Beranda Sipil Download RAB dan Gambar Pembuatan Tenda

Download RAB dan Gambar Pembuatan Tenda

552
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab dan gambar pembuatan tenda
rab dan gambar pembuatan tenda

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan RAB dan Gambar Pembuatan Tenda kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

RAB ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi perhitungan anggaran biaya untuk tenda, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar menghitung anggaran biaya.

Pengertian Tenda

Tenda adalah tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya menutupi yang melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri diatas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon.

Tenda banyak digunakan oleh tentara maupun sebagai tempat penampungan korban bencana alam dan secara umum tenda digunakan untuk tujuan rekreasi. Tenda merupakan rumah bagi pendaki gunung, tempat kita melepas lelah setelah menempuh beberapa lama perjalanan mendaki suatu gunung, tenda juga melindungi kita dari cuaca yang kadang ekstrim sekalipun.

Tenda biasanya mempunyai dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang bernafas (breathable) atau bahan non-waterproof dan dinding luar (flysheet) yang terbuat dari bahan yang anti air. Ini bertujuan mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan beberapa aktivitas di dalam tenda. Kondensasi terjadi karena hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh dan atau memasak di dalam tenda, jadi untuk mengatasi hal tersebut diperlukan dinding dalam tenda terbuat dari bahan yang non waterproof, agar hawa panas tersebut bisa keluar.

Download RAB dan Gambar Pembuatan Tenda

Kali ini saya ingin memberikan RAB Pembuatan Tenda yang sudah dilampirkan dengan gambarnya dalam format excel. Anda tidak perlu takut jika tidak punya uang, file master rab ini saya bagikan secara cuma-cuma alias gratis. Semoga file ini bisa bermanfaat dan membantu rekan-rekan dalam menyelesaikan tugas maupun project.

Dalam memberdayakan masyarakat desa, penduduk sekitar harus pandai membuat usaha dengan tujuan supaya masyarakat desa bisa maju, mandiri dan berdaya saing terhadap kemajuan zaman. Salah satunya yaitu dengan memulai usaha sewa tenda. Masyarakat Desa bisa mengajukan bantuan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Sederhana dan gambar pembuatan tenda ke kantor desa.

Bagaimana prosedurnya?

Prosedurnya sangat mudah, berawal dari pemberitahuan Kepala desa kepada RT atau RW agar melaksanakan musyawarah warga untuk mengajukan bantuan kepada desa dengan dilengkapi formulir ajuan bantuan dari desa setempat.

Misal, Dukuh A RT 02 dan RW 03 sepakat untuk memulai usaha sewa tenda dengan mengajukan bantuan berupa pembuatan tenda yang bertujuan supaya warga Dukuh A RT 02 RW 03 mempunyai Usaha Kecil Tingkat RT. Dari usaha tersebut akan terbentuk RT maju, mandiri dan berdaya saing dengan RT Lain di desa A tersebut.

Dari musyawarah warga tersebut harus diambil skala prioritas ajuan bantuan dan apabila sudah disepakati oleh warga masyarakat bisa mengajukan bantuan pembuatan tenda kepada kepala desa melalui Murenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa).

Dari mana Dana Bantuan Tersebut?

Pengajuan bantuan yang diusulkan Dukuh A RT 02 RW 03 Desa B, didapat dari dana bantuan yang bersumber dari APBN yaitu Dana Desa. Bisa juga dana bantuan tersebut didanai melalui sumber dana yang lainnya baik dari APBD Kab maupun APBD Prov.

Berhubung Usulan Warga Dukuh A RT 02 RW 03 Desa B sangat bagus dan menginspirasi warga Dukuh lain, maka Usulan tersebut langsung di ACC oleh pemerintah desa.

Kemudian usulan tersebut dituangkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau disebut juga dengan RAPBDes Desa B. Kemudian di sahkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa bisa juga disebut APBDes Desa B.

Untuk pembuatan Tenda dibutuhkan beberapa alat serta bahan yang bagus supaya tenda tersebut bisa digunakan dalam jangka panjang. Sebelum menghitung kebutuhan alat serta bahan, ukur terlebih dahulu berapa panjang dan lebar kebutuhan tenda.

Berikut contoh ukuran pembuatan tenda:

Pembuatan Tenda direncanakan penggunaannya dengan ukuran lebar 4 meter dan panjang 8 meter.

Kebutuhan Alat dan Bahan untuk pembuatan Tenda:

  • Pipa besi Q 1.5
  • Pipa besi Q 3/4
  • Besi Q 12
  • Plat besi
  • Galvalum
  • Cat besi
  • Minyak cat

Kebutuhan Upah Pekerja:

  • Tukang las
  • Tenaga

Untuk mempermudah dalam pembuatan RAB tenda, silahkan didownload RAB Pembuatan Tenda yang dilengkapi dengan gambar secara gratis dibawah ini:

RAB Pembuatan Tenda

Google Drive DOWNLOAD[36.56KB]
Mediafire DOWNLOAD[36.56KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan kali ini mengenai RAB dan Gambar Pembuatan Tenda, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar menghitung anggaran biaya tenda atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini