Beranda Pendidikan Lembaga Sosial: Pengertian, Jenis, Ciri Beserta Fungsinya

Lembaga Sosial: Pengertian, Jenis, Ciri Beserta Fungsinya

257
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
lembaga sosial
lembaga sosial

Apa itu lembaga sosial? Seringkali kita mendengar istilah tersebut namun belum begitu memahami makna, jenis, dan juga fungsinya. Secara umum lembaga sosial diartikan sebagai suatu kelompok yang terbentuk karena adanya nilai, kepribadian, adat istiadat, norma dan juga unsur lainnya.

Unsur yang dimaksud merupakan sebuah unsur yang berkembang dalam ruang lingkup masyarakat secara luas. Dasar utama mengapa lembaga sosial perlu dibentuk dalam masyarakat yaitu karena berbagai kebutuhan dan pemanfaatan SDA harus diatur sedemikian rupa. Seperti yang dilansir oleh perpustakaan online berikut tentang pengertian dari lembaga sosial, jenis, ciri dan juga fungsinya berikut akan diulas penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli

Agar kita lebih semakin paham dan jelas mengenai pengertian dari lembaga sosial, tidak ada salahnya untuk melihat beberapa pendapat para ahli. Nah berikut ini beberapa pengertian lembaga sosial yang diungkapkan oleh beberapa ahli terkenal dunia.

1. Peter L. Berger

Pendapat pertama yakni disampaikan oleh Peter L Berger. Menurutnya lembaga sosial merupakan sebuah prosedur yang menyebabkan manusia ditekan dan dipaksa untuk melalui jalan atau pola tertentu yang dianggap sesuai.

2. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat pengertian lembaga sosial yaitu sebuah sistem yang mengatur tentang tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas manusia. Tujuannya adalah untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan dari kehidupan manusia tersebut.

3. Paul Horton Chester L Hunt

Pengertian lembaga sosial yaitu suatu sistem yang berkaitan dengan norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar dari masyarakat.

4. W. Hamilton

Menurut W. Hamilton, pengertian lembaga sosial adalah suatu tata cara kehidupan dalam kelompok masyarakat. Apabila tata cara tersebut dilanggar maka Anda dijatuhi sanksi sesuai dengan ketentuan.

5. Soerjono Soekanto

Pengertian lembaga sosial yaitu sebuah himpunan norma yang berasal dari berbagai tingkatan yang berkisar pada kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

Fungsi/Peran Lembaga Sosial

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas bahwa keberadaan lembaga sosial di dalam masyarakat memiliki berbagai macam fungsi dan juga peranan. Berikut ini beberapa fungsi/peran lembaga sosial dalam masyarakat, antara lain:

  1. Sebagai pedoman untuk anggota masyarakat terkait bagaimana tata cara berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.
  2. Untuk memberikan pedoman kepada masyarakat terkait tata cara pengendalian sosial sehingga perilakunya dapat terkendali.
  3. Menjaga keutuhan dan kesatuan masyarakat umum. Perlu diketahui bahwa salah satu fungsi lembaga sosial adalah bertanggungjawab untuk mempersatukan anggota masyarakat agar tetap bersatu dan terintegrasi dengan baik. Integrasi sosial yang dimaksud yaitu berkaitan dengan kesepakatan antara kelompok yang berbeda dalam masyarakat.

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Setiap lembaga sosial baik yang terbentuk secara sengaja atau tidak sengaja wajib memiliki ciri-ciri lembaga sosial. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

  1. Memiliki simbol, simbol yang dimaksud difungsikan untuk mempermudah dalam mengingat keberadaan lembaga, visi, misi dan juga tujuan yang ingin dicapai.
  2. Memiliki Tingkat Kekekalan Tertentu. Seperti yang diketahui, lembaga sosial terbentuk karena adanya kesepakatan dan proses yang panjang dalam mengatur kehidupan masyarakat. Ketika suatu lembaga sosial diciptakan atas persetujuan berbagai pihak dam masyarakat, lembaga sosial tersebut akan cenderung lebih bertahan lama.
  3. Memiliki tujuan jelas, ciri khas selanjutnya lembaga sosial yaitu memiliki aturan yang sangat jelas. Aturan yang dibuat harus disepakati antara anggota satu dengan anggota yang lainnya.
  4. Memiliki pola perilaku, maksudnya yaitu adanya sekumpulan pola pemikiran yang terwujud berdasarkan aktivitas kemasyarakatan beserta hasil-hasilnya.
  5. Memiliki tradisi, satu lagi ciri yang wajib dimiliki oleh suatu lembaga sosial yaitu memiliki tradisi baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Namun perlu diingat bahwa aturan dalam lembaga tersebut harus ditaati oleh semua pihak yang tergabung dalam lembaga sosial tersebut.

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan ciri-ciri lembaga sosial, maka kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencari tahu apa saja jenis-jenis lembaga sosial. Nah berikut beberapa jenis lembaga sosial yang ada di masyarakat, antara lain:

1. Lembaga Keluarga

Seperti yang diketahui, keluarga merupakan sebuah unit sosial yang paling kecil dalam masyarakat. Lembaga keluarga sendiri menjadi lembaga sosial pertama yang menaungi manusia semenjak dari lahir. Dalam sebuah keluarga terdapat beberapa anggota keluarga yang saling bergantung antara yang satu dengan lainnya. Sama dengan jenis lembaga lainnya, dalam lembaga keluarga masing-masing anggota memiliki fungsi dan juga peran. Peran keluarga dalam masyarakat sangatlah penting karena dapat menentukan kepribadian seseorang ke depannya.

2. Lembaga Pendidikan

Selanjutnya jenis lembaga sosial adalah lembaga pendidikan. Sesuai dengan namanya, lembaga sosial yang satu ini berperan sebagai tempat berlangsungnya pendidikan atau pembelajaran seseoang. Tujuan lembaga sosial ini yaitu untuk mengubah dan mengatur tingkah laku seseorang agar menjadi lebih baik. Jika dilihat dari segi bisnis, lembaga pendidikan ini dapat mempengaruhi dalam terciptanya kemampuan analisis yang lebih baik dari yang sudah ada.

Perlu diingat bahwa pendidikan tidak harus ditempuh melalui bangku sekolah saja. Tetapi juga bisa berasal dari pengetahuan luar misalnya pelatihan. Dengan adanya lembaga pendidikan ini tentu dapat mendorong seseorang untuk berfikir lebih kreatif dan inovatif.

3. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan sebuah lembaga yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi yang mana bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Umumnya lembaga ekonomi ini berkaitan langsung dengan kegiatan yang berkaitan dengan proses produksi, promosi dan juga distribusi.

Lembaga ekonomi ini memiliki pengaruh yang lumayan besar terhadap penyelenggaraan UMKM di Indonesia. Beberapa peranan lembaga ekonomi di Indonesia seperti perbankan, koperasi dan juga sumber pendanaan bagi bisnis UMKM di Indonesia. Tanpa adanya lembaga ekonomi ini dapat menyebabkan keterbatasan unit mikro yang ada di Indonesia.

4. Lembaga Politik

Sebenarnya lembaga politik ini diciptakan untuk menangani berbagai masalah yang berkaitan dengan keamanan dan juga ketentraman dalam masyarakat. Dengan adanya lembaga politik ini tentu lebih mudah dalam mencapai ketentraman dan juga keamanan. Hal tersebut karena dibentuknya tata tertib dan juga aturan-aturan tertulis oleh lembaga tertentu.

5. Lembaga Agama

Lembaga agama merupakan sebuah lembaga sosial dalam masyarakat yang mana di dalamnya terdapat praktik kepercayaan suatu agama. Tujuan dibentuknya lembaga ini adalah sebagai sumber kebenaran, dapat menjadi tuntunan dan pedoman hidup masyarakat. Selain itu lembaga sosial ini juga mengatur tata cara bergaul dan bersosialisasi dengan manusia lainnya.

6. Lembaga Hukum

Lembaga hukum merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengatur hubungan masyarakat dan mewujudkan keadilan sosial. Selain itu lembaga hukum terkadang juga dijadikan sebagai alat untuk menyelesaikan berbagai masalah yang muncul dalam kehidupan masyarakat.

Demikian sedikit penjelasan terkait pengertian lembaga sosial, ciri, fungsi beserta jenis-jenisnya. Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan atau wawasan kita terkait lembaga sosial yang banyak dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini