Beranda Sipil Material Komposit Dalam Konstruksi

Material Komposit Dalam Konstruksi

1367
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
material komposit dalam konstruksi
material komposit dalam konstruksi

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Kali ini kita akan membahas mengenai material komposit dalam konstruksi. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari baca pembahasan dibawah ini.

Material Komposit Dalam Konstruksi

Menurut Wikipedia, material komposit adalah material yang terbuat dari dua bahan atau lebih yang tetap terpisah dan berbeda dalam level makroskopik selagi membentuk komponen tunggal. Ketika dikombinasikan sifat-sifat material baru terbentuk lebih unggul daripada orang-orang dari masing-masing komponen. Proses penggabungan adalah latihan fisik daripada bahan kimia satu sehingga material komposit menampilkan sifat gabungan dari bahan bahan mereka.

Meskipun beton bertulang dan beton prategang juga termasuk dalam material komposit, tetapi keduanya tidak secara tegas dimasukkan dalam kelompok konstruksi komposit karena tulangan bajanya tidak secara struktur memikul beton. Lain halnya dengan konstruksi komposit balok-baja-plat-beton komposit dimana balok dapat memikul berat sendiri. Oleh karenanya pembahasan material dikonsentrasikan kepada yang terakhir.

Material yang digunakan dalam konstruksi balok-plat komposit adalah:

1. Balok baja dapat berupa: penampang I, balok castellated, balok tersusun dari rangka batang, balok berbentuk boks, penampang built-up dari plat, dan lain-lain.

2. Plat beton dari beton normal atau beton ringan, termasuk plat dengan penebalan (haunch), plat prefab, plat dengan sirip yang sejajar atau tegak lurus balok baja.

3. Baja shear connector, termasuk stud, siku, kanal, baut friksi kekuatan tinggi, lekatan epoxy, flens berlubang, plat bergerigi, dan lain-lain.

4. Proteksi kebakaran dengan beton, termasuk didalamnya proteksi solid, berlubang, dan lain-lain.

5. Kolom komposit baja-beton termasuk didalamnya: baja tube dengan beton pengisi, kolom penampang I terbungkus beton, kolom komposit dengan metal tube sekililingnya untuk keperluan drainase dan pendukung struktur lainnya.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Material Komposit Dalam Konstruksi, mudah-mudahan bisa berguna dan mudah dimengerti. Jangan lupa share ilmu ini ke sosial media agar yang lain juga dapat membacanya. Untuk mengikuti perbaruan konten blog ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini