dengan ukuran gambar sesuai kebutuhan yang di inginkan. Gambar ini mungkin banyak sekali kekurangannya, saya hanya membagikan saja sebagai referensi agar teman-teman tidak perlu menggambar lagi denah dan potongan dari toilet mall ini.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Baiklah tanpa berlama-lama langsung saja saya sertakan link downloadnya dibawah ini:

Denah dan Potongan Toilet Umum (Mall) DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[294.31KB]
Mediafire DOWNLOAD[294.31KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Denah dan Potongan Toilet Umum (Mall) DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini