Beranda Sipil Download RAB Bangunan Kantor Desa Format Excel

Download RAB Bangunan Kantor Desa Format Excel

1369
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab bangunan kantor desa
rab bangunan kantor desa

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan RAB Bangunan Kantor Desa Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

RAB ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi perhitungan anggaran biaya untuk bangunan kantor desa, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar menghitung anggaran biaya.

Pengertian Kantor Desa

Kantor Desa adalah pusat pelayanan di Desa, menjadi central segala kegiatan yang ada di Desa, baik itu di bidang Pemerintahan, Pemberdayaan, Pembangunan ataupun Pembinaan semua berpusat di Kantor Desa.

Keberadaan dan kondisi dari sebuah kantor Desa bisa mencerminkan dari identitas Desa itu sendiri, bahkan tidak jarang masyarakat melihat kantor saja untuk menentukan nilai sebuah Desa secara keseluruhan. Karena hal tersebut, maka tidak salah kiranya jika di dalam pemerintahan desa untuk memprogramkan pembangunan kantor yang layak.

Kantor yang layak adalah kantor yang baik untuk pelayanan dan memberikan rasa nyaman bagi setiap warga yang hendak melaporkan atau sekedar meminta pelayanan surat-menyurat, dan juga kantor Desa bisa dikatakan layak jika kantor tersebut membuat betah personil desa baik itu Kepala Desa sendiri dan juga seluruh perangkat.

Download RAB Bangunan Kantor Desa Format Excel

Sebagaimana yang kita ketahui, pelaksanaan kegiatan pembangunan desa dapat berjalan dengan baik jika dimulai dari perencanaan yang baik pula, ini berlaku secara umum.

Jika Desa merencanakan pembangunan Kantor Desa sebagaimana dimuat dalam RKP Desa dan APBDes, maka selanjutnya Pemerintah Desa harus membuat atau menyusun rencana atau rincian kebutuhan belanja anggaran dan sumber dananya dalam dokumen Rencana Anggaran Belanja (RAB) Bangunan Kantor Desa. RAB adalah salah satu dokumen dalam DPA APBDes.

RAB Sebagai salah satu DPA APBDes sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa harus disusun dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Berbeda dengan kegiatan lainnya, kegiatan fisik/konstruksi seperti pembangunan kantor, irigasi, embung, drainase, jembatan desa dan lain-lain membutuhkan perhitungan teknis.

Selain RAB, kegiatan itu juga perlu dilengkapi dengan desain gambar rencana, analisa harga satuan (AHS), analisa volume dan dimensi, dan lain-lain sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk desain gambar pekerjaan sendiri dapat dibuat menggunakan aplikasi atau pun manual, ini situasional/sesuai kondisi.

Secara umum RAB bangunan kantor desa meliputi belanja bahan, alat, upah dan operasional pelaksana kegiatan. TPK sebagai selain sebagai penanggungjawab teknis atas kegiatan ini, juga sebagai perencana atau pembuat RAB harus menguraikan dan menghitung item belanja dan kebutuhan bangunan balai desa ini. Detail pekerjaan, volume pekerjaan dan harga satuan serta total harga harus cermat disusun dan dihitung.

Untuk mempermudah dalam pembuatan RAB bangunan kantor desa ini, silahkan didownload contoh RAB bangunan kantor desa Tahun 2020 secara gratis dibawah ini:

RAB Bangunan Kantor Desa 2020 Format Excel

Google Drive DOWNLOAD[369.36KB]
Mediafire DOWNLOAD[369.36KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan kali ini mengenai RAB Bangunan Kantor Desa Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi mengerjakan proyek anggaran biaya desa atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini