Beranda Sipil Metode Pelaksanaan Dewatering

Metode Pelaksanaan Dewatering

2559
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
metode dewatering
metode dewatering

Halo rekan-rekan sekalian, kali ini kita akan membahas mengenai metode pelaksanaan dewatering. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan dibawah ini.

Untuk membuat galian suatu basement terkadang sering kali terganggu dengan adanya air tanah. Biasanya sebelum melakukan penggalian harus ada metode yang tepat untuk membuang air agar tidak mengganggu proses pelaksanaan basement.

Metode tersebut dengan menggunakan pengeringan (dewatering). Metode ini adalah untuk pengeringan dilapangan agar air benar-benar kering, air bisa muncul dari dalam tanah karena rembesan maupun dari curah hujan yang sangat tinggi.

Seiring berkembangnya teknologi, proses dewatering kini bisa mengikuti kondisi pada lapangan. Kondisi ini akan mempermudah untuk mempercepat proses pengerjaan basement. Terdapat 3 jenis dewatering yang sering digunakan saat ini yaitu:

  1. Dewatering Open Pumping
  2. Dewatering Predrainage
  3. Dewatering Cut Off

Dewatering Open Pumping

dewatering open pumping
dewatering open pumping

Metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan/ yang ada dilapangan. Pada lubang galian akan dibuatkan sebuah galian lagi (kolektor) yang berfungsi untuk menampung debit air hujan ataupun rembesan dari tepi galian.

Dari kolektor itu maka akan langsung disedot oleh pompa yang sudah disiapkan dan air akan dibuang melalui selokan untuk menuju gorong-gorong. Metode ini sangat cocok digunakan pada jenis tanah padat, berkohesi dan bergradasi baik.

Dewatering Predrainage

dewatering predrainage
dewatering predrainage

Dewatering Predrainage adalah dengan cara muka air tanah di daerah galian diturunkan sampai di bawah elevasi rencana dasar galian. Pada pemilihan sistem ini harus memperhatikan ketersediaan saluran drainase untuk membuang air yang cukup banyak dalam per menitnya.

Well point akan dibor hingga kedalaman 1 meter dibawah elevasi dasar galian. Instalasi pipa harus dipasangkan dengan kuat agar tidak terjadi kebocoran dan dapat menggangu efektifitas kerja pompa, pada pipa dapat dipasangkan dengan jaring agar butir kasar pada tanah tidak ikut tersedot.

Dewatering Cut Off

dewatering cut off
dewatering cut off

Prinsip dewatering metode Cut Off dengan cara membuat galian pada tanah lalu mengurung galian tersebut dengan dinding agar air tidak terjadi rembesan pada galian tersebut. Metode ini paling untuk digunakan pada proses dewatering karena tidak akan terjadi penurunan muka air tanah.

Dinding pada galian akan dikelilingi dengan sheet pile yang berfungsi untuk memotong aliran air tanah dan sebagai dinding penahan tanah agar tidak runtuh. Selain menggunakan sheet pile, bisa menggunakan metode secant pile, slurry trenches dan concrete diaphragm wall.

Sumber referensi: ruangsipil.blogspot.com

Sekian postingan kali ini mengenai Metode Pelaksanaan Dewatering, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapatkan manfaatnya. Untuk mengikuti perbaruan konten blog ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini