Beranda Arsitek Agar Mimbar Masjid Tetap Awet, Berikut Tips Mudah Merawatnya

Agar Mimbar Masjid Tetap Awet, Berikut Tips Mudah Merawatnya

111
0
BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.

Tips Merawat Mimbar Masjid Agar Tetap Awet – Siapa sih yang gak tahu salah satu icon atau ciri khas ornamen masjid? Itu lohh perabotan di masjid yang biasa digunakan untuk berkhutbah.

Ya, mimbar masjid. Salah satu icon dan ciri khas pada sebuah masjid yang biasanya terbuat dari bahan kayu dengan ukiran kaligrafi maupun ukiran khas Jepara memang memiliki fungsi yang sangat vital di masjid.

Meskipun tidak setiap hari digunakan, mimbar masjid tetaplah menjadi furniture yang wajib ada dalam masjid.

mimbar masjid jati kubah ukir mewah.jpg

bahan kayu untuk pembuatan mimbar masjid dipilih sebab, sifat furniture kayu jauh lebih kuat dan kokoh dibanding furniture atau mimbar masjid lainnya. Tapi jangan salah, meskipun mimbar masjid kayu cenderung bisa lebih awet tetapi harus tetap dengan perawatan yang tepat lohh. Jangan sampai salah, niatnya untuk merawat dan membersihkan mimbar masjid terbaru tapi justru malah merusak konstruksi kayu yang akhirnya justru merusaknya.

Tips Merawat Mimbar Masjid Agar Tetap Awet

Nahh agar terhindar dari kesalahan saat merawat sebuah mimbar masjid, berikut kami berikan sedikit tipsnya agar mimbar masjid jati lebih awet dengan perawatan yang cukup mudah dan benar.

Letakkan di tempat normal dan kering

Sejatinya, meskipun kayu menjadi bahan baku terbik pembuatan mimbar masjid ia memiliki kelemahan yaitu tidak tahan dengan cuaca yang terlalu panas maupun lembab. Pada tempat panas, kayu bisa menyusut bahkan retak karena terlalu kering. Sedangkan pada suhu yang sangat lembab, akan membuat tumbuh kembang jamur di mimbar bertumbuh dengan baik. Itulah sebabnya meletakkan mimbar masjid jati di tempat bersuhu normal dan kering sangat dianjurkan.

Menggunakan alas

Hal ini sangat penting agar mimbar masjid kayu tidak mudah rusak karena bergesekan langsung dengan ubin masjid. Hal ini juga dimaksudkan agar pada saat ingin memindahkan mimbar masjid ke suatu tempat, akan lebih mudah.

Bersihkan secara berkala

Nahh untuk satu hal ini harus benar-benar diperhatikan nih.. jangan hanya karena tidak ingin mimbar masjid di tempatmu kotor sampai-sampai malah terlalu sering membersihkannya. Untuk perawatan sehari-hari, cukup bersihkan debu yang menempel dengan kemoceng. Apabila terdapat noda membandel di ninbar masjid jati, cukup seka dengan kain basah dan gosok perlahan hingga noda hilang, lalu lap kembali segera mungkin dengan kain kering.

mudah bukan? Tips merawat mimbar masjid dengan cara sederhana ini bisa juga lohh untuk anda terapkan sendiri di rumah untuk merawat furniture kayu atau perabot kayu milik anda di rumah agar awet.

Penulis: zavidfurniture.com

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini