Beranda Sipil Cara Menghitung Volume Berat Addiktif Anti Pengelupasan (Addictive Anti Stripping Agent)

Cara Menghitung Volume Berat Addiktif Anti Pengelupasan (Addictive Anti Stripping Agent)

4902
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
efek penggunaan bahan addictive anti pengelupasan (anti stripping agent)
efek penggunaan bahan addictive anti pengelupasan (anti stripping agent)

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung berat addictive anti pengelupasan (anti stripping agent). Untuk lebih lengkapnya simak sedikit penjelasan mengenai bahan addictive anti pengelupasan di bawah ini.

Menghitung Volume Berat Addiktif

Salah satu bahan perkerasan konstruksi jalan raya adalah aspal. Tetapi dalam jalan proses pelayanannya aspal sering mengalami pengelupasan, yaitu hilangnya integritas aspal karena melemahnya ikatan (adhesi) antara agregat dan pengikat.

Pengelupasan biasanya dimulai di bagian bawah lapisan campuran aspal, dan secara bertahap bergerak ke atas, yang menyebabkan timbul di permukaan jalan seperti alur, lipatan, gelombang, raveling, cracking, dan lain-lain. Oleh Karena itu, meningkatkan ikatan antara agregat dan aspal dapat diatasi dengan bantuan bahan addictive anti pengelupasan (anti stripping agent).

Rumus menghitung Volume Addictive Anti Pengelupasan:

  • Volume Berat Addictive Anti Pengelupasan pada AC-BC (kg)
    = Panjang x Lebar x Tebal x Berat Jenis Aspal x Koefisien Addictive/ ton AC-BC.
  • Volume Berat Addictive Anti Pengelupasan pada AC-WC (kg) = Panjang x Lebar x Tebal x Berat Jenis Aspal x Koefisien Addictive/ton AC-WC.

Sebagai permisalan panjang jalan yang direncanakan adalah 2 km atau 2000 m, lalu lebar jalan yang direncanakan 8 m, tebal lapisan AC-BC adalah 6 cm atau 0,06 m, dan tebal lapisan AC-WC adalah 4 cm atau 0,04 m.

  • Koefisien Addictive/ ton AC-BC = 0,156
  • Koefisien Addictive/ ton AC-WC = 0,162
  • Berat jenis aspal hotmix = 2,3 ton/m3

Jadi perhitungan volume bahan addictive anti pengelupasan (anti stripping agent)
– Volume Berat Addictive Anti Pengelupasan pada AC-BC (kg)

  • = 2000 x 8 x 0,06 x 2,3 x 0,156
  • = 344,45 kg

Volume Berat Addictive Anti Pengelupasan pada AC-WC (kg)

  • = 2000 x 8 x 0,04 x 2,3 x 0,162
  • = 238,46 kg

Sumber referensi: kitasipil.com

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai cara menghitung berat addictive anti pengelupasan (anti stripping agent), semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapatkan manfaatnya juga. Untuk mengikuti perbaruan konten blog ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini