Beranda Kuliner Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara

Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara

138
0
BERBAGI
Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara

Indonesia cukup terkenal dengan kulinernya yang enak dan lezat. Rempah-rempah yang melimpah di negeri ini memberikan banyak pilihan makanan khas nusantara yang bisa menjadi pilihan untuk disantap. Olahan bumbu-bumbu itulah yang kemudian membuat kuliner asli Tanah Air begitu menggoda.

Cita rasa makanan dari Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan saking enaknya, sejumlah makanan dari Indonesia ada yang mendunia dan telah diperjualkan di kedai maupun restoran ternama di beberapa negara didunia. Seperti keempat makanan dibawah ini. Makanan ini mungkin terkesan sederhana dan harganya pun relatif murah, tapi siapa yang menduga kalau makanan ini berhasil menembus pasar hingga ke mancanegara.

1. Rendang

rendang

Untuk urutan pertama kuliner khas Indonesia yang paling mendunia adalah rendang. Kenikmatan masakan asli dari Sumatera Barat ini pun pernah membuatnya berhasil bertengger di posisi puncak dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi CNN pada tahun 2011 silam.

Tak hanya itu, rendang juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan terfavorit di dunia. Menu rendang pun saat ini sudah tak sulit lagi ditemukan di banyak restoran Indonesia di luar negeri. Untuk satu porsi rendang diluar negeri dihargai Rp 120 ribu.

2. Nasi Goreng

nasi goreng

Bisa dibilang, tak ada orang Indonesia yang tidak kenal dengan nasi goreng. Masakan yang satu ini memang sudah biasa ditemukan dimana-mana, mulai dari warung makan kaki lima hingga di restoran bintang lima. Meski begitu, nasi goreng sudah sangat mendunia. Bahkan, orang sekelas Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun hafal dengan makanan ini. Bahkan, dia pun sudah mengakui bahwa nasi goreng asli dari Indonesia benar-benar lezat dan sedap.

Harga yang murah serta rasa yang begitu lezat, memang membuat nasi goreng banyak disukai masyarakat Indonesia, bahkan wisawatan mancanegara. Maka tidak heran jika makanan yang satu ini sudah go internasional. Mau tau harga seporsinya berapa? Di luar negeri, untuk satu porsi nasi goreng adalah Rp 110 ribu. Itu pun belum termasuk dengan kerupuknya.

Loading...

3. Tempe

tempe

Salah satu makanan khas Indonesia ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Meski di negeri sendiri sangat identik sebagai makanan “kelas bawah”, namun tempe sudah banyak dikenal oleh para koki internasional. Salah seorang koki asing bernama Eduard Quad pernah menyebut tempe sebagai idolanya dalam festival kuliner di Jakarta pada bulan Oktober 2012 lalu. Sedangkan di Jepang, ternyata tempe sudah sejak lama memikat masyarakatnya.

Nah, kaget kan? Ya, bagaimana bisa makanan sederhana yang terbuat dari kedelai ini bisa sampai go internasional. Jika di Indonesia harga tempe sangat murah, lain halnya dengan di Eropa sana. Sepotong kecil tempe bisa dihargai hingga 25 ribu Rupiah.

4. Sate

sate

Sate Padang dan Sate Madura menjadi dua varian sate khas Indonesia yang sudah sejak lama terkenal. Belakangan ini, tak hanya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia yang selalu mencari sate, tetapi juga sudah banyak restoran internasional yang memasukkan kuliner ini dalam daftar menu mereka. Bahkan, di New York, Amerika Serikat, salah satu restoran Indonesia bernama Satay Junction menjadikan sate ayam sebagai menu andalan.

Barack Obama sendiri mengakui bahwa sate adalah makanan kesukaannya sewaktu beliau masih kecil. Rasa sate yang khas rupanya berhasil membuatnya masuk dalam daftar makanan favorit wisatawan asing. Kalau di Indonesia seporsi diharga 15 ribu Rupiah, di luar negeri justru lebih tinggi, yakni 150 ribu Rupiah.

5. Mie Instan

mie instan

Sebenarnya, kuliner ini lebih dikenal pada salah satu merek produk makanan di Indonesia, Indomie. Namun, tetap saja menjadi masakan khas Indonesia, sebagai negeri asalnya. Indomie sendiri ternyata sudah diekspor ke sekitar 80 negara di dunia sejak 20 tahun yang lalu. Di sejumlah negara Timur Tengah dan Afrika, makanan ini sudah ada di hampir setiap supermarket.

Bahkan, di Amerika Serikat Indomie menjadi salah satu kado Natal populer. Mie instan asal Indonesia memang sangat mendunia. Beberapa polling menyebutkan mie asal Indonesia masuk 10 besar yang paling enak di dunia. Dan untuk harga yang ditawarkan pun terbilang besar, yakni 35 ribu Rupiah per bungkus.

Sekian postingan kali ini mengenai Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara, semoga kita makin mencintai masakan khas nusantara. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here