Beranda Arsitek Panduan Survey Membangun Rumah Tinggal

Panduan Survey Membangun Rumah Tinggal

250
0
BERBAGI
pembangunan rumah setelah survey

Langkah awal yang harus dilakukan dalam pembangunan rumah adalah Survey. Tujuan survey adalah mendapatkan data-data yang akurat, sehingga memudahkan perencanaan pembangunan rumah tinggal. Hal-hal yang termasuk dalam kegiatan Survey dalam pembangunan rumah tinggal adalah survey lokasi, survey material, dan survey lingkungan.

Survey Lokasi Rumah Tinggal

Masyarakat yang berniat membangun rumah tinggal dan belum memiliki lahan sebaiknya melakukan survey dan memilih lahan yang cocok untuk tempat tinggal. Sementara itu, masyarakat yang sudah memiliki lahan, langkah-langkah selanjutnya adalah menentukan posisi dan tata letak rumah tinggal, mengukur lahan yang terpakai, dan menentukan saluran pembuangan limbah.

Survey Material Untuk Rumah Tinggal

Banyak pembangunan tidak selesai tepat waktu akibat tidak adanya atau tertundanya pengiriman bahan-bahan atau material yang dibutuhkan. Dalam banyak hal, penundaan ini dapat dihindari jika suplay material direncanakan dengan baik.

Memilih tempat pembelian material yang terdekat dengan lokasi pembangunan rumah tinggal adalah langkah terbaik demi kelancaran aktivitas pembangunan rumah tersebut. Hal ini merupakan salah satu langkah penghematan biaya pengeluaran yang tak terduga.

Survey Lingkungan Rumah Tinggal

Umumnya masyarakat tidak mempedulikan survey lingkungan dalam pembangunan rumah tinggal. Padahal, lingkungan sangat berarti bagi perkembangan ikatan sosial antara anggota masyarakat sekitarnya.

Lingkungan yang aman, nyaman, dan tentram berpengaruh besar, baik dalam pelaksanaan pembangunan rumah maupun setelah rumah di tempati.

rumah nyaman dan asri
rumah nyaman dan asri

Lingkungan juga mempengaruhi posisi dan tata letak bangunan rumah tinggal.

Jadi bagi anda yang berniat ingin membangun rumah tinggal, maka sebaiknya langkah tersebut dilakukan guna mempermudah anda dalam pembangunan rumah. Jika hal tersebut diatas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu tahapan desain rumah tinggal.

Sumber referensi: kampus-sipil.blogspot.com

Sekian postingan kali ini, semoga bisa menambah wawasan kita semua dan bermanfaat bagi semua orang. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapatkan manfaatnya. Untuk mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses situs ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini