Beranda Konstruksi Bangunan Jenis Batu Alam yang Digunakan untuk Bahan Bangunan

Jenis Batu Alam yang Digunakan untuk Bahan Bangunan

BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.
Jenis Batu Alam
Jenis Batu Alam

Apakah Anda tipe orang yang suka mendekorasi rumah menggunakan bahan material alami? Kalau iya, pasti sudah menggunakan jenis batu alam sebagai bahan material untuk dekorasi rumah, khususnya outdoor.

Perlu diingat ya, kalau jenis batu alam itu ada banyak sekali dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kalau Anda belum mengetahui apa saja jenis batuan alam yang terbaik, maka saya akan memberikan pembahasannya secara lengkap. Langsung saja kita menuju kepembahasan utama!

Mengenal Batu Alam

Batu alam adalah suatu jenis batuan yang diciptakan oleh alam dan tanpa dilengkapi dengan sentuhan tangan manusia. Batu alam sendiri kalau di Indonesia bisa ditemukan diberbagai daerah. Batuan alam pun memiliki berbagai kegunaan sesuai dengan karakterstik yang memang dimiliki.

Batu alam sendiri bisa dibilang sudah banyak digunakan buat mempercantik rumah. Batu alam bukan cuma digunakan buat hiasan diluar rumah atau outdoor saja, akan tetapi sering juga dipakai untuk dalam rumah. Misalnya saja buat hiasan dikamar mandi dampai dengan ruang tamu.

Karakternya yang adem akan membuat rumah menjadi terasa sangat sejuk sekali. Selain itu beberapa jenis batu alam tertentu juga memiliki kesan mewah. Harganya pun terjangkau dan mudah untuk ditemukan diberbagai daerah karena memang telah memiliki produsen disetiap daerah.

Kegunaan Batu Alam

Jenis Batu Alam
Jenis Batu Alam

Batu alam sudah kita ketahui nih, dalam penjelasan diatas. Seperti kita ketahui batu alam punya banyak kegunaan, berikut ini beberapa diantaranya :

  • Penghias lantai taman. Agar mendapatkan kesan taman yang lebih alami, kita tidak hanya bisa mengandalkan tanaman saja. Kita juga wajib menggunakan batuan alam, misalnya batu apung untuk taman.
  • Mengatasi insomnia. Batu alam juga sangat bagus buat kesehatan, salah satunya mengetasi insomnia. Ini adalah manfaat batuan alam berupa batu germanium.
  • Motif dinding rumah, tiang teras atau pagar rumah. Agar dinding dirumah tidak terlihat membosankan, maka bisa bisa mengaplikasikan batuan alam untuk melengkapi hiasan dekorasi outdoor atau indoor rumah.
  • Detoksifikasi. Adda beberapa jenis batuan yang bisa digunakan untuk proses detoksifikasi. Misalnya saja batuan onyx, giok dan quartz. Beberapa batuan alam ini memang telah terbukti sangat mampu untuk mambantu kita dalam proses pengeluaran zat atau racun berbahaya yang ada dalam tubuh.
  • Menyejukkan ruangan. Kita sudah mengetahui kalau batuan alam itu memiliki ciri khas yang dapat menyerap panas, sehingga suhu didalam ruangan lebih dingin. Selain itu bukan hanya rasanya yang jadi dingin, akan tetapi kita yang meliha batuan pasti akan merasa lebih dingin.

Jenis Batu Alam

Kita telah mengetahui sebelumnya kalau jenis jenis batu alam minimalis yang indah itu ada banyak, akan tetapi disini saya akan memberikan beberapa rekomendasinya. Berikut ini diantaranya :

  • Batu Andesit

Batu Andesit
Batu Andesit

Pertama kita akan membahas mengenai jenis batu alam untuk dinding yang paling terkenal yaitu batu andesit. Batu ini sendiri berasal dari campuran bahan vulkanik yang punya tekstur sangat keras dan padat.

Ciri khas dari batu ini adalah warna abu gelapnya yang indah, selain itu juga punya berbagai mavam motif yang cantik. Karena motif yang cantik inilah kemudian membuat batu andesit sering dipakai buat interior ataupun eksterior.

  • Batu Marmer

Batu Marmer
Batu Marmer

Jenis batu alam untuk lantai yang indah berikutnya adalah marmer. Kita pasti sudah kenal banget dengan batu yang punya banyak gabungan pola warna dan corak menarik. Batu marmer sendiri sangat cocok bila kita pakai buat dinding juga.

Batu mermer bukan hanya disukai karena warna dan coraknya saja, akan tetapi karakternya yang adem juga menjadi kelebihan. Selain itu memiliki kesan mewah dan awet. Cocok untuk dinding rumah agar supaya tampak mewah, tapi wajib sekali memakai batako yang kuat ya dindingnya.

  • Batu Granit

Batu Granit
Batu Granit

Selanjutnya ada jenis batu alam untuk pagar, lantai, dinding, anak tangga dan berbagai tempat lainnya yaitu batu granit. Batu ini punya karakter yang kuat dan tahan segala macam cuaca.

Kelebihan lain dari batu granit adalah memiliki ukuran pori yang kecil, sehingga tidak akan terlalu mudah buat menyerap air atau noda apapun. Hal ini juga yang membuat perawatannya jadi sangat mudah.

  • Batu Putih Cacing

Aneka jenis batu alam dinding ini berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Jenis batuan alam yang masuk kedalam kategori sandstone ini sangat cocok untuk digunakan dalam rumah dengan konsep rumah minimalis. Hal ini karena batu putih acing punya ciri khas warna putih dilengkapi dengan corak halus berwarna hitam.

Sandstone memang terkenal bagus buat dekorasi rumah. terutama melihat karakteristiknya yang padat dan keras karena terbentuk dari batuan pasir. Kalau kita lihat secara seksama, memang dalam batu ini seperti ada benang kecil menyerupai cacing. Hal ini lah yang membuatnya disebut sebagai batu putih cacing.

  • Batu Candi

Anda pasti tahu apa itu candi bukan? Yang betul batuan yang satu ini juga termasuk kedalam batu yang pada zaman dahulu digunakan buat candi atau stupa. Dari bahan dasar yang digunakan memang serupa. Batu candi punya beberapa kelebihan juga.

Kelebihan dari batu candi ini salah satunya adalah perbendingan jenis batu alam dan harga yang relatif terjangkau. Selain itu batu ini punya karakteristik yanga dem, jadi kita tidak akan kepanasan. Batu candi memang sangat direkomendasikan.

  • Batu Breksi

Batu Breksi
Batu Breksi

Batuan yang sudah terkenal berasal dari daerah Jogja ini banyak digunakan buat dinding. Kalau Anda ingin selalu mengutamakan elemen yang mendetail pada arsitektur bangunan, maka bisa memilih batu breksi ini.

Beberapa kelebihan batu ini yaitu dilengkapi dengan corak agar mirip seperti batang kayu belah. Memang kalau dilihat dari jauh kelihatan polos, tapi sebenarnya punya motif cantik bila dilihat dari dekat. Kisaran jenis batu alam dan harganya juga masih tergolong ekonomis.

  • Batu Templek

Batu Templek
Batu Templek

Jenis-jenis batu alam yang digunakan untuk bahan bangunan selanjutnya adalah batu alam templek. Batu alam ini sendiri bisa kita temukan di Purwakarta, Garut sampai Salagedang. Jenis batuan yang ditemukan pada ketiga daerah ini sendiri punya motif atau pola yang berbeda-beda.

Batu alam sendiri termasuk kedalam jenis batu alam yang sangat menakjubkan sekali. Karakter yang padat dan keras dapat membuatnya cocok digunakan diluar ruangan. Hal ini tentu disebabkan oleh karakter tahan cuacanya sehingga gak akan berlumut atau berjamur.

  • Batu Palimanan

Jenis batuan terakhir adalah jenis batu alam untuk dinding luar rumah berupa batu palimanan. Batu ini sendiri berasal dari daerah Cirebon lebih tepatnya dari daerah Gunung Ciremai. Batu Palimanan juga termasuk kedalam sandstone.

Batuan ini memang proses terbentuknya berdasarkan proses sedimentasi butiran pasir yang ada didaerah pegunungan. Batuan ini sangat cocok sekali buat digunakan pada berbagai macam jenis bangunan.

Itulah pembahasan yang dapat saya lakukan tentang pengenalan batu alam beserta apa saja jenisnya. Anda bisa memilih mana jenis batu alam yang sesuai dengan karakter rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini