Beranda Tips Rumah Langkah Mudah Membangun Sebuah Rumah

Langkah Mudah Membangun Sebuah Rumah

178
0
BERBAGI
membangun sebuah rumah
membangun sebuah rumah

Membangun sebuah rumah merupakan sebuah impian setiap orang karena merupakan kebutuhan pokok selain sandang dan pangan. Tidak heran jika tanah sekarang sudah jarang ada yang kosong. Semua orang berusaha membangun rumah di atas tanah mereka. Namun yang perlu diketahui adalah bagaimana langkah yang mudah untuk membangunnya.

Saya kira di internet pun sudah banyak yang memberikan solusi dan artikel tertentu tentang tema yang sama. Ada baiknya anda membaca semua artikel yang berhubungan dengan tema ini, karena semakin banyak membaca artikel maka akan semakin mudah menentukan langkah yang tepat untuk memiliki sebuah hunian impian.

Tidak jarang ada beberapa artikel yang sudah secara rinci membahas. Namun jika orang awam yang pertama kali membaca bukannya mengerti, mungkin justru akan menjadi bingung. Cara terbaik untuk memahaminya adalah carilah artikel yang secara garis besar terlebih dahulu membahas langkah mudah membangun sebuah rumah.

Berbicara soal bangun membangun sebuah rumah, ada beberapa tipe pekerjaan yang perlu anda ketahui diantaranya yaitu pekerjaan borongan dan harian. Kedua tipe pekerjaan tersebut bisa anda pilih yang sesuai dengan kemampuan anda. Pekerjaan borongan merupakan pekerjaan yang dilimpahkan seluruhnya kepada pihak kedua berdasarkan ikatan kontrak kerja. Disini anda tidak perlu pusing-pusing tahu secara detail teknis pelaksanaan pembangunan rumah. Tetapi pekerjaan borongan ini mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya adalah biayanya jelas lebih mahal.

Borongan ini biasanya akan diterima oleh pemborong yang akan menghitung biaya rumah berdasarkan satuan luas. Sedangkan pekerjaan harian adalah anda dilibatkan langsung dalam teknis pelaksanaan pembangunan. Karena tukang dan pekerja anda bayar secara harian. Tentu lebih murah dari segi pelaksanaannya. Namun anda harus berada di lapangan untuk terus memantau karena nasib proyek ada ditangan anda.

Langsung saja jika anda mempunyai keinginan di masa yang akan datang akan membangun rumah, ada baiknya anda memperhatikan langkah-langkah berikut.

Tipe Pekerjaan Borongan

  1. Ukur kembali luas tanah yang akan dijadikan tempat proyek. Walaupun sudah ada dalam sertifikat, namun ini diperlukan untuk perencanaan desain rumah. Anda cukup menggunakan meteran untuk mengukurnya.
  2. Pilih arsitek maupun jasa desain yang berkualitas. Sampaikan konsep yang anda inginkan dan budget yang anda punya.
  3. Minta kepada arsitek untuk membuat rencana anggaran biaya (RAB) dan pelajari RAB tersebut.
  4. Buat IMB (ijin mendirikan bangunan) pada dinas perizinan di daerah anda masing-masing.
  5. Membuat kesepakatan harga borongan dengan pemborong sesuai dengan spek yang sudah dibuat oleh arsitek.
  6. Buatlah kesepakatan termin yang meringankan anda. Misal dibagi dengan beberapa termin. Jangan sekali-kali anda memberikan seluruh biaya pembuatan rumah di awal sekaligus.
  7. Kesepakatan-kesepakatan dituangkan ke dalam surat kontrak yang ditanda tangani dan ditempel materai.
  8. Setelah semua siap dan deal, buatlah surat perintah kerja (SPK) yang diberikan ke pemborong agar memulai pekerjaannya.

Tipe Pekerjaan Harian

  1. Ukur kembali luas tanah yang akan dijadikan tempat proyek. walaupun sudah ada dalam sertipikat namun ini diperlukan untuk perencanaan desain rumah. cukup menggunakan meteran.
  2. Pilih arsitek maupun jasa desain yang berkualitas. Sampaikan konsep yang anda inginkan dan budget yang anda punya.
  3. Minta kepada arsitek untuk rencana anggaran biaya (RAB) dan pelajari serta time schedulenya (jadwal proyek).
  4. Buat IMB (ijin mendirikan bangunan) di dinas perizinan.
  5. Cari toko atau bahan material yang relatif lebih murah dibandingkan toko bangunan yang lainnya.
  6. Cari lah tukang dan pekerja yang anda sudah tahu track recordnya.
  7. Cari info mengenai upah biaya tukang dan pekerja. Jangan sampai anda membayar terlalu murah yang berakibat tukang pergi secara diam-diam( kabur). Tapi jangan sampai kemahalan juga untuk efisiensi biaya.
  8. Mulailah dengan pembuatan sumur terlebih dahulu di lokasi proyek karena saat proses pelaksanaan pasti membutuhkan banyak air.
  9. Mulai pekerjaan sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang sudah dibuat (time schedule).
  10. Gunakan tukang secukupnya pada awal proyek. 2 tukang dan 4 pekerja. lalu tambah tukang dan pekerja pada pertengahan proyek seiring bertambahnya item pekerjaan yang dikerjakan.
  11. Untuk memasang rangka atap baja ringan bisa menggunakan subkon atau pemborong khusus pelaksana rangka atap menggunakan baja ringan.
  12. Gunakan pekerjaan finishing sebaik mungkin karena akan memperlihatkan hasil dari pekerjaan anda. pilih bahan finishing yang berkualitas seperti batu alam, cat, rumput dan sebagainya.

Demikian tips langkah mudah untuk membangun sebuah rumah, semoga artikel ini dapat menjadi solusi untuk anda yang ingin membangun rumah impian anda. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa membacanya juga. Untuk mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses situs ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini