Beranda Sipil Download RAB untuk Pelaksanaan Pembangunan Rumah

Download RAB untuk Pelaksanaan Pembangunan Rumah

8736
1
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab pelaksanaan bangunan rumah tinggal
rab pelaksanaan bangunan rumah tinggal

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Tentu tiada bosannya saya doakan semoga kalian sehat selalu. Kali ini saya akan membagikan contoh RAB untuk Pelaksanaan Pembangunan Rumah. Tentu ini akan berguna buat rekan-rekan baik untuk digunakan di proyek maupun sebagai referensi pembelajaran.

Pengertian RAB/ Rencana Anggaran Biaya

RAB adalah Suatu acuan atau metode penyajian rencana biaya yang harus dikeluarkan dari awal pekerjaan dimulai hingga pekerjaan tersebut selesai dikerjakan. Rencana biaya harus mencakup dari keseluruhan kebutuhan pekerjaan tersebut, baik itu biaya material atau bahan yang diperlukan, biaya alat (Sewa atau beli), Upah Pekerja, dan biaya lainnya yang diperlukan.

Secara garis besar RAB terdiri dari 2 Komponen utama yaitu, Volume pekerjaan dan Harga satuan Pekerjaan. Volume pekerjaan dapat diperoleh dengan cara melakukan perhitungan dari gambar rencana yang tersedia atau berdasarkan kebutuhan real di lapangan. Sedangkan Harga satuan didapat dari analisa harga satuan dengan mempertimbangkan banyak hal, diantaranya:

Bahan atau material

Dalam harga bahan harus sesuai dengan kondisi dilapangan dan harus turut memperhitungkan fluktuasi harga serta ketersediaan bahan atau material tersebut dipasaran. Selain itu, Faktor susut atau Faktor kehilangan material juga harus turut diperhitungkan mengingat hal tersebuat akan berpengaruh cukup besar pada biaya.

Upah Tenaga Kerja

Penetapan biaya Tenaga kerja dipengaruhi beberapa hal seperti, kondisi tempat kerja, lama waktu kerja, dan keterampilan tenaga kerja itu sendiri.

Biaya Peralatan

Biaya Peralatan diperhitungkan tidak hanya mempertimbangkan biaya pembelian alat atau sewa, mobilisasi/demobilisasi, dan biaya pengeporesian selama pekerjaan berlangsung, tapi juga memperhitungkan kapasitas Produksi dari peralatan tersebut.

Biaya lain-lain

Biaya lain lain seperti biaya sewa kantor, biaya perjalanan, dokumentasi, pajak, asuransi, biaya pengujian atau pengetesan, dan biaya lain yang diperlukan selama pekerjaan berlangsung.

Agar lebih baik dan teratur, pekerjaan menghitung anggaran dimulai dari pekerjaan galian tanah untuk Pondasi dan Sloof, mengisi kembali bekas galian, urugan tanah atau pasir dibawah pondasi dan lantai. Kemudian diteruskan dengan pekerjaan beton dan batu, seperti pasangan batu kali untuk pondasi, cor beton untuk sloof, kolom beton, ring balk, dan sebagainya. Menyusul pekerjaan kayu seperti pembuatan dan pemasangan kusen pintu atau jendela, kuda-kuda, Rangka Atap dan Yang terakhir pekerjaan finishing.

Setelah dihitung, seluruh harga bahan dan upah ditotal dan ditambah biaya tak terduga sebesar 10 sampai 15%. Dengan demikian dapat diketahui biaya total yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan tersebut. Berdasarkan kubikasi dan luas tiap-tiap pekerjaan dapat pula diketahui jumlah bahan yang dipakai, seperti pemakaian semen, pasir, batu kali, kerikil, besi beton, kayu, atap dan bahan-bahan lainnya.

Download RAB untuk Pelaksanaan Pembangunan Rumah

File yang saya bagikan ini merupakan file rab yang dipakai untuk pelaksanaan pembangunan rumah. Setelah saya pikir-pikir alangkah bagusnya jikalau saya share di blog saya. Kebetulan akhir-akhir ini banyak yang request rab rumah, baik type sedang maupun type besar, penggunaannya tentu sama saja.

File excel ini sejatinya dibuat menggunakan ms. excel 2007. Oleh sebab itu jika rekan-rekan membukanya di ms. excel 2007 kebawah, anda akan melihat notifikasi file tidak dapat dibuka. Oleh sebab itu saya sarankan gunakan ms. office versi 2007 atau versi diatasnya.

Berikut adalah Contoh RAB untuk Pelaksanaan Pembangunan Rumah yang biasanya di gunakan untuk pekerjaan proyek bangunan, silahkan didownload secara gratis dibawah ini:

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai RAB untuk Pelaksanaan Pembangunan Rumah, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar menghitung anggaran biaya atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini